Tips dan Trik

Hal Yang Dapat Dipelajari Entrepreneur Dari Seorang Atlet

Hal Yang Dapat Dipelajari Entrepreneur Dari Seorang Atlet

Menjadi entrepreneur sejati tidak akan mengenal kelelahan sepanjang ia berkarir. Seorang entrepreneur juga harus belajar dari banyak hal termasuk belajar dari dunia olahraga. Jika Anda tahu, seorang atlet profesional mampu meraih kesuksesan bukan hanya berkat usaha dan kerjakeras tetapi juga strategi dan cara mencari titik fokus. Para atlet belajar bagaimana menjadi profesional dengan meningkatkan fokus dan produktivitasnya. Dan profesional kariernya memang tergantung pada kemampuannya dalam fokus juga menghasilkan.

Sponsor: cream pemutih wajah

Untuk menjadi Atlet profesional, maka mereka setiap hari harus berusaha bagaimana menyempurnakan keterampilan baik diri sendiri ataupu untuk tim. Jika dirinya sukses membawa satu kemenangan saja, maka seluruh tim juga akan bergembira. Itulah uforia kebahagiaan yang tiada duannya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipelajari entrepreneur dari seorang atlet profesional dalam meraih kesuksesan sepanjang karirnya.

Hal Yang Dapat Dipelajari Entrepreneur Dari Seorang Atlet

1. Atlet berlatih

Sebelum benar-benar tampil di arena, seorang atlet harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mereka berlatih secara konstan, rutin dan maksimal. Sama seperti para atlet, untuk bisa menjadi entrepreneur sukses maka harus siap berlatih, mempelajari banyak ide bisnis baru, mencari kreativitas, membuat inovasi, membaca strategi, menganalisis, dan membuat perencanaan matang. Itulah pekerjaan rumah yang wajib dilakukan entrepreneur agar impian bisa diraih. Tak ada kata lelah dalam berbisnis, dan ia harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis agar lebih kompetitif, bersaing dan mau berubah.

2. Atlet fokus

Menjadi atlet harus bisa fokus selama permainan berlangsung. Mereka harus melihat cara agar bisa membobol pertahanan atau mengalahkan permainan lawan. Contohnya bila pola di kaki mereka berada di depan gawang lawan, mala ia pun akan mengamati dengan seksama pemain lawan. Inilah salah satu gambaran yang tepat tentang fokus intens dan konsentrasi dari para pemain atlet. Sementara bagi entrepreneur, belajat banyak tentang fokus dan berkonsentrasi pada hal paling penting adalah tujuan meraih kesuksesan di suatu waktu.

3. Atlet berlatih secara berulang

Tak ada kemenangan yang bisa diraih dengan cara instan. Begitu yang dirasakan oleh para pemain selama pertandingan. Sebelum menuju arena, mereka benar-benar mempersiapkan diri dengan latihan sambil menggunakan kemampuan kekuatan dengan gerakan yang berulang-ulang. Melatih kemampuan fisik dan strategi sepanjang hari sudah menjadi makanan sehari-hari. Seperti misalnya menendang, menggirung, melempar atau berayun. Semakin hari kemampuan ditambah begitupun juga dengan waktu latihan. Sedangkan bagi para pengusaha, mengembangkan kemampuan bisnis secara berulang sangat dibutuhkan. Kemampuan berulang akan berguna disaat krisis, dan saat-saat penting. Dengan latihan maka pebisnis akan paham benar bagaimana bertindak atas perusahaan yang dipimpinnya.

4. Atlet menuruti pelatih

Fungsing pelatih bagi atlet adalah sebagai pebimbing, instruktur, dan orang yang bisa dipercaya. Pelatih akan arahan, struktur, konteks juga disiplin yang bermanfaat untuk para pemain. Sedangkan dalam dunia bisnis, dibutuhkan guru, mentor dan pelatih untuk mengajarkan, memberikan arahan serta memberikan umpan balik demi kesuksesan bisnis. Kunci bagi pebisnis profesional salah satunya adalah mau belajar dari orang lain. Selain itu mereka juga harus mau mengamati dan menerapkan ilmu yang sudah didapat.

5. Atlet bekerja sama

Kerjasama adalah kunci kesuksesan atlet dan timnya. Tanpa adanya kerjasama, sangat mustahil permainan akan membawa keberuntungan. Kemenangan yang megah tak bisa dicapai tanpa adanya kerjasama solid dari para pemain. Semakin baik kekompakan yang dibangun, semangin dekat dengan kemenangan yang membuatnya berjaya. Sama halnya dengan pengusaha, ia harus bisa belajar banyak dari tim. Karena tim yang paling sukses adalah yang mau bergantung sepenuhnya satu dengan lainnya. Menurut Michael Jordan, bakat bisa membuay kemenangan permainan, tapi kerja tim dan kecerdasan bisa lebih memenangkan kejuaraan.

6. Atlet berkorban

Sering melihat para pemain sepak bola terjatuh, berguling hingga tertendang? Benar kata orang bahwa tak ada pengorbanan yang akan sia-sia. Itulah yang dilakukan oleh para atlet profesional dimana mereka rela berkorban demi kemenangan. Seperti para pemain sepak bola, dimana mereka mau untuk bersakit-sakit, kelelahan hanya demi sebuah kesempatan yang besar. Tak ada satu kesempatan yang boleh terlewat agar bola bisa masuk kedalam gawang lawan. Begitupun juga dengan Entrepreneur. Berkorban waktu, tenaga, dan pemikiran demi tim adalah bentuk kekuatan sejati kesuksesan. Apapun kerjanya, tim bisa mengantarkan Anda menjadi orang sukses. Cara yang bisa dilakukan adalah bekerja lembur disaat tim lainnya sedang beristirahan agar mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

7. Atlet menang

Kemenangan adalah hal yang jadi alasan seorang atlet mau berjuang di arena. Demi mendapatkan piala, para atlet jauh-jauh hari bekerja keras tiada henti melalui latihan. Ketika para atlet bisa menang, maka ia akan mudah mendapatkan pengakuan dari banyak orang termasuk para lawannya. Bahkan menkadi legenda yang tiada tanding. Begitupun dalam bisnis dimana kemenangan memiliki arti sangat penting. Ingin menjadi Entrepreneur yang menang, sukses, dan mendapat pengakuan, bersiaplah untuk berjuang lebih baik dari yang Anda bayangkan.

Itulah bebarapa hal yang bisa Anda pelajari dari seorang atlet. Menjadi enterpreneur bukan soal keberuntungan melainkan usaha dan kerja keras pantang menyerang, disiplin, fokus, dan mau belajar dari orang lain.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top