Olahraga

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

hal wajib diperhatikan kalau ingin berenang saat puasa

Pernahkah terpikir untuk berenang saat puasa? Berenang merupakan olahraga ringan yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Saat berenang maka kita melibatkan semua organ tubuh untuk bergerak sehingga sangat efektif dalam membakar kalori yang banyak. Tapi bagaimana jika saat puasa kita ingin berenang? Kenali dulu hal wajib diperhatikan kalau ingin berenang saat puasa.

Sponsor: halojasa

Menurut beberapa laman media, berenang di saat puasa sebenarnya boles saja asal tidak membatalkan puasa. Pastikan bahwa selama berenang Anda tidak menelan atau meminum air kolam. Jadi selama puasa sebenarnya tak menjami bahwa Anda akan menghindar meminum air pasalnya, air kolam sering masuk dari lubang hidung atau tiba-tiba tertelan ke dalam tubuh.

Selama puasa Anda sebenarnya boleh berenang selama 30 hingga 60 menit untuk mengisi waktu menjelang berbuka. Berenang selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 360 untuk wanita dan 420 kalori untuk pria. Mengingat kalori yang terbakar sebanyak itu, jadi sayang bukan bila kita tidak memanfaatkan olahraga renang untuk menurunkan berat badan. Bebera hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan berenang adalah menyiapkan alat untuk membantu Anda selama berada di air. Berikut beberapa jenis alat penting digunakan.

1. Penyumbat telinga

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

Penyumbat telinga banyak digunakan oleh perenang agar mencegah masuknya air ke saluran telinga. Ketika air masuk ke dalam telinga maka bisa menyebabkan rasa tak nyaman hingga beberapa jam setelah berenang. Bahkan air yang kotor bisa menimbulkan peluang untuk telinga terinfeksi atau islahnya swimmer’s ear. Pilihlah kacamata renang yang memiliki fitur seperti fitur anti fogging yaitu berfungsi mencegah timbulnya kabut/fog pada lensa kacamata renang. Ada juga kacamata renang yang memiliki fitur anti UV yang mampu mencegah radiasi ultraviolet terutama saat berenang di bawah sinar matahari.

2. Penjepit hidung (Nose Clip)

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

Alat yang bisa dipakai saat berenang adalah penjepit atau penyumbat hidung. Ketika kita berenang, air bisa tertekan dan masuk kedalam rongga hidung sehingga bisa mengakibatkan hidung terasa sakit. Fungsi penjepit  hidung yaitu agar mencegah air masuk dan terhirup oleh rongga hidung saat berenang. Penjepit hidung juga berfungsi supaya microba yang biasa ada dalam air kolam tidak masuk ke bagian hidung sehingga menyebabkan infeksi serius.

3. Kacamata renang

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

Kolam renang umum umumnya mengandung klorin atau senyawa yang digunakan untuk menjernihkan air kolam. Klorin juga membantu air tetap terjaga dari bakteri dan pertumbuhan alga. Jika klorin yang masuk dan mengenai mata sangat tinggi maka bisa mengiritasi mata. Dan kebanyakan kolam renang memang menggunakan klorin dalam jumlah tinggi. Itu sebabnya lebih baik gunakan pelindung mata dengaa kacamata khusus selama berenang. Selain bisa membuat pengelihatan jernih saat berenang, juga menjaga mata dari iritasi akibat klorin dalam air kolam renang.

4. Pelampung

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

Baju pelampung merupakan perangkat renang yang irancang untuk membantu pemakai. Pelampung akan membantu Anda mengapung sehingga mulut dan hidung tetap berada di permukaan air sehingga mengurangi risiko batal puasa karena menelan air. Pelapung juga akan sangat berguna untuk Anda yang belum mahir berenang. Pelampung memang dirancang untuk membantu anda melatih diri berenang. Pelampung biasanya berisi busa atau udara sehingga tetap menjaga Anda mengapung saat berenang. Anda bisa memilih bentuk pelampung yang nyama digunakan seperti papan, rompi, atau pelampung untuk tangan dan kaki. Jika tak punya rompi pelampung, alternatif lainnya bisa gunakan ban.

5. Topi renang (Swim Cap)

Hal Wajib Diperhatikan Kalau Ingin Berenang Saat Puasa

Topi renang atau penutup kepala juga membantu Anda saat berenang. Meskipun alat ini jarang yang orang menggunakannya, nyatanya topi renang akan berguna untuk melindungi kepala dari sinar matahari sehingga tubuh kepala tidak mudah pusing dan puasa pun tetap lancar. Topi renang biasanya terbuat dari silikon atau lateks. Selain sebagai pelindung, topi renang juga berfungsi menjaga rambut dari kerusakan akibat zat klorin, membuat latihan renang Anda jadi maksimal dan membantu mempertahankan panas tubuh ketika berada di dalam air.

6. Teknik berenang yang baik saat puasa

 

hal wajib diperhatikan kalau ingin berenang saat puasa

Jika semua perlengkapan renang sudah Anda siapkan, kini saatnya memulai latihan namun dengan teknik berenang yang baik. Gunanya untuk meminimalisir atau mencegah air masuk ke dalam tubuh kita. Jika Anda menggunakan waktu sore untuk berenang, usahakan menggunakan waktu tersebut untuk mencari manfaat dari olahraga renang. Misalnya untuk kebugaran boleh dengan gaya apapu termasuk gaya menyelam. Berhati-hatilah saat menyelam atau mengambil nafas sehingga air tidak masuk sampai ke kerongkongan. Jika lelah santailah sejenak dengan mengapung di permukaan air atau tidur diatas pelampung.

Itulah hal penting yang bisa membantu Anda berenang meski sedang puasa. Jangan lupa untuk memulai latihan dengan mempersiapkan pemanasan agar Anda terhindar dari risiko kram atau tegang otot. Bila perlu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan mencegah masuknya klorin ke kulit. Berenang memang bisa meningkatkan kebugaran tubuh, namun pastikan kondisi Anda tetap fit selama menjalankan puasa. Bagi Anda yang belum mahir berenan, bisa mencoba mencari trainer renang yang akan membantu latihan berenang. Atau untuk Anda yang memiliki anak dan belum bisa berenang, memilihkan guru renang akan sangat membantu ia belajar berenang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top