Career Tips

Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Saat Resign dari Pekerjaan

Saat sudah mulai tidak nyaman pada suatu pekerjaan entah karena teman ataupun karena gaji yang dirasa sudah tidak cukup lagi maka keluar atau resign dari pekerjaan bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk dipilih. Meskipun sudah membulatkan tekad untuk keluar dari pekerjaan dan hengkang dari kantor namun bukan berarti anda bisa langsung melakukan hal tersebut begitu saja, anda harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat penting demi menunjang karir anda tetap bisa dilanjutkan untuk ditempat lain.

Sponsored: cream pemutih wajah

Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Saat Resign dari Pekerjaan

Keluar dari suatu pekerjaan atau kantor tentu harus tetap anda lakukan dengan sangat hati-hati. Meninggalkan suasana yang tetap menyenangkan dan tetap mendapatkan penilaian yang baik adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Jikapun anda ingin melamar dilain pekerjaan tentu hal ini juga bisa menjadi hal pertimbangan ditempat kerja lain yang ingin anda tempati berikutnya. Resign memang terlihat mudah, namun tetap saja harus anda perhatikan dengan benar-benar dan sungguh-sungguh. Berikut ini beberapa Hal Penting Saat Keluar dari Pekerjaan yang harus anda persiapkan terlebih dulu sebelum anda bilang dan memutuskan untuk resign dari pekerjaan.

  1. Pertimbangkan dengan Matang

Keputusan untuk keluar dari pekerjaan memang bukan hal yang mudah untuk ditentukan, oleh karena itulah anda harus mempertimbangkan dengan matang dan betul sebelum anda mengajukan resign dari perusahaan. Pastikan jika langkah yang anda ambil adalah langkah yang tepat supaya anda bisa yakin dan mengambil keputusan yang tepat.

  1. Siapkan Pengganti Anda

Meskipun memang bukan hal yang wajib namun mencarikan pengganti anda saat anda ingin keluar dari satu pekerjaan maka anda akan terlihat lebih bertanggung jawab dengan posisi yang anda tempati sebelumnya. Dengan sudah menyiapkan pengganti baru juga akan membuat perusahaan yang anda tinggal sebelumnya tidak kelabakan untuk mencari pengganti anda sehingga kantor yang anda tinggalkan akan tetap bisa melakukan kegiatan dengan cepat. Rasa bersalah karena harus meninggalkan kantor yang sudah membesarkan nama anda pun juga akan terbayar lunas dengan memberikan orang pengganti dengan posisi yang sama dengan anda.

  1. Rahasiakan Alasan Resign

Meskipun anda memang harus menyatakan dan juga memberi tahu tentang alasan anda pada surat pengunduran diri namun sebisa mungkin untuk tidak terus membicarakan dan memberitahu kepada semua orang atau teman-teman anda dikantor. Apalagi jika masalah utama anda untuk keluar dari pekerjaan adalah masalah gaji, masalah dengan teman ataupun anda kurang nyaman dengan bos dikantor anda. Berikan saja alasan-alasan yang umum dan lebih bisa diterima oleh teman dan juga atasan anda ketika anda ingin segera keluar dari pekerjaan anda. Utarakan saja alasan-alasan umum seperti anda ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih mapan dan juga jenjang karir yang lebih baik lagi.

  1. Cari Pekerjaan Pengganti

Jika memang alasan utama anda keluar dari pekerjaan adalah masalah gaji atau juga alasan bos anda yang membuat anda merasa kurang nyaman tentu saja anda harus segera mencari pekerjaan pengganti. Sebelum anda memberitahukan kepada HRD ataupun pimpinan jika anda ingin berhenti dari pekerjaan lain usahakan jika anda sudah memiliki pekerjaan yang akan anda tuju menjadi pekerjaan pilihan anda. Hal ini tentu saja untuk mengurangi resiko menjadi pengangguran yang mungkin akan sangat merugian anda.

  1. Segera Ambil Hal yang Penting

Saat anda sudah memutuskan dan mengatakan ingin berhenti dari pekerjaan tersebut tentu segala akses anda untuk perusahaan tersebut akan ditutup. Mulai dari email ataupun berbagai fasilitas termasuk masuk ke kantor tersebut. Oleh karena itulah segera ambil hal-hal yang anda rasa penting dari kantor atau perusahaan tersebut. Misalnya saja file-file anda yang ada dikomputer, file yang ada di email ataupun benda-benda yang anda tinggal dikantor. Dengan mengambil hal tersebut secepat mungkin tentu anda sudah mendapatkan hal-hal penting yang mungkin saja akan berguna lagi ditempat anda bekerja selanjutnya.

  1. Jangan Lupakan One Month Notice

Tentu saja setelah anda memutuskan dan sudah memiliki keyakinan kuat untuk keluar dari perusahaan atau kantor tersebut, anda harus segera memberitahukan kepada atasan atau HRD. Paling tidak anda harus memberitahukan kepada kantor atau perusahaan sebulan sebelum anda berencana keluar dari perusahaan tersebut. Hal ini tentu saja untuk membuat kantor atau perusahaan bisa mengambil tindakan-tindakan yang memang diperlukan misalnya saja mencari pengganti posisimu ataupun juga melakukan berbagai hal penting lainnya.

Keenam hal tersebut adalah hal-hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika anda sudah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan anda. Keluar atau resign dari suatu pekerjaan memang terlihat sangat simple dan mudah namun nyatanya tetap membutuhkan tips-tips khusus demi mendapatkan kelancaran dari karir kerja anda selanjutnya. Lakukan hal tersebut maka anda sudah bisa meninggalkan pekerjaan anda sekarang dengan tenang dan pastinya anda tidak akan merasa bersalah ataupun terbebani dengan keluarnya dari pekerjaan anda saat ini. Justru anda bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan nyaman dan pastinya yang lebih menghasilkan keuntungan yang berlebih.

 

Baca juga: Mau Penghasilan Tambahan Hingga Jutaan Rupiah? Buktikan Dengan Usaha Sampingan Ini

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top