Career Tips

Hal Penting Yang Ada Pada CV Berikut Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan

CV adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin melamar pekerjaan pada satu perusahaan. CV atau Curriculum Vitae adalah hal penting yang akan mewakili sebagai media perantara antara kamu dengan perusahaan sebelum kamu dipanggil untuk melakukan wawancara. Dari CV inilah kamu akan bisa menarik perhatian dari perusahaan yang kamu tuju dan akan langsung membuatmu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Sponsored: produk pemutih wajah

Hal Penting Yang Ada Pada CV Berikut Ini Tidak Boleh Kamu Lupakan

Oleh karena itu, mengingat CV merupakan salah satu hal yang sangat penting oleh karena itulah kamu harus membuat CV mu dalam bentuk yang sebaik mungkin. Ada berbagai hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan CV yang terbaik. Dari sekian banyak hal yang bisa kamu tambahkan, 7 Hal penting yang ada pada CV ini adalah bagian yang sangat penting dan jangan sampai kamu lupa untuk membubuhkan hal-hal penting ini pada CV mu.

  • Cantumkan Skill yang Sesuai

CV yang baik adalah CV yang tidak berbelit-belit dan terlalu panjang dan melebar keberbagai hal. Kamu bisa menuliskan skill apa saja yang kamu miliki yang pastinya sesuai dengan posisi kerja yang kamu inginkan. Pastikan jika kamu menulis kemampuanmu yang memang memiliki hubungan dengan pekerjaan tersebut dan jangan menyebutkan berbagai skill yang tidak ada hubungannya sama sekali. Sebab, meskipun kamu menulis begitu banyak skill yang kamu miliki yang tidak memiliki hubungan dengan bidang yang kamu lamar, maka hal tersebut tidak akan dihiraukan.

  • Pengalaman Organisasi

Bagi seorang yang baru lulus atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi yang kau miliki. Pengalaman ini bisa menjadi nilai tambah dan menjadi penilaian tersendiri dari perusahaan terhadap diri kamu. Dari pengalaman berorganisasi inilah, perusahaan bisa menilai kepribadian mulai dari kemampuan bekerja sama, berkomunikasi dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, satu hal ini jangan sampai dilupakan ya.

  • Program Beasiswa

Jika kamu memiliki riwayat beasiswa dengan mengikuti program beasiswa, hal ini juga sangat baik untuk kamu pilih. Beasiswa menjadi satu nilai tambah yang akan membuat CV mu menjadi CV yang pasti akan dilirik oleh perusahaan. Ada banyak sekali jenis program beasiswa saat ini dan hanya dengan menambahkan satu beasiswa saja sudah akan langsung mendapatkan perhatian khusus yang pastinya akan mendapatkan tempat tersendiri bagi perusahaan yang kamu lamar. Oleh karena itulah, jika kamu memang memiliki program beasiswa yang pernah kamu ikuti ada baiknya untuk menambahkannya pada CV mu.

  • Pengalaman Kerja yang Lengkap

Dalam CV juga sangat bagus jika kamu tambahkan dengan pengalaman kerja yang sudah pernah kamu lakukan. Kamu bisa menjelaskan secara singkat tentang pekerjaan yang sudah kamu lakukan sebelumnya dan tambahkan juga job desc dari pekerjaan yang sebelumnya. Usahakan juga jika kamu menambahkan berbagai pengalaman yang juga memiliki hubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar ya, pasti hal ini akan memberikan nilai tambah yang tentunya akan membuat perusahaan sangat tertarik dengan dirimu.

  • Pencapaian Terbaik dari Pekerjaan Sebelumnya

Berbagai prestasi yang sudah kamu dapatkan dari tempat kerja yang sebelumya bisa kamu tambahkan juga pada CV yang akan kamu ajukan ke perusahaan yang akan kamu lamar. Berbagai prestasi tersebut sekecil apapun bisa kamu tambahkan untuk membuat kamu mendapatkan nilai tambah dari calon perusahaan yang kamu raih. Mulai dari prestasi mampu menaikkan penjualan dengan baik, menjadi karyawan terbaik dan berbagai hal lainnya. Selain untuk menarik perhatian dari perekrut dengan memberikan berbagai hal yang sudah kamu lakukan, kamu bisa menunjukkan keseriusan pada pekerjaan tersebut.

  • Tuliskan Kemampuan Bahasa Asing
  • Cantumkan soft kill yang kamu miliki

Dengan menuliskan berbagai hal yang sangat penting pada CV mu maka akan membuat perusahaan yang kamu tuju menjadi lebih tertarik dengan berbagai hal yang kamu miliki. CV adalah pintu pembuka bagi kamu untuk bisa menarik perusahaan dan bisa memilihmu menjadi aset yang mereka miliki. Sangat dianjurkan jika dalam pembuatan CV untuk tidak dilakukan dengan cara yang sembarangan dan buatlah CV yang berbobot untuk mendapatkan perhatian dan bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Ketika Ingin Merintis Usaha Kafe Milikmu

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top