Career Tips

Hal Penting Untuk Dilakukan Saat Didepan Komputer Seharian

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda berada didepan komputer seharian penuh tentu harus melakukan beragam tips dan trick tertentu. Kebiasaan ini bisa menjadi kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan. Diperlukan tips tertentu yang harus dilakukan supaya kesehatan tetap terjaga dan membuat tubuh menjadi lebih produktif dalam melakukan kegiatan ataupun pekerjaan yang ada didepan komputer. Berbagai risiko bisa saja sangat mrugikan dan sangat berisiko jika diteruskan, beragam risiko sakit yang bisa anda dapatkan ketika harus seharian penuh dihadapan komputer antara lain seperti penykit ginjal, ambeyen hingga risiko penyakit jantung.

Sponsored by: produk pemutih wajah

hal-penting-untuk-dilakukan-saat-didepan-komputer-seharian

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya memerlukan satu tips dan tindakan tersendiri untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi yang sehat. Hal yang sangat lumrah dan sering terjadi pada seseorang yang seharian penuh berada dihadapan komputer antara lain seperti mengalami nyeri leher, pungguh hingga terkena masalah pada mata sekalipun. Melakukan Hal Penting Untuk Dilakukan Saat Didepan Komputer Seharian berikut ini tentunya akan sangat penting bagi anda supaya tidak berdampak yang lebih buruk untuk tubuh. Anda pun juga terhindar dari rasa jenuh yang kadang juga menjadi satu permasalahan sendiri selain masalah kesehatan.

1. Atur Tinggi Monitor dan Posisi Duduk

Untuk menghindari rasa sakit pada punggung ataupun leher ada baiknya untuk Anda membuat monitor dan juga posisi duduk anda dalam tinggi yang sama. Hal ini sangat berpengaruh dengan kondisi leher ataupun punggung anda dan menghindarkannya dengan rasa pegal ataupun sakit karena harus seharian penuh berada didepan komputer. Apabila tidak memiliki ukuran yang tepat dan pas bisa mengakibatkan risiko sakit punggung, jika posisi komputer terlalu rendah maka akan membuat punggung dan leher menjadi sakit, begitu juga jika komputer terlalu tinggi maka akan membuat leher terus melihat keatas ataupun menengadah yang juga bisa membuat leher menjadi lebih sakit. Oleh karena itu, atur posisi meja dan kursi dengan benar untuk memulai pekerjaan berlama-lamaan didepan komputer walaupun harus seharian.

2. Perhatikan Asupan Air Untuk Tubuh

Saat Anda sedang sibuk ataupun menghabiskan waktu secara terus menerus didepan komputer, anda juga harus memperhatikan asupan air minum untuk tubuh anda. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi karena ini juga akan sangat menganggu kinerja dan bahkan juga kesehatan anda. Konsumsi air minum yang cukup untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi yang sehat. Selain itu, dengan mengkonsumsi air yang cukup juga akan membuat anda bisa mendapatkan energy yang bertambah dan dan lebih bernergi lagi dalam bekerja. Selain itu, saat anda memastikan apakah anda memiliki asupan air minum yang cukup anda juga bisa melakukan sedikit gerakan dengan mengambil air minum ataupun buang air.

3. Atur Alarm Untuk Bergerak

Saat terlalu asyik ataupun terlalu sibuk dengan pekerjaan yang harus segera anda selesaikan didepan komputer anda, anda akan lupa untuk minum dan bahkan bergerak. Untuk mencegah kurang bergerak dan hanya terlalu lama berdiam didepan komputer, anda bisa melakuakn pengaturan pada alarm baik itu di ponsel ataupun jam Anda paling tidak satu jam sekali untuk mengingatkan anda untuk bergerak. Jadi, setelah Anda mendengar anda berbunyi ada baiknya bagi anda untuk segera bergerak dan berdiri dari kursi Anda. Paling tidak lakukan hal yang kecil misalnya mengambil minum ataupun hanya mengelilingi meja kantor saja.

4. Hindari Penggunaan Lift Ataupun Elevator

Jika memungkinkan, jangan sampai anda terus menerus menggunakan lift ataupun Elevator. Jika kantor Anda hanya memiliki tinggi sekitar dua, hingga empat lantai cobalah untuk membiasakan diri untuk menggunakan tangga kantor. Namun jika memang Kantor anda berada di gedung yang tinggi, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lift hingga tiga lantai sebelum lantai anda dan berjalanlah. Dengan menggunakan cara ini, anda bisa melakukan olahraga secara gratis dan tidak akan terasa untuk anda lakukan. Tentu saja hal ini berguna untuk membuat punggung ataupun tubuh anda tidak menjadi kaku meskipun harus terus menerus berada didepan komputer seharian penuh. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari satu cara ini adalah dengan bergerak secara aktif akan membuat anda bisa melatih otot supaya tidak pasif, hal ini tentunya sangat penting mengingat anda harus duduk seharian di kantor.

5. Lakukan Peregangan

Paling tidak ambil waktu satu menit saja untuk melakukan stretching ataupun peregangan disela-sela anda harus duduk didepan komputer seharian. Posisi tubuh terutama tangan dan lengan akan sedikit kaku dan membuat otot menjadi lebih tegag karena anda harus mengetik secara terus menerus. Oleh karena itu, ambil waktu sedikit untuk melakukan peregangan dengan cara menggerakan angan ke kanan kemudian ke depan menyamping kiri. Setelah itu tahan selama kurang lebih 10 detik kemudian lepaskan.

6. Jangan Lupa Berkedip

Salah satu bagian yang juga menjadi satu hal yang sangat berpengaruh pada tubuh adalah mata. Dengan menggunakannya secara terus menerus didepan komputer akan sangat berpengaruh nantinya pada kondisi mata atuapun kualtias penglihatan mata, oleh karena itulah ada baiknya bagi anda untuk mengedipkan mata sebanyak mungkin. Aturan yang bisa anda lakukan adalah 20-20-20, dimana setiap 20 menit saat anda menatap ke monitor kemudian anda harus memandang ke tempat menit dengan jarak 20 kaki atau 6 meter dari tempat duduk Anda selama 20 detik.

Dengan melakukan beberapa hal diatas tentunya anda tidak perlu khawatir lagi jika memang harus seharian penuh didepan komputer. Anda akan tetap mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan juga tetap bisa bekerja dengan lebih produktif. Cara ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda dan membuat anda mendapatkan pekerjaan yang semakin lancar.

Baca juga: Tips Membuat Suasana Kerja Lebih Menyenangkan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top