Parenting Info

Hal Penting dalam Mendidik anak laki-laki Untuk Mama

Dalam mendidik anak laki-laki memang memerlukan satu cara khusus untuk menangani dan mendidik supaya mereka menjadi pribadi yang baik dan benar-benar bis menjadi jagoan andalan bagi keluarga. Anak laki-laki memang sedikit memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan anak perempuan, anak laki-laki memiliki karakter yang lebih aktif dengan berbagai permainan dan ide yang bisa dikatakan lebih variatif jika dibandingkan dengan anak perempuan.

sponsored by : dr rochelle skin expert

mendidik-anak-laki-laki

Oleh karena itulah dalam Mendidik anak laki-laki mama harus mengetahui berbagai hal penting yang bisa menjadi cara jitu untuk mendidik anak dengan baik. Ada banyak hal yang bisa digali dari anak laki-laki yang tentunya bisa membuat mama menjadi lebih mengengal dan lebih tahu tentang bagaimana sih sebenarnya mendidik anak yang baik itu. Sebagai contoh nih, anak laki-laki meskipun memang sangat aktif bergerak dengan segala tingkah laku yang ia miliki namun anak laki-laki juga memiliki satu sisi lain dimana ia juga sangat ingin diperhatikan dan juga dimanja oleh mama. Tak hanya itu saja, berikut ini 5 hal penting lain yang harus mama ketahui dalam mengasuh anak laki-laki.

1. ASI yang tak kalah Penting Untuk Anak Laki-laki

Meskipun anak laki-laki terlihat lebih kuat dan lebih kokoh jika dibandingkan dengan anak perempuan, namun tetap saja anak laki-laki membutuhkan ASI sebagai asupan utama untuk tubuh mereka. Menurut banyak penelitian menyebutkan jika ASI yang diberikan untuk anak dengan jangka wkatu selama 6 bulan ataupun lebih akan sangat membantu dalam perkembangan otak anak laki-laki. Ia akan mendapatkan nilai akademik yang lebih bagus dan juga lebih tinggi dibandingkan yang tidak diberikan ASI secara terus menerus. Bahkan, anak laki-laki juga tetap membutuhkan ASI hingga usia 2 tahun lho mam.

2. Telinga Anak Laki-Laki Kurang Sensitif

Kriteria telinga dari anak laki-laki ternyata juga memiliki criteria yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan telinga anak perempuan lho mam. Anak laki-laki memiliki pendengaran yang kurang baik dan kurang sensitive sehingga berpengaruh dengan kualitas pendengaran dari anak laki-laki. Sehingga, ketika anak laki-laki tidak langsung merespon ketika dipanggil atau ketika diajak bicara bukan berarti ia tidak mau mendengarkan tetapi memang sensitifitas dari telinga yang kurang baik. Untuk lebih membuat anak laki-laki mudah mengerti dan paham, mama bisa melakukan dengan cara pendekatan dengan menyentuh si kecil. Sentuhan dan berbicara ini tentunya akan membuat anak lebih mudah untuk paham dan bisa sedikit lebih peka dengan apa yang mama katakana.

3. Permainan juga Penting Untuk Anak Laki-laki

Tidak ada salahnya kok mama membiarkan anak mengeksplorasi segala permainan yang ia sukai seperti bermain pistol-pistolan. Permainan ini juga memiliki fungsi yang bagus untuk perkembangan anak justru dengan permainan ini malah akan membantu anak dalam mengeksplorasi tentang pengetahuannya yang berhubungan dengan bagaimana cara bersosialisasi dan sebagai cara untuk membedakan hal yang salah dan hal yang benar. Bukan dengan cara melarang anak untuk bermain supaya anak bisa mendapatkan pelajaran dari permainan ini, justru anak harus dijelaskan tentang senjata yang tidak boleh digunakan dan berbuat jahat kepada orang lain.

4. Cedera Pada Anak Laki-laki adalah Hal yang Lumrah

Salah satu hal yang paling menyita perhatian dari mama dan kadang menjadikan lebih was-was kepada anak laki-laki adalah seringnya anak laki-laki terkena cidera dengan beragam bentuk. Tentu saja hal ini berhubungan dengan aktivitas dan kegiatan anak yang jauh lebih kasar dan lebih aktif jika dibandingkan dengan anak perempuan. Anak laki-laki menggunakan beragam permainan mulai dari melompat, berlari dan suka mencoba tantangan yang baru.

Hal ini bukan hal yang salah kok mama dan biarkan saja anak untuk terus mengeksplor kemampuan yang ia miliki. Dengan terus mencoba hal yang baru akan membuat anak lebih berani dan tidak mudah takut untuk berbagai hal. Anak laki-laki juga lebih suka permainan yang memang lebih menantang. Tantangan ini dianggap satu hal yang sangat menarik dan tentunya akan membuat mereka untuk terus mencoba. Tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat lumrah dan tidak perlu untuk mama batasi karena ini merupakan proses untuk anak terus mengeksplor apa yang mereka miliki. Mama hanya perlu untuk memberikan pengawasan dan perlindungan supaya buah hati tak mudah untuk cidera.

5. Anak Laki-laki Sangat suka Untuk Dipeluk

Dibalik berbagai aktivitas yang begitu lincah, sifat yang begitu pemberani dan juga menyukai berbagai tantangan yang bisa saja membahayakan tapi ternyata anak laki-laki juga sangat suka untuk dipeluk. Mendidik anak laki-laki dengan cara dipeluk ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan kedekatan dan rasa aman untuk anak laki-laki. Dengan memberikan pelukan ringan dan bahkan menciumnya akan memberikan rasa percaya diri yang berlebih, rasa disayangi yang sangat dibutuhkan dan juga rasa dilindungi. Tenang saja mama,  hal ini tidak membuat ia merasa dan terlihat kekanak-kanakan kok, justru cara ini malah akan membuat ia merasa dekat dengan mama. Hal ini sangat penting untuk dilakukans ebab, jika anak kurang mendapatkan perhatian dan kedekatan dengan ibu malah jsutru akan membuat ia menjadi anak yang pemurung.

Nah mama ternyata sangat unik dan menarik ya kepribadian dari anak laki-laki itu. Sekarang, setelah mengetahui tentang bagaimana seorang anak laki-laki itu sesungguhnya mama tidak perlu khawatir lagi untuk bisa mendidik si buah hati dengan tepat. Dengan mengetahui beragam hal yang penting diatas tentu akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang baik dan menjadi sosok yang mengagumkan.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Tumbuh Gigi Agar Tidak Rewel

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top