Olahraga

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggung

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggang

Yoga untuk redakan sakit punggung. Sering mengalami sakit pinggang tak tertahankan, bisa jadi pertanda kesehatan tengah memburuk. Punggung biasanya mudah merasa nyeri karena berbagai sebab seperti terlalu sering membungkuk, posisi duduk yang salah atau kecelakaan kecil di tempat kerja. Untuk bisa membantu mengatasi gangguan pada punggung, gerakan senam yoga berikut ini dapat Anda coba. Dengan gerakan yoga yang bermanfaat untuk meringankan gejala nyeri punggung.

yoga untuk redakan sakit punggung

 

Sponsor: halo jasa

1. Cat and cow stretch pose

Cat and cow stretch pose merupakan gerakan yoga yang mengandalkan fokus, fleksibilitas dan mobilitas bekerja sangat baik untuk bagian tubuh inti, bagian tengan, bahu dan tentunya punggung. Manfaat yang bisa didapat dengan melatih punggung dengan yoga ini adalah bisa meredakan sakit lutut, meningkatkan kelenturan punggung dan gerakan bahu. Jika lutut Anda sedikit senstif dengan benturan, bisa bantu gunakan matras atau selimut untuk melapisi lantai.

Melakukan gerakan yoga ini dimulai dengan pose yakn lakuka pose all fours dengan mengambil dua tangan lalu letakkan ke bawah bahu serta dua lutut di bagian bawah pinggul. Gerakan ke dua adalah menarik perut ke arah tulang belakang sambil tekan lantai dengan dua tangan dan lutut Anda. Usahakan untuk mengatur tulang belakang agar bisa melengkukan ke atas dan tahan posisi ini. Pada waktu bersamaan, ambil nafas dalam sebanyak 3 tarikan hembuskan. Lakukan gerakan yang sama sebanyak yang Anda inginkan.

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggang

2. Upward facing dog pose

Upward facing dog pose melibatkan tekanan di bagian bahu, lengan dan punggung. Gerakan ini harus dilakukan dengan benar supaya tidak menimbulkan cidera. Untuk bisa melakukan gerakan ini diantaranya dimulai dengan gerakan berbaring di atas lantai. Lemaskan semua anggota tubuh termasuk kaki, tangan dan punggung. Pastikan semua jari menapak ke lantai dan biarkan ujung kaki juga menapak ke lantai agar latihan lebih maksimal.

Berikutnya kencangkan kedua paha, perut bagian bawah dengan menarik tubuh atas dan perut hingga mencapai langit-langit. Gunakan kedua tangan untuk menyangga tubuh bagian atas, sementara kaki tetap dalam posisi merapat ke lantai. Gunakan pergelangan tangan untuk menopang bahu saat keduanya tertarik ke arah belakang. Untuk gerakan kepala, Anda bisa mendongak dan biarkan dagu berada ke arah atas secara mantap. Arahkan bagian dada ke luar lalu rentangkan tulang selangkang.

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggang

3. Downward facing dog pose

Upward facing dog pose berfokus pada kekuatan, dan mobilitas. Gerakan menyasar bagian tubuh untuk bisa bekerja dengan baik seperti bahu, punggung, lengan dan kaki. Selain itu gerakan membantu memperbaiki aliran darah, melepas ketegangan di bagian kepala dan leher, mengatasi lelah, osteoporosis dan memperkuat tulang. Namun perlu diingat bagi yang ingin melakukan gerakan ini sebaiknya tidak disarankan untuk orang yang memiliki masalah pada pergelangan tangan, kaki atau bahu supaya tidak menimbulkan cidera.

Langkah yang bisa dilakukan yakni mulai pada posisi berdiri. Tekuk jari kaki sambil mengangkat pinggul hingga mencapai arah langit-langit. Selanjutnya luruskan tumit ke arah belakang namun tidak menyentuh lantai. Gerakan berikutnya dengan meluruskan kepala dan leher ke bawah lantai. Gerakan ke tiga yakni melipat pergelangan tangan supaya lurus dengan lantai sambil membuat tekanan kecil menggunaka ujung jari telunjuk dan jempol.

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggang

4. Triangle pose

Tak hanya mengatasi nyeri punggung, manfaat lain pose ini ternyata baik untuk membentuk tubuh lebih ideal. Gerakan juga akan membantu memberikan efek rileks pada tubuh terutama bagian tulang belakang. Latihan secara inten dengan pose ini akan membuat tubuh bebas lelah, memperlancar sirkulasi darah, mengencangkan pinggang, bokong dan kaki.

Gerakan tringel pose bisa dimulai dengan cara merentangkan dua kaki selebar bahu atau lebih. Mulailah menekuk tubuh ke arah kanan sampai tangan bisa menyentuh kaki Anda. Saatnya merentangkan tangan kiri ke atas secara maksimal. Tahan posisi ini sambil menarik nafas 3 sampai 5 kali.

Gerakan Yoga Khusus Buat Anda Yang Sering Sakit Punggang

5. Camel pose

Pose Camel merupakan pose yoga yang berfokus pada kelenturan tubuh bagian belakang khususnya punggung. Selain itu gerakan ini juga membantu mengencangkan paha dan kaki. Langkah memulai derakan pose camel yakni berdiri diatas lantai dengan kedua lutut kan kaki ditekuk lurus ke belakang. Pastikan berat badan tertumpu pada kedua lutut dan tulang kering kaki.

Berikutnya letakkan tangan di bagian sakrum atau atas tulang bokong. Biarkan jari jemari menapak sakrum dengan posisi ke atas atau ke bawah. Rasakan tulang ekor Anda mencapai bawah lalu tarik siku ke atas. Jagalah paha Anda tetap berdiri sambil menarik bahu ke arah belakang hingga mencapai bawah punggung. Gunakan kepala untuk melihat langit-langit ketika dada ditarik ke atas. Setelah mencapai posisi yang diinginkan, lepaskan kedua tangan dan kaitkan ke arah tumit. Tahan posisi ini hingga mendapat lengkungan di tulang belakang dengan sempurna.

yoga untuk redakan sakit punggung

6. Child pose

Child pose dalam bahasa sangsekerta yanki Balasana adalah gerakan yang berfokus pada fleksibilitas dan pernapasan dengan memaksimalkan bagian panggul, kaki, bahu, dan punggung. Gerakan dimulai dengan duduk diatas lantai memakai posisi lutut ditekuk dan sedikit melebar. Ambil posisi merangkak ke depan dengan menggunakan kedua tangan sehingga kedua lengan bisa lurus ke depan. Pertahankan posisi ini hingga tubuh bisa merasakan rileks terutama bagian paha dan kening. Gerakan dilakukan sambil bernapas sebanyak 3 tarikan.

Sekian enam gerakan yoga yang berguna untuk membantu meredakan sakit punggung. Tak hanya gorakan yoga, mengembalikan punggung yang kaku bisa dilakukan dengan cara pemijatan. Untuk dapat melakukannya, Anda butuh ahli dalam memijat. Sementara itu, Halo Jasa adalah tempat dimana Anda bisa mendapatkan jasa pijat profesional dan bersertifikat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top