Olahraga

Gerakan Yoga Ini Dapat Membuat Anda Lebih Muda

Melakukan olahraga selama berjam jam kadang membuat tubuh kita makin kesulitan. Terlebih jika Anda seorang wanita karir yang sangat sibuk. Tetapi butuh hanya 15 menit, gerakan yoga ini dapat membuat Anda lebih muda. Kok bisa? Gerakan yoga yang sangat simple ini dapat dilakukan di rumah atau di kantor dan bisa dipraktekkan sendiri tapa harus mengundang instruktur yoga.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Selain membuat awet muda gerakan yoga mampu menstimulasi pikiran dan memberikan energi sepanjang hari. Bahkan gerakan yoga tertentu dapat juga mengurangi berat badan dan menyehatkan. 15 menit gerakan yoga berikut akan memberikan Anda banyak manfaat yaitu membuat kualitas tidur lebih baik, menenangkan pikiran, juga melancarkan metabolisme. Agar lebih jelasnya, berikut gerakan yoga sederhana yang dapat membuat Anda terlihat lebih muda meskipun usia tak lagi muda.

Gerakan Yoga Ini Dapat Membuat Anda Lebih Muda

Child Pose

Child Pose atau Sansekertanya Balasana, adalah sebuah gerakan yoga yang umunya digunakan untuk diam sejenak untuk mengambil nafas. Manfaat Child Pose dapat menenangkan pikiran, mengurangi stress, dan membantu streaching di area  pinggul, paha, hingga pergelangan kaki.

Cara melakukan:

  • Diawali dengan duduk diatas matras atau lantai sambil posisikan kaki berlutut sambil menempelkan paha.
  • Turunkan bokong hingga menyentuh tumit seperti sedang duduk. Lanjutkan dengan menurukan badan dengan perut berada diatas paha, diikuti dengan meluruskan kedua tangan diatas kepala.
  • Biarkan dahi menyentuh lantai dan rilekskan semua bahu, pinggul, bokong, hingga tangan sambil menahan posisi tersebut selama 30-60 detik sambil mengatur napas.

Gerakan Yoga Ini Dapat Membuat Anda Lebih Muda

Downward Pose

Manfaat melakukan gerakan ini yaitu melatih semua otot bagian atas, melatih gerakan otot kaki, mendapatkan perut rata, menguatkan pergelangan tangan dan tulang, melancarkan peredaran darah dan merileksan.

Cara melakukan:

  • Pertaman awali berdiri tegak lalu diikuti dengan posisi badan turun kebawah bambil menempelkan kedua telapak tangan diatas lantai atau matras. Jangan lupa menarik nafas untuk meregangkan otot tubuh. Dan hembuskan saat tubuh membungkuk ke bawah.
  • Ketika tangan menyentuh lantai, tarik nafas sambil membosisikan pinggul nungging ke langit-langit, kepala menghadap ke lantai dan mundurkan sedikit kaki hingga terbentuk posisi seperti gunung.
  • Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik sambil mengatur nafas perlahan.

Gerakan Yoga Ini Dapat Membuat Anda Lebih Muda

Upward Dog

Pada pose ini akan melibatkan banyak tekanan di bahu, lengan dan lengkungan tulang belakang, yang bisa saja beresiko jika dilakukan dengan sikap yang salah.

Cara melakukan:

  • Baringkan badan di atas lantai dengan posisi tengkurap dan perut menyentuh lantai.
  • Pastikan semua jari kaki menapak di lantai kemudian kencangkan paha juga perut bawah dan tarik maksiamal. Jaga pergelangan tangan tetap di bawah bahu dan kedua bahu ditarik ke belakang.
  • Posisi bahu juga penting dimana harus diarahkan ke belakang. Jangan lupa angkat kepala hingga mendongak ke atas melakui bantuan dagu secara mantap agar menghindari cidera tulang punggung.
  • Buka dada lebar sambil arahkan jantung ke luar atau posisi hampir 90%. Jangan lupa rentangkan tulang selangkang dan jangan biarkan melengkukan tubuh ke dalam.
  • Lakukan gerakan 30-60 detik saja.

Gerakan Yoga Ini Dapat Membuat Anda Lebih Muda

Low Lunge

Gerakan ini berguna untuk meningkatkan kelenturan tulang punggung, paha dan lutut. Cara melakukannya yaitu:

  • Pose ini dimulai dengan melakukan gerakan downward pose sambil buang nafas perlahan dan pindahkan kaki ke depan mellui sela-sela kedua tangan diikuti posisi lutut ditekuk.
  • Biarkan kaki satunya berada di belakang dan turunkan posisinya hingga lutut menyentuh lantai
  • Perlahan angkat tangan ke atas, posisi wajah menghadap ke depan sambil regangkan. Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top