Tubuh ku

Gerakan Senam Untuk Kebugaran Tubuh

Gerakan Senam Untuk Kebugaran Tubuh -Ketika Anda memiliki waktu luang, Anda tidak harus menghabiskannya hanya sekedar untuk liburan atau berbincang-bincang bersama teman. Sekarang Anda dapat memanfaatkannya untuk kesehatan yaitu dengan olahraga bersama-sama. Jenis olahraga yang Anda lakukan tidak harus dengan gerakan yang sulit dan rumit, pilih saja gerakan ringan yang dapat Anda lakukan di manapun, baik di rumah, di halaman, atau di mana saja. Tentunya Anda dan teman-teman akan mendapatkan manfaat kesehatan yang baik. Selain itu, hal ini juga dapat membuat Anda terhibur dan pilihan yang tepat untuk menghabiskan watktu luang. Berikut adalah gerakan senam untuk kebugaran tubuh:

Gerakan Senam Untuk Kebugaran Tubuh

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Russian twist ball

Untuk melakukan gerakan ini, Anda memerlukan bantuan bola yang biasa digunakan untuk senam kebugaran. Mulailah gerakan ini dengan bantuan teman minimal dua orang, ambil jarak sepanjang setengah lengan atau sekitar satu ubin. Lalu tekuk kedua kaki dengan posisi menggantung sekitar 10 cm di atas permukaan lantai. Posisikan punggung agak sedikit menyender, tapi jangan sampai terlalu ke belakang. Lakukan gerakan memindahkan bola dari sisi samping kiri ke sisi teman Anda, hingga beberapa kali. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk membentuk otot perut pada bagian samping.

  1. Plank dan sit-up

Plank dan sit-up, Anda dan teman dapat memilih salah satu gerakan yaitu Anda mengambil posisi plank dan teman Anda dengan posisi sit-up dengan posisi kaki yang ditekuk. Pastikan kedua tangan Anda lurus dan dapat menahan kedua telapak kaki teman Anda. Selagi Anda menahan gerakan plank selama beberapa detik, teman Anda dapat melakukan sit-up hingga beberapa kali. Tidak usah dipaksakan lakukan gerakan ini semampu Anda. Jika Anda merasa lelah, sebaiknya beristirahat secukupnya kemudian lanjutkan kembali. Jika Anda dan teman sudah melakukan gerakan tersebut beberapa kali, maka Anda dapat bertukar posisi dengan teman Anda. Sehingga dengan demikian, kalian akan mendapatkan manfaat yang sama. Gerakan ini bermanfaat untuk membentuk otot bagian belakang tubuh dan juga perut.

  1. Partner pas sit-up

Gerakan senam untuk kebugaran tubuh yang lainnya adalah partner pas sit-up, yaitu gerakan sit-up yang dilakukan secara bersama-sama. Anda dan teman dapat mengambil posisi yang berhadapan, dengan posisi tubuh yang terlentang dan kedua paha menekuk. Pastikan ujung telapak kaki Anda dan teman saling bersentuhan. Kemudian, lakukan gerakan sit-up seperti biasa, dan saat posisi tubuh telah tegak di atas lakukan toss atau menepuk tangan secara bersama agar lebih bersemangat. Agar lebih nyaman dan aman, sebaiknya gunakan alas seperti matras untuk bagian belakang tubuh saat dalam posisi terlentang.

  1. Partner squat

Gerakan ini sangat baik untuk membentuk otot kaki dan paha. Squat adalah gerakan senam dengan posisi seperti orang duduk dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Anda dapat melakukan gerakan ini seperti orang yang mau duduk pada bangku. Pastikan lutut sejajar dengan ujung kaki dan usahakan badan untuk tetap tegak saat melakukan gerakan ini. Anda dan teman dapat berdiri berhadapan, posisikan kedua tangan Anda secara tegak lurus dan bersilang seperti orang yang saling tarik menarik. Lakukan squat sebanyak minimal 15 kali, dan ulangi gerakan ini sesuai kemampuan dan kebutuhan.

  1. Leg raise partner

Yang terhakir adalah leg raise partner. Gerakan ini dilakukan dengan cara Anda dalam posisi tidur terlentang, kemudian teman Anda berdiri tegak. Genggam kedua tangan teman Anda, lalu angkat kedua kaki hingga tegak sampai menyentuh kedua tangan teman Anda. Lalu, mintalah bantuan teman Anda untuk mengayunkan kaki Anda ke bawah. Di saat kaki sudah turun kebawah, tahan posisi ini agar tidak sampai menyentuh lantai. Ketika kaki sudah turun ke bawah dan berjarak sekitar 5 cm dari permukaan lantai, segera ayunkan kaki Anda kembali ke atas. Saat melakukan gerakan ini sebaiknya Anda menahan otot perut, sehingga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Lakukan sebanyak 10 hingga 15 kali, kemudian Anda dapat bertukar posisi.

Nah, gerakan senam untuk kebugaran tubuh sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Selain dapat menghibur Anda di waktu luang, kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Agar hasilnya lebih dapat dirasakan, lakukan gerakan tersebut paling tidak sebanyak 3 kali dalam seminggu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top