Olahraga

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Gerakan olahraga untuk memperbaiki tubuh bungkuk – Olahraga adalah salah satu kegiatan fisik yang sehat dan bisa dilakukan kapan pun Anda inginkan. Olahraga mampu memperbaiki bentuk tubuh menjadi lebih baik, meningkatkan masa otot, menguatkan tulang dan menjadikan program diet jadi lebih menyenangkan. Karena banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga, sangat sayang rasanya apabila kita melupakan olahraga dalam kehidupan harian.

Sponsor: perawatan wajah

Olahraga bisa memperbaiki bentuk tulang seperti kondisi Kifosis. Kifosis adalah kondisi dimana bentuk tulang belakang melengkung ke depan hingga 50 derajat. Jadinya, orang akan terlihat membungku sehingga membuat mereka merasakan nyeri di bagian punggu. Kifosis bisa terjadi pada 20-40 persen orang lanjut usia. Tetapi tidak dipungkiri pula bisa saat ini para remaja kita juga  mengalami hal sama. Alasan umumnya adalah kebiasaan yang menjadi pemicu kifosis seperti sikap duduk yang  buruk atau kelaian bawaan.

Kifosis sebenarnya bisa dicegah dengan langkah menghindari pemicu terjadinya kelainan tulang ini. Jika sudah terjadi maka kifosis bisa menyebabkan beberapa masalah, tak hanya postur yang membungkuk tetapi gejala lain seperti nyeri punggung, otot lelah dan kaku bahkan pada kasus parah, kifosis bisa mempengaruhi paru-paru, saraf, dan organ lain yang bisa mempengaruhi kualitas hidup. Menurut Siti Annisa Nuhonni, SpKFR selaku dokter dari Departemen Rehabilitasi Medik RSCM-FKUI menyebut bahwa kifosis bisa dicegah sejak dini apabila kita rajin minum susu dan makanan tinggi kalsium serta tak lupa berolahraga.

Sementara pada penelitian lain yang terbit pada 2009 di Osteoporosis Internasional, sebagai cara menanggulangi kifosis adalah melakukan latihan penyambungan tulang belakang selama 3 kali seminggu secara rutin dan dalam waktu satu tahun. Cara ini membantu memperbaiki kembali postur tubuh yang sebelumnya mengalami kifosis. Bentuk latihan olahraga untuk  memperbaiki postur tubuh bungkuk:

1. Wall slides

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Olahraga pertama memperbaiki postur tubuh akibat kifosis adalah Wall slides. Latihan ini dimulai dengan meregangkan dada. Langkah yang bisa dilakukan adalah:

  • Mulai dengan sikap berdiri tegak dengan  punggung menempel ke arah dinding tembok. Sejajarkan punggu dengan tembok hingga lurus dan beri jarak sedikit telapak  kaki dari tembok. Lakukan peregangan tulang dada  dengan cara menekan punggung sedikit kuat ke arah dinding sambil tekuk lutut Anda perlahan. Jangan lupa tempelkan kedua telapak tangan ke tembok dan pastikan telapak tangan berada di luar.
  • Kemudia lakukan gerakan menggeser tubuh secara  perlahan ke bagian bagian kiri. Rasakan peregangan di bagian dada juga bagian bahu Anda secara maksimal. Dan tahan posisi tersebut beberapa detik. Selanjutnya lakukan gerakan sama bergantian dengan tubuh bagian lainnya.

2. Pose kobra

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Sesuai namanya, pose kobra akan menuntun Anda mengikuti pose tertentu layaknya ular kobra. Pose kobra berguna untuk menguatkan tulang belakang sekaligus mengecilkan perut. Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan alas untuk Anda berbaring ydan berbaringlah dengan posisi terlekungkup. Sejajarkan perut dengan lantai dan kedua tangan berada di samping bahu. Pastikan pula jari-jari berada ke arah depan dan rapatkan kaki Anda.
  • Dekatkan siku dengan sisi tubuh lalu coba sentuh kedua tulang belikat. Mulai stabilkan punggung dengan kencangakan otot-otot dibagian perut sambil perlahan angkat dada. Pastikan leher juga terangkat menghadap ke atas.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali tarikan napas, turunkan badan dan ulangi kembali sebanyak 3 set gerakan.

3. Doorway stretch

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Gerakan selanjutnya adalah Doorway stretch dimana gerakan yang menggunakan pintu sebagai mediannya. Pintu berguna sebagai titik tumpu untuk menahan beban tubuh Anda. Cara melakukannya dimulai dengan:

  • Berdiri tepat di tengah pintu yang  terbuka dan letakkan tangan kerangka pintu sambil menekuk siku 90 derajat. Majukan satu kaki ke depan dan pegang erat kerangka pintu sambil dorongkan tubuh ke arah depan.
  • Lakukan perlahan hingga Anda merasakan tubuh bagian dada meregang. Tahan selama 10 detik dan ulangi sebanyak 3 set latihan.

4. Resistance band row

Gerakan Olahraga Untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Latihan ini bisa dilakukan ketika berada di tempat gym sebab Anda membutuhkan bantuan alat. Alat yang biasa digunakan betupa mesin kabel elastis. Atau bisa juga memakai media tali yang didesaim mirip dengan cara kerja mesin kabel.

  • Caranya mulai dengan sikap berdiri lurus dan biatkan kedua tangan memegang kabel resistance band. Selanjutnya tarik kuat kabel hingga Anda merasakan otot dan punggu meregang. Namun perlu diingat pada saat menarik mesin kabel, usahakan meletakkan posisi kepala, bahu dan punggu dengan posisi tetap lurus. Untuk hasil maksimal lakukan cara ini sebanyak 3 kali set.

5. Upper back

Gerakan terakhir adalah upper back yang merupakan bentuk latihan dimana kita mengandalkan media lain untuk membantu melatih punggu dan tulang belakang. Latihan ini termasuk sederhana namun Anda membutuhkan media busa rolling agar gerakan bisa  dilakukan secara sempurna. Caranya bisa dengan:

  • Mempersiapkan busa rolling dan letakkan pada punggu atau tulang belakang. Letakkan tepat di bawah tulang belikat. Mulailah menekuk lutut dan biarkan kaki menyentuh lantai.
  • Letakkanlah juga kedua tangan di bagian belakang kepala sambil mengangkat pinggang peralahan. Naikkan pinggul turunkan kembali. Lakukan gerakan sama sebanyak 3 kali set selama 10-15 detik.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top