Gaya Hidup

Gangguan Tidur Yang Aneh

Gangguan Tidur Yang AnehTidur merupakan suatu bentuk istirahat, di mana seseorang terlelap sehingga berada dalam alam tidak sadarnya. Kebutuhan tidur seseorang mutlak adanya bagi siapa saja, mulai dari bayi, dewasa hingga mereka yang lanjut usia. Jika seseorang kurang akan porsi tidur maka akan berdampak pada banyak hal termasuk yang terpenting pada efek kesehatan. Saat orang berada dalam keadaan terlelap, pastinya orang tersebut tidak akan merasakan sesuatu yang ada pada dirinya. Dari sini kemudian ternyata ada orang-orang tertentu yang memiliki gangguan tidur yang aneh. Gangguan ini terkadang ada yang seringkali mengganggu aktivitas, hingga sampai menimbulkan efek yang bahaya. Gangguan tidur terkadang akan terbiasa terjadi pada seseorang, sehingga dampak negatif akan mungkin terjadi jika tidak ada solusi penanganannya.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Makan setika sedang tidur

Gangguan tidur ini disebut dengan Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder (NSRED). Kondisi seperti ini  merupakan gangguan yang ditunjukkan dengan mengonsumsi banyak makanan saat tubuh dalam keadaan tidur dan tak sadarkan diri. Di antara beberapa orang yang memiliki gangguan ini, terkadang bahkan mampu memasak dalam keadaan tidak sadar seperti ini. sehingga dalam keadaan tidur, orang tersebut bisa memasak sambil mata terlelap atau terpejam. Orang yang memiliki gangguan NSRED baru akan tahu saat dapurnya telah berantakan saat terbangun dan sadar.

  1. Sleep paralysis atau tidur lumpuh

Peristiwa gangguan tidur sleep paralysisi ini familiar disebut dengan istilah ketindihan. Saat mengalami ketindihan, seseorang akan merasakan sadar namun tidak bisa menggerakkan bagian tubuhnya. Kejadian seperti ini disebabkan karena ketidakselarasan antara yang terjadi pada otak dan tubuh yang masih berada pada tahapan tidur yang dalam. Ketindihan bisa sering akan terjadi pada orang-orang yang berada pada fisik yang lelah dan kurang istirahat atau tidur. Akibatnya terjadi gangguan sistem tubuh sehingga otak dan tubuh tidak bisa berjalan lurus dan selaras, dan akhirnya tidak bisa memasuki tahapan tidur yang sama.

  1. Narkolepsi

Istilah gangguan tidur narkolepsi ditujukan bagi mereka yang seringkali tertidur secara tiba-tiba saat sibuk dalam kegiatan rutinitas. Misalnya, seseorang bisa saja mendadak tertidur tanpa sadar ketika bekerja, atau seorang anak tiba-tiba tertidur ketika sedang asik bermain. Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bersifat neurologis dengan waktu tidur yang acak.

Jika ada seseorang yang mengalami gangguan tidur aneh seperti ini, dan bahkan seringkali mengalaminya, maka diperlukan suatu cara yang efektif untuk menanggulanginya. Cara yang bisa dilakukan mulai dengan bantuan anggota keluarga terdekat untuk mengontrol saat orang tersebut tidur. Jika ada gangguan yang mulai aneh tampak terjadi, orang yang mengalami gangguan tidur ini bisa dibangunkan agar segera tersadar. Jika memang diperlukan, penanganan gangguan tidur bisa  berkonsultasi dengan dokter ahli yang terkait. Gangguan tidur yang aneh sebenarnya tidak menjadi suatu masalah yang berarti jika terjadi tidak sering. Namun hal ini akan menjadi masalah jika efeknya berbahaya baik untuk kesehatan dan nyawa seseorang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top