Motivation

Faktor Yang Membuat Patah Semangat

Dalam menjalankan aktivitas dan bekerja setiap hari, tentu saja kita membutuhkan semangat yang membumbung dan motivasi yang tinggi untuk membuat segala aktivitas tersebut dapat berjalan dengan baik serta lancar. Dengan semangat yang terus membara, tentu kita akan selalu merasa optimis dan juga dapat menyelesaikan tugas dengan hasil yang baik. Namun, terkadang kita kehilangan semangat untuk beraktivitas setiap hari dan hilangnya semangat tersebut akan mengganggu aktivitas yang akan Anda lakukan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa faktor yang membuat patah semangat dan kehilangan motivasi sehingga mengganggu aktivitas Anda. Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini agar dapat menetralisir hal yang sebaiknya tidak terjadi sehingga Anda selalu bersemangat dan termotivasi.

 Faktor Yang Membuat Patah Semangat.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Beban kerja yang terlalu berat

Tentu, ketika Anda memutuskan untuk bekerja dan memasuki dunia kerja yang baru, Anda akan dihadapkan dengan banyak konsekuensi dan hal baru yang tentu saja akan memerlukan pola adaptasi yang baru. Dalam proses adaptasi, tentu Anda pernah merasa memiliki beban yang terlalu berat dan susah untuk dikerjakan. Beban pekerjaan yang terasa berat dan juga susah untuk di kerjakan dengan optimal membuat Anda mudah untuk patah semangat dan juga kehilangan motivasi setiap hari. Hal ini umumnya terjadi pada karyawa kantor yang banyak mendapatkan deadline dari atasan. Nah, saat mengetahui deadline yang banyak dan harus segera diselesaikan, tentu kita akan kehilangan semangat terlebih dahulu dan akan mengerjakannya dengan asal-asalan.

  1. Gaji yang tidak memadai

Tidak diragukan lagi bahwa gaji merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia pekerjaan. Gaji merupakan sesuatu yang membuat karyawan terus tersulut motivasinya agar senantiasa bekerja dengan baik dan maksimal. Namun, apa yang terjadi tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Gaji yang kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari ternyata masih jauh dari harapan. Gaji yang kurang memadai inilah yang merupakan salah satu penyebab semangat Anda tiba-tiba hilang dan Anda menjadi tidak termotivasi untuk bisa bekerja dengan baik. Penting bagi Anda untuk menanyakan pada diri Anda sendiri tentang gaji standar yang Anda inginkan dan padukan dengan bagaimana kemampuan kita dalam bekerja.

  1. Atasan yang menyebalkan

Dalam dunia kerja, tentu memiliki atasan yang menyebalkan adalah salah satu kondisi yang tidak bisa dihindari. Sebagai pekerja, posisi kita memang berada di bawah atasan dan cenderung harus melakukan apa yang menjadi perintah dari atasan. Dalam hal ini, tentu saja terkadang Anda merasa kurang sreg dengan segala perintah atasan, terutama jika ia memerintah seenaknya dan juga kurang menghargai Anda sebagai karyawan. Nah, sikap atasan yang cenderung semaunya inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa semangat Anda menjadi turun dan terkadang Anda kehilangan motivasi untuk dapat bekerja dengan baik. Dalam hal ini, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan adaptasi Anda dan lebih menyadari dimana posisi Anda sebenarnya.

  1. Terlibat konflik dengan rekan

Dalam pekerjaan Anda, adalah wajar jika Anda terkadang terlibat konflik dengan rekan kerja Anda. Persaingan kinerja yang semakin sengit karena mengejar kenaikan jabatan terkadang membuat Anda terlibat konflik yang sebenarnya merugikan dengan sesama rekan kerja. Konflik yang terjadi dengan rekan kerja tentu saja akan membuat Anda menjadi kurang bersemangat saat bekerja sehingga pekerjaan Anda pun biasanya akan cenderung kurang maksimal. Situasi yang tidak nyaman dan kondusif ini tentu saja harus segera diselesaikan dengan baik. Jika Anda merasa memiliki masalah dengan rekan Anda, maka ajak rekan Anda berbicara berdua dan selesaikan masalah dengan baik sehingga apa yang menyebabkan Anda kurang bersemangat dalam bekerja dapat segera dhilangkan.

  1. Kurang mendapat apresiasi

Apresiasi adalah salah satu hal yang sangat penting hampir di semua lini kehidupan yang sayangnya sering dilupakan dan tidak dianggap sebagai salah satu hal yang penting. Ada kalanya Anda ingin mendapatkan sebuah apresiasi dari rekan karyawan atau atasan atas apa yang sudah Anda lakukan, seperti ketika Anda mendapatkan klien baru atau lainnya. Namun, apa yang menjadi kenyataan tidaklah seperti yang kita inginkan. Seringkali, kita tidak mendapatkan apresiasi apapun meskipun kita sudah berbuat hal yang baik untuk kemajuan tempat kerja. Kondisi ini membuat seorang pekerja merasa bahwa ia tidak diakui dan tentu saja ia akan menjadi kecil untuk tetap bersemangat dalam bekerja. Dalam hal ini, jika Anda pernah merasa tidak diakui atau kurang mendapat apresiasi, maka berpikirlah secara realistis. Lakukan pekerjaan Anda sebagaimana mestinya tanpa berharap untuk mendapatkan sebuah pengakuan dari siapapun.

Beberapa hal di atas merupakan faktor yang pada umumnya dapat mengakibatkan Anda kehilangan motivasi dan semangat saat bekerja. Nah, dalam hal ini, penting sekali bagi Anda untuk bisa mengatur kondisi mental Anda agar tidak mudah patah semangat dan terus termotivasi untuk selalu bekerja dengan baik. Jika Anda memiliki masalah dengan semangat Anda, bicarakan dengan teman Anda untuk mendapatkan solusi. Anda juga bisa membaca biografi orang-orang yang sukses yang pernah mengalami kegagalan. Hal ini akan menstimulasi pada diri sendiri untuk semangat kembali.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top