Kulit ku

Faktor Penyebab Kulit Kusam

Kulit harus senantiasa dijaga kesehatan dan keindahannya dengan banyak cara. Perawatan kulit tidak harus identik dengan harga mahal dan prosedur treatment yang ribet, melainkan bisa memulainya dengan hal-hal kecil sehari-hari dalam menghindari segala hal yang memberikan dampak negatif bagi kulit. Kulit putih atau cerah biasanya identik dengan istilah cantik, namun orang yang memiliki kulit cerah pun bisa pula tampak tidak cantik karena kulit terlihat kusam. Kulit yang kusam tidak akan terlihat segar sehingga kurang bisa memancarkan keindahannya. Dengan mengetahui faktor penyebab kulit kusam, kita bisa menghindarinya sehingga bisa menjaganya tetap cerah bersinar.

Faktor Penyebab Kulit Kusam

sponsor: cream perawatan wajah.

1. Pengaruh Sinar ultraviolet
Sinar matahari memang baik untuk tubuh, namun paparannya secara berlebihan di atas jam 8 pagi akan memberikan efek buruk bagi kulit. Jika kita memang harus melakukan aktivitas di liar ruangan pada ksaran waktu tersebut, alangkah baiknya untuk melindungi kulit terhadap pengaruh buruk sinar ultraviolet yang terkandung pada sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dapat dilakukan dengan menggunakan krim losion atau pelembab, bedak untuk wajah, sunblock yang mengandung tabir surya dengan dilengkapi zat SPF. Efek paparan sinar ultraviolet secara langsung akan menimbulkan efek berbahaya untuk jangka waktu yang panjang. Jika memang dirasa perlu, ulangilah penggunaan sunblock, agar terlindungi dengan maksimal dari sinar ultraviolet, sehingga tidak menyebabkan kulit kusam.

2. Waktu istirahat kurang dan pola tidur tidak teratur
Faktor jumlah waktu istirahat turut mempengaruhi kondisi kulit. Selain berhubungan kembalinya vitalitas energi dalam tubuh, istirahat yang cukup akan membuat kulit lebih cantik. Jika kurang tidur, kulit wajah akan lebih terlihat layu dan kurang bercahaya. Kulit akan menjadi kusam karea kurangnya teraturnya pola istirahat dan tidur, disebabkan karena kulit juga membutuhkan waktu istirahat yang bertujuan pada proses regenerasi pembentukan sel-sel kulit dan membuang sel kulit yang mati.

3. Sering begadang
Jika terlalu sering begadang, dampaknya tubuh dan kulit akan memiliki durasi waktu istirahat yang pendek. Seperti yang telah disebutkan kulit akan terlihat kusam jka kurang waktu tidur atau beristirahat. Terlalu sering begadang akan memberikan dampak pada tubuh melalui produksi hormon stress, sehingga berpengaruh pula pada penampilan, seperti lingkaran hitam di kulit area mata atau mata panda serta kulit kusam.

4. Pengaruh asap rokok
Bagi mereka yang merokok, selain menimbulkan dampak kesehatan padatubuh secara umum, asap rokok sendiri juga berbahaya bagi kecantikan kulit. Jika merokok dapat memicu penyakit berbahaya, begitu juga efek asap rokok bagi mereka yang menjadi perokok pasif di sekitarnya akan mendapatkan efek negatifnya pula. Asap rokok akan menjadikan kulit dan wajah menjadi kotor dan kusam karena kontaminasi polusi asap, yang bisa memicu wajah mengalami flek hitam.

5. Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang
Untuk menjaga kulit lebih segar dan cantik, dibutuhkan usaha dari asupan zat yang baik untuk kesehatan kulit. Cara yang efektif dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengkonsumsi cukup sayur dan buah, atau jika perlu minumlah suplemen vitamin yang berguna untuk kulit. Dengan mengkonsumsinya maka akan berfungsi sebagai antioksidan, yang mampu menangkal radikal bebas dari luar, sehingga kulit menjadi terjaga kesegaran dan kekenyalannya.

Bye-bye kulit kusam!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top