Manfaat Buah

Fakta Tentang Manfaat Ceri Untuk Asam Urat

Fakta Tentang Manfaat Ceri Untuk Asam Urat

Setiap orang menginginkan tubuh sehat karena semakin bertambahnya usia, semakin rentan terserang berbagai jenis penyakit salah satunya asam urat. Asam urat sebetulnya adalah suatu senyawa kimia yang terdapat di dalam tubuh yang memiliki peran tersendiri bagi keseimbangan metabolism tubuh. Akan tetapi jika kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi dapat menjadi memicu masalah kesehatan seperti pegal linu, kram atau tulang bengkak yang lebih lanjut.

Sponsor: kezia skin expert

Karena kadar purin yang tinggi, maka penderitanya tidak boleh sembarang mengkondumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Salah satu buah yang disarankan adalah ceri yang bermanfaat mengatasi asam urat. Menurut penelitian, ada banyak fakta tentang manfaat ceri untuk asam urat yang sudah dibuktikan kebenarannya. Buah Ceri sangat baik untuk penderita asam urat karena terdapat zat kimia yaitu anthocyanin ampuh menurangi peradangan akibat nyeri sendi. Human Nutrition Research Center dari University of California menemukan bahwa wanita yan mengkonsumsi sebanyak 280 gram ceri dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah sebanyak 15 % dalam semalam. Artinya, buah ini berpotensi besar memiliki manfaat dalam mengatasi asam urat.

Buah cherry dikenal sebagai salah satu agen kuat yang dapat menekan reaksi sistem imun pada proses degradasi kristal asam urat. Buah ceri dapat menurunkan kadar CRP (C-Reacticve Protein), yaitu sebuah protein yang menjadi tanda inflamasi akut yang terdapat dalam plasma darah pasien penderita asam urat. Konsumsi buah ceri juga ampuh meningkatkan eksresi asam urat melalui ginjal sebanyak 350 ± 33 μmol/mmol hanya dalam waktu tiga jam saja.

Fakta Tentang Manfaat Ceri Untuk Asam Urat

Kandungan nutrisi buah ceri:

Buah ceri berwarna merah ini mengandung banyak nutrisi sebagai zat-zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Dari beberapa kandungan nutrisi yang tersimpan, maka tah heran bila buah ceri sangat dikonsumsi termasuk mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Buah ceri juga termasuk salah satu buah-buahan yang memiliki nilai antioksidan ORAC yaitu kapasitas penyerapan radikal bebas yang sangat besar. Bahkan nilai ORAC ceri sama tingginya dengan buah stroberi. Dalam setiap 100 gram buah ceri mengandung bahan alami seperti air sebanyak 77,8 gram dimana kadarnya menjadi kadar cukup besar. Kemudian ada karbohidrat 17,9 gram, protein 0, abu dan lemak, serat sebanyak 4,6 gram, vitamin B seperti niachin, ribofalin, da tianin. Kandungan laninnya berupa karotin dan palig banyak adalah vitamin C sebanyak 80,5 miligram, dilanjutkan dengan fosfor 84 miligram dan zat besi 1,18 miligram. Buah kaya manfaat ini memiliki nilai kalori sebanyak 380KJ. Dari kesekian banyaknya nutrisi yang terkandung, maka buah ini benar-benar cocok dijadikan obat herbal alami mengatasi masalah penyakit termasuk asam urat. Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat dan alasan buah ceri ini sangat baik bagi penderita asam urat.

Fakta Tentang Manfaat Ceri Untuk Asam Urat

Manfaat buah ceri untuk atasi penyakit asam urat:

  • Mengandung Kolkisin

Salah satu manfaat dari buah merah, kecil, dan manis ini adalah kemampuannya untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat atau artritis gout. Buah ceri dipercaya mengandung zat kolkisin yang sangat bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Disaat kadar asam urat dalam tubuh tinggi, maka system kekebalan tubuh akan berpotensi menurun. Kondisi yang demikian ini sangat rentan menyebabkan tubuh terserang asam urat. Dengan mengkonsumsi buah ceri maka zat kolkisin yang terkandung di dalamnya akan bermanfaat memperkuat sistem imun tubuh dan membuat tubuh berangsur-angsur normal sehingga resiko berbagai macam penyakit seperti asam urat dapat segera diatasi.

  • Mengandung Anthocyanin

Selain mengandung kolkisin buah ceri juga mengandung senyawa kimia lainnya yang disebut anthocyanin. Zat anthocyanin yang terdapat pada buah ceri akan bekerja mengurangi peradangan pada persendian yang dapat mengakibatkan pegal linu pada persendian, pembengkakan, dan rasa sakit yang sangat hebat. Pegal linu pada persendian merupakan gejala awal dari munculnya penyakit asam urat ini.

  • Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah suatu zat yang banyak ditemukan pada buah-buahan termasuk juga buah ceri. Antioksidan yang terkandung dalam buah ceri bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada persendian yang diakibatkan tingginya kadar purin atau asam urat. Buah ini juga mengandung sifat anti inflamsi atau anti peradangan. Manfaat ini diperjelas oleh hasil studi yang dilakukan oleh Prof. Alan Silman, seorang direktur dari Arthritis Research, Inggris yang menjelaskan bahwa kandungan antioksidan pada ceri berperan sebagai penghambat atau inhibitor enzim alami yang berperan sebagai obat antiperadangan. Peradangan pada persendian adalah akibat dari mengkristalnya zat asam urat yang ada di dalam darah sehingga terbentuklah peradangan pada persendian. Buah ceri adalah alternatif pengobatan alami penderita asam urat.

  • Mengurangi Serangan Asam Urat

Menurut Prof. Alan Silman, mengkonsumsi obat asam urat kemudia ditambah dengan mengkosumsi buah ceri sangat penting untuk mengurangi peradangannya. Seperti kita tahu bahwa penyakit asam urat mudah mengakumulasi sendi-sendi. Jika sendi tersebut bermasalah, pada kasus asam urat maka akan menyebabkan pembengkakan ditambah nyeri pada jembol kaki. Jika sudah begitu, maka asam urat akan mengkristal dan menyebabkan peradangan sangat hebat. Semakin tinggi kandungan asam uratnya maka semakin besar kemungkinan asam urat akan mengkristal dan berdampak pada peradangan sendi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top