Kulit ku

Fakta Penyebab Kulit Bersisik

Fakta Penyebab Kulit Bersisik

Penyakit pada kulit sangat berbagai macam jenis dan penyebabnya. Salah satunya disini yang akan kita bahas adalah penyakit kulit berisisik. Kulit yang bersisik tidak hanya mengganggu penampilan pada seseorang saja, tetapi juga dapat membuat orang menjadi stress, frustasi, mudah tersinggung untuk kasus tertentu kadang menyakitkan bagi dirinya. Apa yang menyebabkan kulit menjadi bersisik? Berikut akan kami bahas fakta penyebab kulit bersisik.

Fakta Penyebab Kulit Bersisik

sponsor: cream pemutih wajah.

Pada kondisi tersebut diakibatkan telah hilangnya lapisan luar kulit atau dapat disebut juga dengan epidermis dalam jumlah besar dan membuatnya menjadi tidak elastis lagi. Ciri-ciri pada kulit yang bersisik umumnya terasa kering dan sangat mudah terkena masalah kulit seperti eksim. Kondisi seperti ini kadang membuat seseorang merasa sangat gatal yang jika terus menerus digaruk dapat menyebabkan kulit teriritasi dan mengalami ruam pada kulit. Kulit bersisik umumnya ditandai dengan terlihat nya kulit yang kasar, kulit yang mengelupas, menjadi sensitif dan kemerahan pada kulit. Ketika kondisi kulit sudah seperti itu, maka kulit tidak bisa lagi bekerja sebagai faktor pelindung.

Ada beberapa hal yang dapat anda ketahui berikut penyebab kulit bersisik:

  1. Kebutuhan gizi yang tidak tercukupi.
  2. Penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat yang berbahan keras.
  3. Pada bagian kaki bisa juga dikarenakan oleh penggunaan sepatu yang tidak muat lagi sehingga menimbulkan sakit dan lecet dan dapat menimbulkan infeksi jamur.
  4. Kulit bersisik juga dapat terjadi pada musim dingin tiba, karena angin yang muncul di musim dingin terasa pada permukaan kulit sehingga membentuk bercak seperti sisik di kulit.
  5. Regenerasi lapisan kulit yang terjadi terlalu cepat sehingga mengakibatkan kulit mudah terkelupas dan bersisik.

Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu:

  1. Melakukan Scrub
    Basahi sedikit dengan air kekulit yang bersisik, kemudian mulailah menggosoknya dengan perlahan menggunakan scrub/spons atau bisa juga sarung tangan exfoliating. Hal ini dapat membantu anda untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga mengelupaskan kulit dengan lembut.
  1. Rutin Menggunakan Lotion Pelembab
    Salah satu cara yang baik untuk mengatasi kulit bersisik adalah dengan menggunakan pelembab yang cocok dan memang dirancang khusus untuk kulit jenis ini. Gunakan pelembab dengan melakukan sedikit pijatan agar lotion dapat meresap dengan baik.
  1. Gunakanlah Minyak Vitamin E
    Minyak vitamin E diketahui dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit kering yang biasa timbul pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, karena ia mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel kulit serta dapat mendorong pertumbuhan membran sel kulit yang sehat. Sebagian dermatologis juga menyarankan penggunaan pelembab yang mengandung vitamin E sebagai bahan utama.
  1. Manfaat Minyak Zaitun
    Perawatan kulit dengan menggunakan minyak zaitun merupakan cara yang mudah untuk mengembalikan elastisitas kulit dan dapat menyembuhkan kulit bersisik, karena minyak zaitun dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Cara penggunaannya bisa dicampurkan dengan minyak vitamin E lalu dioleskan pada kulit yang bersisik.
  1. Tingkatkan Asupan Air
    Kurangnya asupan air juga bisa membuat kulit kering yang dapat memicu kulit bersisik dan kusam. Dengan demikian pastikan tubuh anda mendapat asupan air yang cukup sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

Penyebab Terjadinya Kulit Kering Dan Bersisik
Mengetahui penyebab penyakit kulit kering dan bersisik itu penting. Dengan demikian anda dapat menghindari kebiasaan yang dapat membuat kulit anda mengalami demikian.

  1. Terlalu Sering Mencuci Dengan Sabun
    Membersihkan wajah merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membuang kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah. Akan tetapi dengan hal tersebut kita harus terlalu sering untuk melakukannya. Dengan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun malah akan membuat kulit wajah anda akan kehilangan kelembutannya dan berakibat pada kulit yang kering dan bersisik. Cukup dengan anda membersihkan wajah sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam sehari dengan menggunakan bantuan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit anda.
  1. Tidak Adanya Perlindungan Dari Luar
    Sinar ultraviolet pada matahari yang memancar ditengah teriknya siang hari dapat menjadi penyebab kulit yang kering. Perlindungan dengan menggunakan tabir surya sebagai penangkal hal-hal buruk yang dibawa oleh sinar matahari. Gunakan tabir surya secara rutin ketika anda ingin beraktivitas diluar ruangan. Terlebih dengan padatnya jadwal yang menuntut anda untuk selalu tampil cantik dan menawan meskipun dibawah terik matahari. Gunakan penutup kepala seperti payung atau topi untuk membantu memberikan perlindungan pada kulit dari bahaya pancaran sinar ultraviolet yang berbahaya.
  1. Penggunaan Foundation Berlebih
    Menggunakan foundation atau krim sebagai alas bedak merupakan sesuatu hal yang dibutuhkan wanita untuk dapat menyempurnakan riasan wajah dan untuk meratakan warna kulit. Tetapi apabila penggunaan foundation secara berlebihan justru dapat membuat kulit anda susah bernafas dan membuat sel kulit mati terjebak didalam pori-pori kulit. Sel kulit mati dan asupan oksigen yang kurang pada kulit tersebutlah yang akan menjadi penyebab kulit menjadi kering. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah foundation berbahan dasar ringan dan gunakan seperlunya saja sesuai kebutuhan anda.
  1. Pola Makan Yang Keliru
    Pola makan menjadi satu dari sekian faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Pola makan yang keliru dan tidak tercukupinya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan kulit menjadi terlihat kering. Pola makan yang baik dengan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi tentu akan membantu anda terhindar dari berbagai masalah-masalah yang terjadi pada kulit. Konsumsi air yang cukup kulit dapat terhindar dari dehidrasi yang juga dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik.
  1. Indikasi Adanya Penyakit
    Jangan menganggap remeh kulit yang kusam, kering, atau bahkan bersisik. Kemungkinan hal tersebut merupakan awal indikasi adanya penyakit yang terdapat pada kulit anda. Penyakit-penyakit kulit seperti psoriaris, eksem, dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang dapat memicu terjadinya kulit kering, kusam, dan bersisik. Segera anda konsultasikan ke dokter kulit apabila anda menemui hal-hal yang tidak wajar terjadi pada kulit anda.

Fakta Penyebab Kulit Bersisik

Demikianlah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kulit kering. Sebaiknya anda untuk memperhatikan dan hindari kebiasaan buruk. Dan anda dapat melalukan perawatan yang tepat serta selalu berupaya untuk menjaga kesegaran kulit dapat menjadikan anda selalu tampil cantik dan mempesona.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top