Info Kedokteran

Fakta Gula Memicu Penyakit Mematikan

Dewasa ini, gula seolah menjadi salah satu kebutuhan paling penting di kehidupan sehari-hari. Dalam membuat minuman, kita menggunakan gula untuk mendapatkan rasa manis yang menyegarkan. Selain itu, dalam membuat makanan atau memasak, gula juga sering ditambahkan untuk membuat cita rasa yang lebih enak dari masakan yang hendak kita hidangkan. Tentu banyak dari kita yang tahu tentang beberapa efek samping dari konsumsi gula yang berlebih. Namun faktanya, orang-orang seolah abai dan tidak memperhatikan pola konsumsi gula harian mereka. Nah, berikut, kita akan membahas beberapa hal terkait fakta gula memicu penyakit mematikan yang harus Anda perhatikan agar Anda bisa menjaga konsumsi gula harian Anda dalam batas yang normal. Coba simak beberapa paparan singkat di bawah ini dan temukan jawaban kenapa gula sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Fakta Gula Memicu Penyakit Mematikan.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Meningkatkan resiko pikun

Pikun merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat mengganggu. Pikun atau berkurangnya kekuatan daya ingat tentu akan sangat merepotkan saat kita hendal melakukan aktivitas sehari-hari. Biasanya, gangguan kesehatan ini identic dengan usia seseorang yang mulai menua. Orang yang sudah tua biasanya dianggap wajar jika ia pikun. Namun, dalam kasus tertentu ada beberapa orang yang masih muda sudah mengalami gangguan yang satu ini. Ternyata, meningkatnya resiko pikun ini salah satunya dipengaruhi oleh konsumsi gula yang berlebih. Mengkonsumsi gula secara berlebihan akan memicu resistan insulin yang secara langsung akan melemahkan fungsi otak sehingga seseorang akan lebih mudah lupa. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan otak Anda.

  1. Meningkatkan dampak tembakau

Salah satu alasan kenapa rokok sangat dilarang adalah karena dalam prosesnya ternyata industri ini menggunakan gula sebagai salah satu bahan pembuatannya. Ya, gula merupakan bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam tembakau saat membuat batang rokok. Penambahan gula ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa dan juga efek tembakau yang hendak dihirup oleh perokok. Rasa tembakau yang ditambahi gula menurut para perokok tentu akan menjadi semakin nikmat dan juga kental. Namun, sebenarnya, campuran bahan ini membuat tembakau menjadi lebih berbahaya dan tentu saja efeknya bagi paru-paru akan semakin buruk. Ia tidak hanya akan menyakiti paru-paru tetapi juga memberikan efek candu yang lebih besar.

  1. Meningkatkan resiko kanker

Hal lain yang berkaitan dengan efek buruk dari gula terutama saat Anda mengkonsumsinya dengan berlebihan sehari-hari adalah ia dapat meningkatkan resiko kanker. Kita tentu tahu bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan efeknya dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa. Lantas, apa hubungan kanker dengan gula? Konsumsi gula yang berlebih akan membuat seseorang menjadi lebih kebal terhadap insulin. Kondisi ini tentu saja buruk karena hormone insulin merupakan salah satu hormone yang di produksi di dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker yang berbahaya. Dengan tubuh yang menjadi lambat dalam merespon dan memproduksi insulin, tentu saja gangguan dan resiko kanker dapat menjadi semakin besar dan berbahaya.

  1. Berpotensi kecanduan

Efek buruk dari gula yang juga harus Anda perhatikan adalah dapat menyebabkan kecanduan. Telah disinggung sebelumnya bahwa gula yang ditambahkan dalam minuman dapat membuat minuman menjadi lebih manis dan juga menyegarkan. Selain itu, adanya kandungan gula dalam suatu minuman juga akan membuat si peminum menjadi lebih senang dan bahagia. Hal ini karena gula membantu produksi hormone yang menenangkan. Namun, efek buruknya adalah seseorang akan cenderung mencari minuman yang mengandung gula dan bisa saja mereka terlihat lesu jika mengkonsumsi minuman tanpa gula. Padahal, dalam konsumsi harian kita harus mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas. Kecanduan gula dapat berefek khusus pada meningkatnya resiko diabetes.

  1. Memicu penyakit jantung

Kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting yang harus senantiasa kita jaga. Jantung adalah organ pemompa darah ke seluruh tubuh yang tentu saja akan mengoptimalkan kesehatan tubuh kita secara umum. Nah, perlu Anda tahu bahwa konsumsi gula yang terlalu banyak setiap hari dapat berefek buruk pada jantung. Gula yang dikonsumsi secara terus menerus dengan jumlah melebihi ambang normal dapat memicu penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena kandungan gula akan merangsang saraf dan meningkatkan detak jantung. Meskipun memberikan efek senang sebagaimana dibahas di atas, gula juga dapat membuat jantung berdebar lebih cepat.

Beberapa fakta di atas terkait gula yang ternyata dapat memicu beberapa penyakit yang berbahaya tentu harus menjadi perhatian khusus bagi Anda. Gula yang kini dikonsumsi setiap hari tentu saja harus dimulai dibatasi sesuai dengan batas normalnya. Selain itu, telah banyak produk gula organic yang dibuat dengan bahan yang relative aman. Gula jenis ini dapat digunakan sebagai alternative untuk mengurangi dampak buruk sebagaimana dijelaskan di beberapa poin di atas. Batasi konsumsi gula dalam konsumsi harian Anda serta beralihlah ke pola hidup yang lebih baik demi tubuh yang lebih sehat dan juga kuat. Bila sulit untuk membatasi jumlah konsumsi gula, Anda sebaiknya mencari alternative lain demi kesehatan dan terhindar dari penyakit mematikan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top