Makanan Kesehatan

Fakta Dan Hoax Memanaskan Makanan

Memanaskan makanan memang menjadi salah satu opsi yang mungkin saja akan Anda ambil saat Anda memiliki sisa makanan dan sayang untuk membuangnya. Tentu, ketika Anda memasak makanan favorite Anda dengan porsi yang cukup banyak dan tidak habis, dengan memanaskannya Anda dapat menikmatinya lagi dengan rasa yang masih nikmat. Namun, di lingkungan masyarakat, tersebar fakta dan hoax memanaskan makanan yang menarik untuk disimak. Ada sebagian orang yang menganggap memanaskan makanan adalah hal yang biasa saja. Mereka tidak berpikir tentang kandungan di dalam makanan tersebut. Namun, ada juga yang berpikir bahwa tidak semua jenis makanan bisa dipanaskan. Faktanya memang demikian. Ada beberapa makanan yang bisa dipanaskan dan ada pula yang tidak. Beberapa makanan cukup berbahaya untuk dipanaskan ulang karena senyawa yang ada di dalam makanan tersebut dapat berubah menjadi racun. Tentu saja hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ulasannya.

Fakta Dan Hoax Memanaskan Makanan.2

Sponsor : perawatan wajah

  1. Olahan ayam

Salah satu makanan yang bisa dipanaskan dan aman untuk dikonsumsi ulang adalah olahan ayam. Olahan ayam, seperti ayam goreng, ayam kecap, dan lainnya merupakan makanan yang dapat dipanaskan ulang dan dikonsumsi lagi dengan baik. Olahan ayam mengandung beberapa manfaat yang cukup besar, seperti protein dan mineral yang tentu akan membantu menyehatkan tubuh Anda secara umum. Selain itu, daging ayam memiliki serat yang cukup kuat sehingga mampu menjaga senyawa yang terkandung di dalamnya tidak rusak meskipun di panaskan ulang. Namun, tentu saja, Anda tetap tidak boleh memanaskannya berulang-ulang. Olahan ayam dapat dipanaskan sekitar 2 hingga 3 kali saja. Selebihnya, sebaiknya Anda tidak memanaskannya lagi karena serat daging ayam sudah rusak.

  1. Daging kambing

Makanan lain yang aman dan bisa dipanaskan beberapa kali untuk dikonsumsi ulang adalah daging kambing. Menikmati hidangan kambing bersama keluarga tentu menjadi salah satu momen yang spesial. Namun, seringkali kita memasak daging kambing dengan porsi yang besar dan tidak langsung habis. Nah, daging kambing ini memiliki serat yang juga kuat sehingga dapat menahan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, seperti kalsium, protein, dan kalori. Meskipun daging kambing bisa di panaskan berulang-ulang, namun Anda juga harus berhati-hati jika memasak daging kambing dengan kuah santan karena santan termasuk bahan makanan yang kurang baik jika dipanaskan ulang dan akan mengkontaminasi daging kambing.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang favorite di kalangan ibu rumah tangga. Bayam dapat menjadi salah satu alternative terbaik sebagai sayuran yang bisa memenuhi asupan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam kandungannya, bayam memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi dan juga protein untuk menstabilkan metabolisme tubuh. Namun, memanaskan sayur bayam untuk dikonsumsi ulang adalah hal yang keliru. Jika sayur bayam dipanaskan ulang, nitrat yang terkandung dalam bayam akan berubah menjadi asam nitrat yang berbahaya. Asam nitrat adalah senyawa karsiogenik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker tanpa kita sadari.

  1. Kentang

Sebagai salah satu pemenuhan karbohidrat harian untuk mendapatkan energi yang lebih, kentang biasanya menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan mengkonsumsi kentang, metabolisme tubuh akan meningkat dan cenderung stabil sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga. Namun, di sisi lain, kentang dapat menjadi musuh bagi kesehatan tubuh jika di panaskan berulang kali. Kentang yang dipanaskan beberapa kali akan kehilangan nutrisinya. Tidak hanya itu, proses oksidasi yang terjadi saat memanaskan kentang dapat mengubah glukosa di dalam kentang menjadi racun yang akan berdampak buruk pada tubuh dan dapat menyebabkan gangguan hormone serta diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasak kentang dengan porsi yang cukup untuk sekali makan saja.

  1. Telur

Dalam menu konsumsi harian, telur merupakan salah satu variasi terbaik yang seringkali dihidangkan. Kandungan protein yang tinggi pada telur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang tentu saja akan sangat baik jika dipenuhi. Telur juga merupakan bahan makanan yang mudah dimasak dengan beraneka variasi juga bahan tambahan. Namun, di sisi lain, telur merupakan bahan makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang. Hal ini karena protein yang ada di dalam telur akan berubah menjadi zat asam yang berbahaya bagi tubuh dan seringkali, telur akan berubah bau dan rasa saat dipanaskan ulang.

Dari beberapa hal di atas, kita dapat melihat bahwa memang ada beberapa bahan makanan yang bisa dipanaskan ulang serta yang tidak. Tentu saja, memperhatikan hal ini adalah salah satu hal yang cukup penting karena jenis konsumsi yang tepat dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh setiap hari. Namun, adanya beberapa bahan makanan yang dapat berubah menjadi racun saat dipanaskan tentu juga harus menjadi perhatian khusus bagi Anda. Solusi yang bisa diterapkan adalah membiasakan diri untuk memasak dengan porsi sekali makan. Meskipun ada beberapa jenis makanan yang bisa dipanaskan ulang, namun menghidangkan makanan dengan kondisi yang lebih fresh tentu saja lebih baik. Bila terpaksa harus memanaskan ulang makanan, cobalah untuk memasak makanan yang tidak berbahaya untuk kesehatan misalnya saja beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top