Parenting Info

Efek Negatif Gadget Pada Anak

Gadget menjadi salah satu kebutuhan yang saat ini juga sudah bisa digunakan dan dinikmati oleh anak-anak. Mulai dari usia 5 tahun saja, sudah banyak juga anak-anak yang mahir dan melek akan perkembangan teknologi. Banyak orang tua yang mengatas namakan belajar dengan gadget atau untuk membuat anak tidak rewel, padahal sebenarnya ada banyak sekali Efek Negatif Gadget Pada Anak jika dibiarkan dan membuat anak kecanduan.
Efek Negatif Gadget Pada Anak

Sponsored by: cream perawatan wajah

Ada berbagai efek negatif yang bisa dirasakan oleh anak ketika ia harus terus menerus bermain gadget. Efek buruk ini bisa saja dirasakan anak dalam jangka waktu yang pendek tetapi bisa juga dirasakan setelah beberapa waktu setelah anak menggunakan gadget terlalu lama dan terlalu sering. Dengan berbagai dampak negatif seperti dibawah ini maka sangat penting bagi orang tua untuk mengurangi dampak tersebutdengan memberikan gadget seperlunya untuk anak.

1. Susah Tidur

Membiarkan anak bermain gadget terutama pada saat malam hari akan sangat berpengaruh dengan kondisi dan waktu tidur anak. Gadget memiliki cahaya blue light dimana cahaya ini akan memberikan penerangan layaknya pada saat siang hari. Cahaya inilah yang akan menyebabkan anak menjadi susah tidur karena sinyal yang disampaikan otak akan membuat otak bekerja layaknya seperti pada saat siang hari. Oleh karena itulah sebaiknya jauhkan anak dari segala macam gadget pada saat malam hari khususnya pada waktu 1-3 jam sebelum anak tidur. Ajak saja anak untuk membaca ataupun menceritakan cerita dongen yang sangat bermanfaat untuk anak nantinya.

2. Terpapar Radiasi

Perlu diakui jika memang gadget memiliki radiasi yang bisa saja sangat membahayakan bagi anak jika dibiarkan digunakan secara terus menerus. Hal ini bahkan juga sudah dikuatkan dengan berbagai penelitian yang menunjukan jika gadget memang memiliki radiasi sehingga sangat berbahaya untuk mata dan juga kesehatan anak. Anak terutama yang masih berusia dibawah 10 tahun memiliki tengkorak dengan ukuran yang tipis sehingga akan sangat mudah untuk terpapar radiasi terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Radiasi yang diterima secara terus menerus juga akan sangat berpengaruh buruk karena akan menghancurkan sel otak.

4. Obesitas

Anak yang sudah menggunakan gadget sejak ia berusia dini juga bisa beresiko untuk terkena obesitas. Hal ini dikarenakan anak harus secara terus menerus mengambil posisi duduk dan bermain seharian dengan gadgetnya. Ia asyik sendiri didepan gadget dengan duduk hingga waktu berjam-jam dan bahkan ada juga hingga mengambil waktu hingga seharian penuh tanpa melakukan aktivitas lain. Dengan duduk secara terus menerus akan membuat kalori dalam tubuh mengendap hingga menjadi lemak. Kemudian hal ini akan membuat anak memiliki tubuh yang tidak terkontrol dan membuatnya menjadi menumpuk kalori hingga obesitas.

5. Nyeri / Sakit

Anak yang terlalu lama menghabiskan waktu untuk bermain gadget juga akan membuat anak mengalami kesakitan untuk beberapa bagian tubuh tertentu. Bagian tubuh seperti bagian leher, bahu, punggung, tangan dan juga jari menjadi bagian tubuh yang lama kelamaan pasti akan mengalami sakit dan juga merasa pegal. Anda sebaiknya mengajarkan anak untuk bisa mengambil posisi yang tepat dan juga jangan sering-sering untuk beristirahat ketika seharian penuh bermain gadget. Ajarkan anak untuk mengambil posisi yang tepat seperti posisi gadget yang pas pada bagian mata. Hal ini akan menjauhkan anak dari rasa sakit dan pegal pada bagian tubuhnya.

6. Kecanduan

Hal yang sangat membahayakan ketika anak terus menerus bermain gadget tanpa bisa untuk dibendung adalah anak akan menjadi sangat kecandungan dengan gadget. Saat bermain gadget ia bisa menemukan segala hal yang ia sukai. Ia juga bisa masuk ke dalam dunianya sendiri sehingga ia akan merasa lebih senang untuk bermain dengan gadgetnya dibandingkan dengan bermain ataupun bersosialisasi dengan teman-temannya. Hal ini tentu akan sangat buruk karena anak tidak bisa terlepas dari kebutuhannya akan gadget sehingga ia lebih mementingkan untuk menggunakan gadgetnya dibandingkan dengan bermain diluar.

7. Menjadi Pelupa

Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat akan membuat Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dengan lebih cepat. Begitu juga dengan berbagai informasi dan juga berita yang akan diterima oleh anak juga bisa diterima dengan cepat. Proses informasi yang ia dapatkan dengan cepat ini akan membuat dirinya menjadi memiliki informasi dengan terlalu cepat hingga ia tidak memiliki kesempatan untuk berkonsentrasi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan anak menjadi pribadi yang lebih cepat untuk lupa dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Apa yang ia dapatkan juga akan menjadi lebih cepat untuk ia lupakan seperti pada saat ia menerima segala informasi dari gadget yang ia miliki.

8. Ganggunan Pada Mata

Bagian mata pada anak juga menjadi salah satu efek buruk yang bisa dialami oleh anak. Sinar radiasi yang ia terima secara terus menerus lama kelamaan akan membuatnya menjadi sangat terganggu dan bahkan bisa menyebabkan iritasi mata. Matanya akan menjadi memerah dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan mata anak menjadi minus.

Berbagai dampak negatif diatas tentu akan menyebakan dampak yang buruk dalam jangka waktu yang lama. Anak boleh saja untuk diperkenallkan dengan berbagai teknologi dan juga gadget, tetapi jangan sampai anak menjadi kecanduan karena nantinya sangat buruk untuk kesehatan anak. Wajibkan untuk anak untuk beristirahat ketika ia sedang sibuk untuk bermain gadget.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top