Info Kedokteran

Efek Menggunakan Antibiotik Berlebih

Anda tentu sudah sangat familiar dengan antibiotik. Ya, antibiotik merupakan salah satu obat yang paling sering di berikan oleh dokter pada pasiennya. Obat ini merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi dan penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus maupun bakteri. Selain itu, perlu diketahui bahwa beberapa jenis antibiotik juga memiliki reaksi yang baik untuk mengatasi racun dan jamur. Adanya antibiotik ini memang memberikan beragam manfaat untuk Anda yang memiliki beberapa gangguan kesehatan. Antibiotik yang ada akan efektif meringankan penyakit Anda dalam waktu yang cukup cepat. Selain itu, antibiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara umum. Namun, Anda perlu waspada karena penggunaan antibiotik dalam waktu yang cenderung lama dengan jumlah berlebihan akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini kita akan membahas beberapa hal terkait efek menggunakan antibiotik berlebih yang harus Anda perhatikan demi kesehatan tubuh. Apa saja efek buruk dari antibiotik? Berikut paparan selengkapnya.

Efek Menggunakan Antibiotik Berlebih.2

Sponsor : perawatan wajah terbaik

  1. Mengganggu kekebalan tubuh

Telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu manfaat dari penggunaan antibiotik adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh secara umum. Namun, penggunaan antibiotik yang berlebihan memiliki dampak cukup besar bagi kekebalan tubuh itu sendiri. Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi antibiotik akan tergantung pada penggunaan obat ini terutama saat ia merasa tidak enak badan. Hasilnya adalah seseorang yang sudah terbiasa mengkonsumsi obat ini cenderung akan lebih mudah terkena beragam jenis penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus dan bakteri saat ia tidak mengkonsumsi antibiotik. Ketergantungan ini tentu sangat berbahaya pada kondisi kesehatan Anda.

  1. Infeksi pada organ intim

Efek buruk lain dari penggunaan antibiotik yang terlalu lama dan dengan jumlah yang berlebihan adalah terjadinya infeksi pada organ intim. Infeksi pada organ intim ini cenderung lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Lantas, bagaimana infeksi yang terjadi pada organ intim tersebut? Konsumsi antibiotik terlalu lama akan menyebabkan organ intim wanita merespon dengan buruk. Awalnya, konsumsi antibiotik secara berlebihan akan membuat hormone wanita menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan yang terjadi pada hormone ini akan berdampak pada terjadinya infeksi di organ intim wanita. Beberapa infeksi organ intim yang bisa saja terjadi diantaranya adalah gangguan keputihan, gatal-gatal di area organ intim, munculnya cairan dan juga bau kurang sedap pada area sekitar vagina. Tentu kondisi ini akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.

  1. Gangguan pencernaan

Akibat lain yang ditimbulkan oleh penggunaan antibiotik dalam kurun waktu yang lama dan berlebihan adalah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ya, kita tahu bahwa saluran pencernaan merupakan salah satu organ tubuh yang cukup sensitive dan riskan terjadi masalah akibat salah konsumsi. Konsumsi antibiotik terlalu lama dapat menyebabkan beberapa masalah pada organ pencernaan, seperi mual, kembung, kram perut, dan juga diare. Selain itu, penggunaan antibiotik juga dapat mengganggu perkembangan jamur baik di dalam usus halus yang akan membuat penyerapan nutrisi tubuh menjadi kurang baik dan tidak maksimal. Hal inilah yang menjadi sebab tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit ketika tidak mengkonsumsi antibiotik.

  1. Meningkatkan resiko alergi

Meningkatnya resiko alergi merupakan salah satu dampak buruk dari penggunaan antibiotik dalam waktu yang lama dengan jumlah yang terlalu banyak. Kandungan antibiotik yang mengendap terlalu banyak di tubuh akan membuat tubuh kehilangan keseimbangan. Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit yang sensitive, ketidakseimbangan yang terjadi di dalam tubuh tersebut dapat berefek pada timbulnya alergi. Alergi ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh, terutama kulit, seperti lengan, leher, dan juga punggung. Pada kasus yang lain, konsumsi antibiotik secara berlebihan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut dan sakit tenggorokan. Gangguan ini tentu juga akan menurunkan kesehatan Anda secara umum. Pada anak-anak, antibotik dapat membuat anak kekurangan manfaat vitamin K.

  1. Membuat jantung berdebar

Kita tentu tahu bahwa jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dan menopang kehidupan kita. Nah, oleh karena itu, untuk Anda yang sering mengkonsumsi antibiotik secara berlebihan, Anda harus memperhatikan hal ini. Salah satu dampak buruk dari penggunaan antibiotik yang berlebihan adalah dapat menurunkan kesehatan jantung. Jantung akan berdebar lebih kencang sebagai reaksi atas masuknya zat-zat yang dibawa antibiotik ke dalam tubuh. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan karena resiko penyakit jantung juga akan cenderung meningkat. Jantung yang berdebar akan berefek pada timbulnya rasa cemas yang luar biasa dan seringkali dibarengi dengan adanya sakit kepala hebat yang melanda.

Beberapa dampak negative dari penggunaan antibiotik secara berlebihan sebagaimana dijelaskan di awal tentu dapat dijadikan rambu-rambu bagi Anda yang belum terlanjur mengkonsumsinya. Antibiotik memang merupakan salah satu obat yang bisa meringankan beberapa penyakit yang Anda derita. Namun, seyogyanya Anda mengkonsumsi antibiotik seperlunya saja untuk menjaga tubuh agar tidak terkena beberapa dampak buruk dari obat ini. Akan lebih baik jika Anda selalu menyertakan resep dokter saat mengkonsumsinya. Resep yang diberikan dari dokter Anda tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan diri Anda sendiri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top