Makanan Kesehatan

Donat Kentang Sehat Untuk Sajian Berbuka Puasa

Donat Kentang Sehat Untuk Sajian Berbuka Puasa

Dibalik rasanya yang enak dan tampilannya menggoda selera, siapa sangka jika donat kentang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Donat kentang bisa dikreasikan dengan berbagai cara memasak baik digoreng, direbus, atau dipanggang, rasanya tetap enak. Tahukan Anda jika donat kentang bisa dijadikan makanan penawar racun alami asam yang berlebihan (asidosis)? Untuk lebih jelasnya, ini dia manfaat dan hasil kreasi dari donat kentang sehat untuk sajian berbuka puasa bisa Anda coba

Sponsor: perawatan wajah

Bahan yang banyak berperan dalam membantu menjaga kesehatan adalah kentang. Bahan baku donat yang berasal dari kentang ternyata berguna untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Kentang mengandung garam alkali yakni unsur basa paling kuat dalam kentang dan berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh kita.

Khasiat donat kentang antara lain adalam terdapatnya sumber potassium, vitamin C, karbohidrat kompleks dan serat. Kentang mampu menjadi penawar dalam melawan tekanan darah. Tak hanya itu, kandungan alami vitamin B1, B2 dan B3 ditambah sedikit zat besi dan protein sanagt penting dan dibutuhkan tubuh untuk menjaga metabolisme. Kandungan potassium dan fiber kada kentang jauh lebih tinggi dibanding pisang. Kentang hanya mengandung lemak 25%, yang bisa membantu menghalangi adanya endapan kolesterol pada lapusan pembulu saluran darah. Kentang juga cocok bagi mereka yang mengalami kekurangan zat gula, sumber terbaik pembentukan zat besi dan kalsiumnya yang tinggi baik untuk tulang kuat.

Donat Kentang Sehat Untuk Sajian Berbuka Puasa

Resep donat kentang untuk buka puasa Donat Glaze:

Resep nikmat donat kentang ini adalah donat glaze. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat. Tak butuh waktu lama untuk menyiapkan kudapan ini selama puasa. Pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahannya berupa 500 gram tepung terigu dengan protein tinggi, 200 gram kentang yang sudah dikukus terlebih, haluskan dan dinginkan. Kemudian siapkan 75 gram mentega, 11 gram ragi instan, 50 gram susu bubuk, 100 gr gula kastor, 1/4 sdt garam, 4 buah kuning telur, dan terakhir 100 ml air dingin.

Cara membuat:

Untuk bisa menyajikan donat glaze dengan bahan kentang, langkah mesti dilakukan pertama adalah mencampurkan bahan berupa tepung terigu yang telah ditambahkan dengan gula halus, susu bubuk serta ragi. Selanjutnya aduk adonan hingga rata. Tahap berikutnya adalah memasukkan kuning telur dan kentang halus secara bersamaan. Masukkan air dingin secara perlahan sambil adonan diuleni hingga kalis.

Selanjutnya tambahkan mentega, garam dan uleni ulang sampai adonan benar-benar menjadi kalis dan elastis atau mudah dibentuk. Jika sudah tercipta tekstur yang diinginkan, letakkah adonan di tempat bersuhu sedang dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika perlu tutup adonan dengan serbet supaya adonan tidak mudah kering.

Langkah menuju penggorengan yakni dengan ambil adonan lalu kempeskan dan bentuk menjadi bulatan donat. Bila perlu bisa gunakan alat untuk mencetak donat. Diamkan kembali adonan selama 30 menit. Jika sudah selesai, siapkan wajan berisi minyak dan panaskan dengan api kecil. Masak adonan donat hingga warnanya berubah kuning kecoklatan. Selesai, angkat dan sajikan dengan taburan gula secukupnya. Donat sehat untuk berbuka siap disantap.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top