Manfaat Tanaman

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar?

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

Setelah banyak digunakan sebagai menu makanan untuk orang yang menjalani program penurunan berat badan, ternyata manfaat brokoli untuk diet memang dijamin ampuh. Brokoli termasuk sayuran yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah dan lemaknya sangat baik bagi kesehatan. Dari sekian banyak manfaat brokoli, sayuran hijau ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi. Bahkan brokoli dapat disajikan dalam bentuk aneka menu seperti sup, jus, brokoli kukus, tumis brokoli, hingga puding brokoli.

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

Sponsor: pemutih wajah

Kandungan Nutrisi Brokoli

Brokoli sangat kaya akan serat yang bisa membantu menyerap lemak serta gula ketika mengkonsumsi makanan. Brokoli memiliki zat antioksidan yang dapat membersihkan racun atau detok alami tubuh terutama usus. Meski brokoli adalah tanaman hijau, tetapi juga memiliki vitamin C yang baik untuk sistem imun. Vitamin lainnya adalah vitamin A dan B kompleks (B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6,) yang berperan mengatur keseimbangan metabolisme tubuh. Karena begitu besar perannya dalam menjaga berat badan, maka brokoli memiliki kalori cukup rendah yakni hanya sekitar 30 kkl per 100 gramnya.

Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa memenuhi nilai gizi harian. Selain bagus untuk diet yang sehat, gizi lainnya dari brokoli selain yang sudah disebutkan yakni mengandung karbohidrat, mineral berupa kalsium, kalium, fosfor, potassium, zinc, besimagnesium, manga dan triptofan. Terdapat pula asam lemak omega 3 dan tidak mengandung kolesterol.

Tak hanya sumber serat terbaik, asam folatnya berperan baik bagi kesehatah ibu hamil dan janin. Sementara itu vitamin K pada brokoli berperan untuk memasok kebutuhan vitamin ini dan kekuatan tulang dan darah. Dengan melihat sejumlah kandungan brokoli yang begitu banyak, pantas saja jika brokoli memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesehatan, kecantika, mengobati penyakit hingga diet.

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

Manfaat Brokoli untuk Diet Sehat

  • Rendah kalori. Brokoli adalah sayuran hijau yang hampir tidak memiliki kalori sehingga aman untuk dikonsumi bagi mereka yang ingin diet. Kalorinya pun hanya sekitar 30 an kalori setiap 100 gram.
  • Menormalkan kadar gula darah. Kadar gula dalam tubuh yang begitu banyak bisa membuat lemak sulit terbakar. Dan brokoli dapat membantu membakar kalori dan lemak lebih banyak sebab manfaat brokoli yang akan menetralkan gula dalam darah.
  • Menurunkan kolesterol. Brokoli adalah sumber lemak sehat dan serat yang baik, bisa menyerap kolesterol jahat dengan baik. Sehingga brokoli baik untuk menurunkan berat badan yang baik akibat kolesterol penyebab tumbukan lemak muncul di lapisan kulit.
  • Mengandung banyak serat. Yah, meski terlihat bukan sayuran yang kaya air, namun brokoli pas untuk menjaga sistem pencernaan karena kaya serat. Serat pada brokoli juga bisa membantu perut kenyang lebih lama sehingga porsi makan pun bisa dikontrol bahkan dikurangi.
  • Membantu menurunkan berat badan. Brokoli bisa disebut superfood yang bisa menjadi pendukung menu diet berkat adanya vitamin dan juga mineral serta rendahnya lemak dan kalori pada brokoli.
  • Mencegah penyakit jantung. Saat tubuh mengalami obesitas, hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya serangan jantung. Brokoli memiliki sifat yang membantu menjaga kolesterol sehat sehingga mencegah penyakit jantung koroner.
  • Menjaga dan memperlancar sistem pencernaan. Sistem pencernaan juga bagian terpenting dalam tubuh kita. Pencernaan yang sehat menjadi tanda bahwa tubuh juga akan sehat. Antioksidan dan serat adalah sumber detok untuk organ pencernaan yang bisa didapat dari mengonsumsi brokoli.
  • Mengontrol tekanan darah. Obesitas juga bisa jadi masalah yang serius penyebab tekanan darah naik. Untuk membantu mengontrolnya, konsumsi brokoli bisa jadi pilihan. Tekanan darah yang sehat juga jadi indikasi berat badan yang idel.

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

Cara Memasak Brokoli Untuk Resep Diet

Untuk bisa mengolah brokoli jadi menu makanan sehat, Anda butuh resep yang tepat dan cara mengolah yang benar. Berikut ini ada beberapa cara memasak brokoli yang sehat agar tetap enak dan pastinya sehat untuk diet.

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

  •  Brokoli Rebus

Memasak brokoli dengan cara direbus bisa memberi aroma sayur yang khas. Metode memasak brokoli ini akan membuat tekstur brokoli yang lebih lembut dan mudah dimakan. Caranya cukup mudah, siapkan brokoli segar yang sudah dicuci bersih, iris atau potong kecil sesuai selera. Siapkan panci lalu beri air secukupnya. Masukkan potongan brokoli ke dalam wadah tersebut, lalu tambah sedikit garam supaya rasanya tidak hambar. Rebus brokoli hingga matang dan empuk lalu angkat. Brokoli siap disantap langsung atau bisa masukkan ke dalam air dingin agar teksturnya lebih renyah dan enak.

Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

  • Brokoli Panggang

Memanggang brokoli bisa jadi cara mudah untuk menikmatinya dengan citarasa berbeda dari direbus. Belum lagi jika ditambah dengan bahan lain seperti tomat, paprika dan daging maka brokoli akan lebih lezat. Anda bisa memanggang brokoli diatas bara api. Biar lebih praktis masukkan brokoli segar ke dalam oven lalu panggang selama 20 menitan dengan suhu 220 derajat celcius supaya warnanya berubah jadi kecoklatan.

       Diet Mudah Dengan Brokoli, Diklaim Sebagai Sumber Terbaik Serat. Apa Benar

  • Brokoli Kukus

Cara paling mudah memasak brokoli adalah dikukus. Hanya butuh waktu selama 4-5 menit saja brokoli sudah cepat matang dan siap dinikmati. Pertama siapkan wadah untuk mengukus brokoli, masukkan air dan tempat saringan. Letakkan brokoli diatas saringan dan tutup panci sambil nyalakan api sedang.

Itulah manfaat brokoli, si sayuran hijau untuk menurunkan berat badan. Meski brokoli bisa menjadi bahan makanan untuk diet, bukan berarti Anda harus mengkonsumsinya tanpa sumber sehat lainnya. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin agar diet bisa lebih maksimal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top