Manfaat Tanaman

Dibalik Manfaat Daun Cincau Yang Sering Dijadikan Menu Takjil

Manfaat Daun Cincau Yang Cocok Untuk Menu Takjil

Ada rahasia dibalik manfaat daun cincau yang sering dijadikan menu takjil. Salah satu jenis minuman yang identik dengan bulan puasa dan berbuka. Cincau memang sering kali manjadi bahan campuran pada minuman yang dingin, manis, dan menyegarkan. Tidak heran jika banyak orang yang menjajakan cincau sebagai menu takjil selama bulan puasa ini hampir di seluruh pelosok negeri. Namun banyak yang tidak tahu jika cincau yang selama ini hanya dikenal sebagai bahan campuran es saja ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun cincau yang cocok untuk menu takjil yang bisa Anda pakai untuk mengobati segala penyakit.

Sponsor: cream pemutih wajah

Manfaat Daun Cincau Yang Cocok Untuk Menu Takjil

  • Obat Untuk Mengatasi Demam

Manfaat dari daun cincau yang pertama adalah dapat dipergunakan sebagai obat alternative untuk mengatasi demam. Sakit demam yang biasanya membuat panas tubuh manjadi meningkat haruslah segera disembuhkan. Hal ini karena ddaun cincau banyak mengandung senyawa kimia saponin serta antioksidan di dalamnya yang berperan untuk mengatasi demam. Cara menggunakannya sangat mudah cukup dengan merebus daun cincau tersebut dan segera meminumnya selagi masih hangat.

  • Obat Diabetes Melitus

Selain mengatasi demam daun cincau juga ampuh dipergunakan sebagai obat penyakit diabetes atau gula darah. Diabetes atau penyakit gula merupaka penyakit mematikan yang bisa merusak hampir sebagian organ penting dalam tubuh. Manfaat cincau bisa atasi diabetes karena daun cincau mengandung senyawa bisbenziklosukoinolin dan klorofil. Kedua senyawa kimia tersebut berperan dan berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan membuatnya tetap stabil. Ketika kadar gula dalam darah terjaga maka nhormion insulin yang terdapat dipankreas akan lebih mudah untuk mengatur  kadar guilan dalam darah. Bagi pasien juga yang mengalami masalah diabetes ada baiknya bisa mencoba untuk mengkonsumsi obat alami dengan cara meminum air rebusan daun cincau.

  • Obat Radang Lambung

Daun cincau rebus juga berguna untuk mengobati masalah radang pada lambung. Radang lambung dapat terjadi karena lambung tengah mengalami masalah sehingga mengakibatkan lambung mengalami luka, nyeri parah hingga bengkak. Didalam daun cincau, terdapat senyawa alami yang berperan sebagai zat antioksidan dimana mampu membantu mengatasi radang pada lambung. Senyawa antioksidan cincau memiliki peran untuk memperkuat otot ata lapisan dinding pada lambung sehingga mampu mencegah bakteri penyebab radang. Selain itu, untuk mengatasi hal tersebut daun cincau hadir memberikan solusi, kandungan antioksidan berupa vitamin C yang akan bekerja membantu klorofil guna mengatasi lambung yang bermasalah.

  • Obat Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dialami oleh siapa saja dan paling umum terjadi di usia lanjut. Hipertensi bisa muncul karena beberapa sebab seperti gaya hidup, pola makan, dan penyakit. Daun concau juga mengandung senyawa yang bernama s-s tetandrin yaitu senyawa kimia yang berguna untuk mengibati hiopertensi dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darahpun menjadi lebih lancar. Apabila peredaran darah menjadi lancar berbagai penyakitpun dappat dicegah. Gunakan rebusan daun cincau untuk Anda gunakan sebagai obat herbal alami ringankan gejala hipertensi.

  • Obat Keracunan Seafood

Mengkonsumsi ikan laut atau berbagai olahan seafood memang nikmat. Sayangnya tidak semua orang bisa memakan daging ikan karena terkendalam masalah alergi. Selain alergi, ternyata makan daging ikan juga berpotensi mengalami keracunan baik karena kontaminasi bakteri atau zat berbahaya yang terbaya air laut. Oleh sebab itu, bagi Anda yang suka berbuka puasa dengan menu ikan laut atau seafood ada baiknya Anda perlu berhati-hati. Alih-alih mendapatkan makanan yang menyehatkan jika tidak terbiasa ada kamungkinan Anda dapat menderita keracunan karena makanan laut yang dikonsumsi. Apabila terlanjur mengalami keracunan makanan dapat menggunakan daun cincau sebagai obatnya. Caranya sangatlah mudah yakni cukup ambil beberapa lembar daun cincau, kemudian remas-remas hingga hancur lalu menyeduhnya dengan air hangat bersama dengan gula.

  • Mengatasi Masalah Otot

Ketika Anda sedang berpuasa dan malas untuk berolahraga yang terjadi adalah otot sering mengalami masalah, seperti kaku, nyeri, pegal linu, dan lain sebagainya. Keram otot bisa dialami oleh siapa saja termasuk mereka yang aktif bergerak.  Untuk mengatasi otot yang bermasalah dapat menggunakan daun cincau sebagai solusinya. Daun cincau mengandung senyawa kimia dimetil kurin-1 dimetoidida, yaitu sebuah senyawa kimia yang berguna untuk mengatasi permasalahan otot Anda. Untuk memanfaatkan daun cincau, langkah yang bisa dilakukan adalah menyediakan beberapa lembar daun cincau segar, kemudia cuci hingga bersih dan rebus daun cincau hingga layu dan airnya berubah warna. Terakhir angkat dan saring lalu rutin meminumnya dua hari sekali. Masalah otot kaku, linu atau linu bisa teratasi dengan cepat.

  • Obat Anti Inflamasi

Cincau yang sudah diolah baik dengan cara direbus atau dimasak ternyata menyimpang manfaat yaitu sebagai obat anti inflamasi. Di dalam daunnya sendiri terdapat senyawa kuat yaitu zat klorofil yang berperan sebagai zat yang bisa membantu meredakan peradangan akibat kuman dan bakteri. Daun cincau bisa digunakan sebagai obat luka sehingga lebih aman dipakai. Cara menggunakannnya cukup sederhana yakni tumbuh daun cincau dan beri sedikit garam. Oles daun yang sudah halus ke bagian kulit yang luka 3 kali sehari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top