Manfaat Tanaman

Daun Jarak Efektif Sembuhkan Cacar Air

Daun Jarak Efektif Sembuhkan Cacar Air

Apa benar daun jarak efektif sembuhkan cacar air? Secara sekilas cacar merupakan penyakit yang mudah menular yang ditandai dengan demam, pilek, dan tubuh lemah. Tak lama setelah itu akan muncul bintik-bintik merah area dada, perut, punggung, dan menyebar ke wajah dan bagian tubuh lainnya. Bintik merah itu lalu akan terisi air agau gelembung. Inilah yang disebut istilah cacar air.

Sponsor: cream perawatan wajah

Secara medis, cacar air disebut varisela, yang umumnya diderita oleh anak-anak usia 10 tahun ke bawah. Namun cacar air juga bisa menyerang orang dewasa dan gejala bisa lebih berat daripada anak-anak. Bahkan penyembuhannya juga cukup lama. Dan hampir semua orang yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi karena kekebalan tubuh sudah meningkat.

Cacar air yang disebabkan oleh varicella zoster ditandai dengan muncul ruam di kulit yang berubah jadi bintil merah berisi cairan yang rasanya gatal. Selanjutnya bintik tersbut akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Untuk pengobatan cacar air biasanya tidak harus dilakukan secara khusus. Karena tujuan daripada pengobatannya hanya untuk mengurangi gejala cacar. Pengobatan medis untuk cacar air umumnya hanya terdiri dari dua jenis yakni obat paracetamol yang berguba menurunkan demam, serta losion atau bedak kalamin untuk mengurangi rasa gatal di kulit. Sementara pengobatan alami juga bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan daun jarak pagar.

Kandungan nutrisis daun jarak pagar:

Daun jarak pagar kini tengah mengalami banyak pengembangan untuk obat herbal. Pada zaman dahulu saja, tanaman jarak sudah menjadi tanaman bermanfaat yang banyak diperebutkan oleh para penjajah. Jarak pagar adalah tanaman yang pohonnya sering berbuah tiap tahun. Jenis daun jarak ini umumnya hijau kekuningan, namun ada pula yang berwarna merah. Sama seperti tanaman herbal lainnya, jarak pagar menjadi tanaman penyembuh berbagai penyakit. Hal itu akibat adanya senyawa penting seperti kaempferol, quercetin, astragalin, dan nicotiflorin.

Cara mengobati cacar air dengan jarak pagar:

Sementara itu, untuk mengobati cacar air bisa dengan ramuan daun jarak. Hal yang mesti dipersiapkan adalah 5 lembar daun jarak dan air mentah secukupnya. Cara meraciknya dengan cuci hingga bersih lembaran daun jarak. Siapkan air dalam panci lalu masukkan daun jarak dan rebus hingga mendidih. Setelah itu angkat dan gunakan air rebusan daun jarak untuk mandi. Tambahkan air secukupnya hingga suhunya sedikit hangat. Gunakan air tersebut sebanyak 2 kali sehari hingga cacar air sedikit
mengering.

Itulah manfaat daun jarak atasi penyakit cacar air. Seperti kita tahu, daun jarak memang tak hanya untuk obat luar tetapi juga bisa diminum. Namun perlu diingat, minyak jarak sendiri memiliki reaksi kulit serta gangguan pencernaan yang bisa mempengaruhi usus kecil menjadi asam risinoleat yang bisa mengiritasi lapisan usus. Efek samping lainnya bisa menimbulkan masalah pada pencernaan, diare, dan gastrointestinal lainnya. Daun jarak memang bermanfaat namun tidak lebih dari pengamatan ilmiah. Jadi, gunakan dengan hati-hati untuk meminimalkan reaksi tak terduga terutama saat mengkonsumsinya.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top