Rambut ku

Dampak Sering Mencatok Rambut

Merapikan rambut dengan mencatok saat ini adalah cara yang sering dilakukan orang termasuk sebagian kaum wanita agar mereka dapat tampil cantik dan lebih percaya diri. Rambut yang megar (rambut singa) untuk sebagian besar wanita, hal tersebut cukup menganggu karena membuat penampilan menjadi tidak maksimal. oleh karena itu, banyak wanita berusaha mencoba merapikan rambutnya dengan mencatok rambutnya agar penampilan menjadi lebih sempurna. Tapi apakah anda tahu bahwa memaksakan diri untuk meluruskan rambut dengan cara dicatok adalah hal yang sangat berbahaya karena dapat merusak rambut. Apalagi bila sering melakukannya tanpa pelindung rambut atau vitamin rambut. Untuk anda yang terlalu sering mencatok rambut sebaiknya baca dahulu dampak negatif akibat sering mencatok yang sangat berbahaya yang akan berdampak buruk bagi rambut . Nah berikut kami akan membahas dampak sering mencatok rambut.

Dampak Sering Mencatok Rambut

sponsor: kezia skin expert.

Dampak Negatif Akibat Sering Mencatok

Rambut lurus dan rapih memang cantik dan menjadi impian banyak orang. Tetapi jika anda memang ditakdirkan dengan kondisi rambut keriting maka terimalah kondisi anda tersebut. Memaksakan agar rambut menjadi lurus dengan sering mencatok adalah kesalahan fatal. Hal ini akan menyebabkan rambut anda menjadi rusak dan akan berdampak lebih buruk. Banyak wanita yang tidak memikirkan bagaimana resiko yang akan didapat nantinya. Mereka lebih memperhatikan cara instan agar rambutnya lurus. Apalagi rambut yang sering terkena obat obat kimia dan alat pemanas yang berlebihan . Dalam jangka panjang ini akan membahayakan dan malah membuat rambut menjadi rusak.

Nah berikut adalah efek penggunaan alat alat pemanas yang sering digunakan untuk menata rambut yang membuat rambut menjadi rusak :

  1. Rambut Mudah Rontok

Pertama yang akan anda alami adalah rambut menjadi mudah rontok. Awalnya memang rambut terlihat indah namun dalam jangka panjang ini akan membuat rambut anda menjadi mudah rontok. Sangat disayangkan apabila rambut yang anda miliki awalnya lurus lalu kemudian menjadi botak karena anda sering melakukan perawatan catok . Apabila hanya ingin merapikan rambut cobalah dengan menggunakan vitamin rambut atau hair spray .

  1. Merusak Akar Rambut

Sering menggunakan alat pemanas pada rambut dapat merusak akar rambut. Bukan hanya bagian batang rambut saja yang akan rusak namun juga dapat merusak sampai ke akar rambut. Apabila hal ini sudah terjadi maka akan sulit untuk dinormalkan kembali.

  1. Rambut Kasar

Ternyata kandungan obat kimia yang kalian tambahkan dalam meluruskan rambut juga akan membuat rambut semakin kasar. Apalagi obat untuk meluruskan rambut seperti pada smoothing dan rebonding . Bukannya rambut halus yang akan anda dapatkan jika anda sering melakukan perawatan catok. Hal ini dikarenakan rasa panas yang disebabkan oleh catokan sehingga membuat rambut menjadi rusak dan kasar.

  1. Rambut Bercabang

Rambut yang sering dicatok juga akan menyebabkan kerusakan rambut yaitu bercabang . Jadi jika rambut tidak ingin bercabang sebaiknya jangan terlalu sering mencatok rambut. Mencatok rambut sekali-kali memang tidak masalah namun dalam jangka panjang ini dapat membuat rambut menjadi rusak dan tidak sehat. Untuk mengurangi kerusakan rambut bercabang anda bisa memotong ujung rambut .

  1. Rambut Kusam

Terakhir adalah membuat rambut menjadi tidak kemilau. Rambut anda akan terlihat tidak bercahaya apabila terlalu sering melakukan catok. Selain itu rambut akan terlihat kusam sehingga sangat tidak nyaman di pandang mata. Untuk mengatasinya cobalah dengan menggunakan hair lotion .

Itulah dampak negatif akibat sering mencatok rambut yang dapat membahayakan rambut anda. sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan jangan terlalu sering melakukan catok rambut. Gunakanlah bahan bahan alami untuk membantu merawat agar rambut tetap sehat dan rapih .

Berikut ada cara cara yang dapat anda lakukan dirumah untuk mengatasi rambut yang bermasalah akibat alat catokan saat mencatok rambut :

  1. Pilihlah alat catok rambut yang memiliki lapisan keramik dengan kualitas yang baik. Karena lapisan keramik memiliki daya hantar panas yang lebih rendah dan lebih aman digunakan untuk rambut anda dari pada alat catok rambut dengan lapisan besi .
  1. Saat melakukan pencatokan rambut, pastikan kondisi rambut harus dalam keadaan kering sebelum diluruskan. Jangan mencatok rambut saat rambut masih dalam keadaan basah atau lembab . Apabila menggunakan vitamin untuk melindungi dari panas alat catok sebaiknya tunggu beberapa menit sampai benar benar meresap .
  1. Hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Biarkan rambut kering secara alami, misalnya dengan handuk halus atau mengipasnya. Rambut yang terkena panas berulang-ulang akibat hair dryer dan alat catok rambut akan menambahkan beberapa masalah rambut hal tersebut membuat rambut bertambah rusak .
  1. Sebelum mulai meluruskan rambut atau bahkan hanya sekedar merapikan rambut, gunakan serum rambut yang berfungsi untuk melindungi lapisan rambut. Hal ini perlu dilakukan agar batang rambut terlindungi dari panas.
  1. Jangan menggerakan alat catok rambut di tengah bagian rambut yang sedang dicatok, karena itu bisa menyebabkan rambut mudah patah dan bercabang. Dan jangan terlalu lama pada satu bagian rambut saja .
  1. Yang lebih penting hindarilah kebiasaan untuk mencatok rambut setiap hari. Cukup lakukan beberapa hari sekali. Atau kalau bisa lakukan catok rambut hanya kalau benar-benar diperlukan.
1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top