Parenting Info

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih

Salah satu cara atau hal yang membuat bulan Ramadhan menjadi lebih menyenangkan adalah selalu mengajak anak untuk ikut shalat Tarawih. Selama bulan puasa ada berbagai kegiatan keagamaan dan juga ibadah yang bisa dikenalkan pada anak. Meskipun akan sedikit lebih sulit apalagi bagi anak yang baru pertama kali dikenalkan pada ibadah seperti shalat tarawih, namun hal ini tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dan Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih.

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih

Sponsored by: perawatan wajah

Saat mengajak anak untuk tarawih ada banyak hal yang kemudian bisa diajarkan pada anak. Terutama untuk shalat tarawih memang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk anak. Meskipun banyak juga yang beranggapan jika anak-anak yang masih usia terlalu dini belum boleh diajak ke masjid karena bisa mengganggu dari jamaah yang lain dan akan membuat suasana masjid menjadi tidak bagus lagi. Padahal sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan mengajak anak untuk beribadah shalat tarawih.

  1. Bisa Lebih Mudah Bersosialisasi

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 1

Hal pertama yang bisa didapatkan dengan mengajak anak untuk shalat tarawih pada saat bulan Ramadhan adalah anak bisa dengan lebih mudah untuk diajak bersosialisasi. Anak a kan bertemu dengan banyak orang ketika di masjid sehingga tidak akan membuat anak menjadi minder dan takut pada saat nanti ia juga akan bertemu dengan orang lain atau orang banyak. Hal ini juga akan membantu komunikasi dan sosialisasi antara anak dengan orang lain yang tentunya tidak akan membuat anak menjadi takut dengna orang lain.

  1. Melatih Disiplin

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 2

Saat tarawih ada waktu-waktu yang diatur secara teratur seperti waktu untuk shalat, waktu untuk istirahat hingga waktu untuk mendengarkan ceramah. Waktu ini dibatasi dan dalam jadwal tertentu yang harus membuat anak juga mengikuti setiap jadwal tersebut. Dengan adanya rentetan waktu ini tentu akan membuat anak bisa lebih disiplin terhadap waktu yang diberikannya. Ia tidak bisa bergerak semaunya sendiri sehingga harus membuat anak untuk disiplin terhadap waktu sebaik mungkin.

  1. Mengajarkan Bersedekah

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 3

Sholat tarawih ke masjid juga bisa membuat anak untuk bisa lebih suka untuk bersedekah. Disetiap masjid akan ada kotak amal atau infaq yang bisa menjadi satu sarana bagi anak untuk memberikan uang tambahan untuk masjid. Hal ini juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk anak asalkan orang tua juga bisa menjadikan bersedekah menjadi cara yang sangat menyenangkan. Dengan memberikan kebiasaan untuk berbagai dengan memasukan sedekah ke kotak amal maka akan membuat anak biasa untuk berbagai. Hingga nanti ia juga akan mulai untuk bisa bersedekah dengan lebih rutin dan memiliki jiwa berbagai terhadap sesama.

  1. Menambah Banyak Teman

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 6

Dengan mengajak anak ke Masjid dan bertemu dengan teman-teman lainnya akan membuat anak menjadi tambah teman. Cara ini juga bisa menjadi cara untuk anak bisa berbagai dan bergaul dengan anak-anak yang baik dan tidak salah pergaulan. Menambah teman pastinya juga akan menambah ruang lingkup pergaulannya yang menjadi lebih baik dan membuatnya menjadi lebih baik lagi. Ia pun juga akan membuat dirinya menjadi terbuka terhadap orang lain dan membuat teman-temannya menjadi lebih baik lagi.

  1. Tahu Tentang Agama

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 4

Shalat tarawih yang dilakukan setiap malam ketika bulan Ramadhan akan membuat anak bisa lebih mendekatkan diri kepada agama. Anak akan lebih tahu dan lebih mendalami agama islam dengan lebih baik lagi. Jika tadinya ia belum tahu tentang agama ia akan mulai penasaran dan pasti akan mencari tahu dan menanyakannya dengan lebih detail dan rinci lagi. Dengan mendekatkan diri dan bisa lebih tahu tentang agama pastinya akan membuat anak bisa lebih tahu tentang agama dan ia juga bis amenjalani setiap agama.

  1. Membuatnya Taat Beribadah

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 5

Bulan Ramadhan memang bisa menjadi bulan terbaik untuk lebih mengenalkan agama dan membuat anak lebih taat dalam beribadah. Salah satunya adalah dengan terus mengajak anak untuk shalat tarawih sepanjang bulan Ramadhan. Cara ini akan membuat anak bisa lebih rajin dan mau untuk terus beribadah dengan baik lagi. Mendekatkan diri kepada Allah SWT bisa diajarkan dengan lebih mengajak anak untuk terus beribadah shalat Tarawih. Bisa juga dengan diajak untuk melakukan ibadah yang lain dimana pastinya akan membuat anak bisa terus lebih taat dan mendekatkan diri dengan lebih baik lagi.

  1. Disiplin Beribadah

Dampak Positif Mengajak Anak Tarawih 7

Buah yang terbaik yang bisa dipetik ketika selesai bulan Ramadhan adalah ketika ketaatan seseorang menjadi lebih baik lagi. Begitu juga dengan mengajak anak untuk shalat tarawih dimana dengan kebiasaan terjadwal selama sebuan penuh untuk beribadah shalat tarawih juga akan membuat anak terbiasa dengan jadwal shalat dan beribadah pada saat selesai bulan ramadhan. Hasil ini juga harus dijaga dengan baik supaya anak tetap bisa menjalankan ibadah dengan lebih disiplin hingga bulan Ramadhan telah selesai.

Berbagai dampak positif diatas tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk membuat anak bisa terus menerus diajak untuk shalat tarawih. Mendekatkan diri kepada agama dan mengajak anak untuk taat beribadah di bulan ramadhan memang menjadi moment emas untuk membuat anak bisa lebih dekat dan terus menjadi pribadi yang taat beribadah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top