Parenting Info

Dampak Buruk Anak Kurang Kasih Sayang

Dampak Buruk Anak Kurang Kasih Sayang harus menajdi satu hal yang patut untuk diperhatikan bagi orang tua yang terlalu sibuk untuk dirinya sendiri. Meskipun sibuk dengan alasan untuk bekerja demi mendapatkan nafkah pada anaknya, terlalu sibuk juga tetap tidak dibenarkan. Terutama untuk anak yang masih kecil, kurangnya rasa kasih sayang dari orangtuanya akan membawa dirinya pada hal-hal yang buruk dan bisa juga mengganggu psikologis anak.

Dampak Buruk Anak Kurang Kasih Sayang

Sponsored by: cream perawatan wajah

Penyebab lain yang juga membuat anak jadi kehilangan kasih sayang dari orang tuanya adalah ketika orang tua mengalami satu permasalahan atau terkadang juga karena mengalamai perceraian. Baik itu kasih sayang dari ibu ataupun ayah yang kurang akan tetap menjadi satu hal yang sangat mengganggu untuk anak. Anak yang mengalami kekurangan kasih sayang juga akan menunjukan tanda-tandanya yang kemudian harus segera disikapi oleh orang tua jika tidak ingin membuat anak terus menerus menjadi korban kurang kasih sayang.

  1. Menurunnya Rasa Percay Diri

Dapat dibayangkan bagaimana anak bisa tampil di lingkungan luar dengan baik dan percaya diri jika dirumahnya pun ia tak ada tempat untuk menunjukan siapa dirinya. Dari dalam rumah ia sudah akan merasa jika ayah dan ibunya tidak memperhatikan dirinya karena suatu hal. Bisa jadi ia juga akan berpikir jika orang tunya tidak memikirkannya karena orang tuanya tidak menyukainya. Beragam perasaan kurang percaya diri ini akan menjadikan anak menjadi minder dan tidak bisa bergaul dengan baik diluar rumah.

  1. Jadi Anak yang Nakal

Ada juga anak yang lebih mencari perhatian dan kasih sayang diluar rumahnya ketika ia tidak mendapatkannya dari ayah ataupun ibunya. Anak akan berpikir jika salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa menarik perhatian banyak orang. Ia pun akan melakukan berbagai hal untuk itu, termasuk dengan menjahili atau berbuat nakal kepada orang disekitarnya. Saat orang lain memperhatikannya entah dengan cara yang baik dan tidak justru akan menimbulkan kepuasaan dan ia merasa jika perhatian tersebut adalah perhatian yang benar.

  1. Anak Menjadi Penakut

Dia tidak akan merasa aman dan nyaman dimanapun ia berada. Dirumah ia tidak akan mendapatkan kasih sayang yang utuh dari orangtuanya begitu juga dengan lingkungan luar baik itu dilingkungan bermain atapun sekolahnya. Rasa tidak nyaman dan aman  inilah yang akan mendorong dirinya untuk menjadi penakut dan bisa-bisa nanti ia akan lebih menutup diri karena ia merasa jika memang dirinya tidak pantas untuk diberi kasih sayang bahkan oleh orang tuanya sendiri.

  1. Menurunnya Berat Badan dan Nilai Gizi

Ketika anak tidak mendapatkan perhatian yang khusus hal ini pun akan berbanding lurus dengan bagaimana asupan anak dan makanan anak untuknya. Terutama jika anak masih kecil dan masih dalam usia SD kebawah. Saat pulang sekolah orang tua tidak menanyakan apakah sudah makan atau belum ataupun juga tidak menyuruhnya istirahat. Hasilnya anak hanya akan menajdi asal-asalan dalam waktu makan sehingga ia pun tidak akan mendapatkan cukup gizi untuk membuatnya tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Membenci Orangtuanya

Saat ia melihat anak lain yang mendapatkan kasih sayang yang penuh dari orang tuanya sedangkan dirinya tidak, ia pun akan berubah menjadi seseorang yang membenci keluarganya. Ia akan merasa jika keluarganya tidak adil kepadanya dan ia hanyalah kesalahan dalam keluarga. Ketika ia membenci orangtunya maka efek yang paling buruk yang sangat mungkin terjadi adalah hubungan anak dan orang tua akan menjadi renggang. Bukan hanya satu hari dua hari saja, tetapi bisa jadi suasana yang merenggang ini bahkan akan sampai saat ia besar nantinya.

  1. Cuek dan Acuh

Ia sudah terbiasa untuk tida mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Ia pun juga akan tumbuh sebagai kriteria yang sama dengan apa yang diperlihatkan oleh orangtuanya. Alih-alih untuk bisa menyayangi orang lain, ia pun juga akan menjadi pribadi yang cuek dan acuh akan berbagai hal. Ia akan menunjukan sikap yang dingin bukan hanya untuk ayah dan ibunya tetapi juga untuk siapa saja yang ada dalam hidupnya. Hal ini tentu akan berbahaya untuk perkembangan dan juga sosialnya kepada lingkungan.

  1. Mencari Pelampiasan

Saat ia merasa jika sebenarnya ia tidak pantas untuk diperlakukan seperti bagaimana orangtunya memperlakukannya maka ia akan mencari pelampiasan untuk membalas apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Pelampiasan didalam rumah adalah ia akan menjadi kasar dan acuh dengan keluarganya, pelampiasan di sekolah ia bisa menjadi pribadi yang pendiam, acuh dan bahkan mungkin galak dengan orang lain begitu juga dengan lingkungannya jika ia besar pun ia tidak bisa memulai hubungan dengan baik. Hal yang akan menjadi korban justru orang lain dan bukan hanya anak yang kurang kasih sayang.

Berbagai dampak buruk diatas sebenarnya bisa diatasi dan dihindari asalkan orang tua mau berbagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Setidaknya ketika anak masih kecil selalu sempatkan untuk mencari tahu bagaimana keadaannya. Dimulai dari perhatian yang kecil saja anak sudah akan merasa senang dan bahagia. Kasih sayang dari keluarga akan menciptakan anak yang hebat dan tumbuh dengan baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
100%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top