Manfaat Buah

Daftar Manfaat Delima Putih Untuk Kesehatan

 Daftar Manfaat Delima Putih Untuk Kesehatan

Jika kita mengenal buah delima dengan warnaya yang merah, ternyata ada varian buah delima dengan warna putih. Buah delima putih ternyata juga mengandung khasiat yang tak kalah dengan khasiat buah yang ada dalam delima merah. Buah ini mempunyai bentuk yang sama dengan delima pada umumnya hanya saja isi dari buah ini berwarna putih dan bukan berwarna merah. Sama halnya dengan delima merah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, delima putih juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan badan. Berikut ini daftar manfaat delima putih untuk kesehatan;

Sponsor: cream pemutih wajah

Daftar Nutrisi Delima Putih:

Buah delima atau latinnya punica granatum sebenarnya adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Delima putih dikenal akan manfaatnya sebagai obat tradisional dimana terdapat nutrisi yang terkandung didalammya. Delima putih dalah sumber vitamin C 10 mg dan juga B kompleks yakni Riboflavin (Vit. B2) sekitar 0,05 mg, Thiamine (Vit. B1) dengan angka 0,07 mg, Niacin (Vit. B3) sebanyak 0,29 mg, Vitamin B6 0,08 mg, Asam pantotenat (B5) 0,38 mg dan sumber Folat (Vit. B9) yakni 38 mg. Kemundian ada Karbohidrat 18,7 g, Protein 1,7 g, Lemak 1,2 g, dan Serat 4,0 dan mampu menghasilkan kalori 83. Buah ini pun diperkaya nutrisi lain cukup komplek yakni kaya Kalium 236 mg, Kalsium sebanyak 10 mg, Zat besi 0,30 mg, Fosfor 36 mg, Magnesium 12 mg, Zat besi atau Seng 0,35 mg.

Manfaat Buah Delima Putih Untuk Kesehatan:

Setelah membahas mengenai daftar nutrisi berikut manfaat-manfaat buah delima yang sering dijadikan herbal tradisional.

  • Mengobati Masalah Kewanitaan

Delima putih adalah herbal yang dipaercaya mampu menjadi penyembuh atau mengatasi masalah kewanitaan salah satunya adalah masalah keputihan. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, maka bisa siapkan buah delima dengan cara direbus untuk dijadikan minuman. Pertama siapkan sebanyak 2 buah delima putih lalu masak bersama 1 liter air hingga mendidih. Setelah itu angkat, saring lalu dinginkan. Selanjutnya minum buah secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari. Tak hanya ampuh mengatasi keputihan, buah ini juga bisa dijadikan peluruh haid caranya dengan minum ramuan dari daun delima yang telah direbus dan minum.

  • Mengobati Cacingan Dan Gangguan Perut Lainnya

Cacingan adalah gangguan paling umum menyerang organ pencernaan anak-anak. Jika tidak segera diatasi cacingan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Cacingan pada anak dapat mengganggu nafsu makan sehingga membuat nafsu makannya menjadi menurun dan menyebabkan kondisi tubuh menjadi melemah. Masalah cacingan pada anak dapat diatasi dengan menggunakan buah delima putih. Hal ini dikarenakan buah ini banyak mengandung zat penisisn dan tanin yaitu sejenis senyawa kimia yang ampuh untuk membasmi cacing yang ada di dalam tubuh. Buah ini juga mampu mengatasi penyakit perut lainnya sepert disentri dan infeksi pencernaan. Untuk itu ada baiknya buah ini rutin dikonsumsi oleh anak-anak yang rentan terhadap cacingan agar cacing yang ada di dalam tubuh dapat diatasi.

  • Mencegah Kanker

Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian kepada penderitanya. Masalah serius tentang kanker dapat dicegah pertumbuhannya dengan menggunakan buah delima putih ini. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol yang terdapat dalam buah delima putih ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah delima putih sebagai menu sehat harian Anda maka sel kanker yang ada di dalam tubuh akan ditekan pertumbuhannya dan resiko terserang kanker dapat dihindarkan.

  • Menangkal Radikal Bebas

Manfaat dari buah delima putih yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang disebabkan oleh paparan polusi dan udara yang tidak sehat ketika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berkembangnya bibit-bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh dapat dicegah dengan menggunakan buah delima putih. Buah delima putih kaya akan kandungan antioksidan si penangkal radikal bebas.

  • Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah suatu penyakit yang menyerang tulang manusia dan disebabkan kondisi tulang jadi keropos atau rapuh. Penyakit ini diakibatkan karena tulang kekurangan nutrisi. Osteoporosis ini bisa dicegah pertumbuhannya dengan mengkonsumsi buah delima putih. Buah delima putih banyak mengandung kalsium yang sangat berguna untuk memberikan nutrisis yang dibutuhkan oleh tulang serta menyehatkannya. Rutin mengkonsumsi buah delima putih, tulang yang sehat dan kuat akan Anda dapatkan.

  • Penyembuh Sariawan, Bibir Pecah-pecah Dan Bau Mulut

Sariawan dan bau mulut bisa terjadi akibat adanya bakteri dalam mulut kita. Dengan aroma segar dari buah delima, maka bisa atasi masalah tersebut. Selain itu buah juga ampuh sebagai obat atasi bibir pecah-pecah karena kering. Bagian yang baik untuk mengatasi adalah mengkonsumsi buah bersama dengan bijinya. Cara mendapat khasiatnya adalah dengan menumbuk halus biji buah delima, kemudian rendam selama satu malam lalu gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Untuk mendapat khasiatnya, lakukan setiap malam menjelang tidur.

  • Aman untuk Penderita Diabetes

Meski memiliki rasa sedikit manis, namun buah ini sangat aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Buah ini mampu menjaga kadar diabetes atau gula dalam darah tetap normal. Konsumsi buah seperlunya untuk mendapat khasiat vitamin dan mineralnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top