Manfaat Buah

Daftar Buah Yang Kaya Antioksidan

Buah-buahan juga termasuk daftar makanan yang masuk dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Buah mengandung berbagai vitamin serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan paling istimewa di dalam buah-buahan adalah senyawa antioksidan. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, virus, dan obat awet muda. Ada beragam sekali macam buah kaya akan kandungan antioksidan seperti daftar buah yang kaya antioksidan berikut ini.

Sponsor: cream perawatan wajah

 Daftar Buah Yang Kaya Antioksidan

  • Buah Kurma

Salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan adalah kurma. Kurma adalah buah yang banyak tumbuh dan ditemui di daratan Asia Tengah. Walaupun berasal dari tempat yang sangat jauh akan tetapi buah kurma dapat ditemukan dengan mudah diberbagai toko dan pasar. Buah yang mempunyai pohon berduri ini terkenal dengan rasanya yang manis sekaligus kaya akan antioksidan. Antioksidan diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah kurma. Antioksidan lainnya bernama tanin yang berfungsi untuk menekan berkembangnya radikal bebas yang ada di dalam tubuh penyebab penyakit degeneratif. Buah kurma muda sangat baik dikonsumsi karena kandungan gulanya tidak terlalu banyak. Sedangkan kurma yang sudah matang juga baik dikonsumsi bila dikonsumsi dalam jumlah wajar.

 Daftar Buah Yang Kaya Antioksidan

  • Buah Strawberry

Buah strawbery merupakan salah satu jenis buah dengan warna merah yang mencolok serta rasanya yang asam manis menyegarkan. Buah ini sering dikonsumsi sebagai jus yang menyehatkan atau juga baik dikonsumsi secara langsung. Strawberry adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan seperti vitamin dan nutrisi. Selain vitamin C, buah ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin K, mangan, asam olat, dan sebagainya.

 Daftar Buah Yang Kaya Antioksidan

  • Buah Jeruk

Jeruk adalah antioksidan sebagai senjata ampuh melawan radikal bebas. Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi yaitu 100 gram nya mengandung sekitar 53.2 mg. Vitamin C pada jeruk berperan mencegah dan menetralisir rantai radikal bebas bersama dengan bio aktif sebagai efek antioksidan penting. Buah ini sangat rendah kalori, tanpa lemak dan kolesterol. Di dalam jeruk terdapat zat pectin yang bersifat sebagai pencahar masal yang mampu melindungi selaput lender pada usus sehingga mengurangi paparan zat beraucn penyebab kanker usus besar.

 Daftar Buah Yang Kaya Antioksidan

  • Anggur Merah

Sumber antioksidan cukup besar lainnya bisa didapat dari anggur merah. Antivitas antioksidan pada anggur sebernarnya terbentuk akibat kerjasama antara antosianin, flavonoid, vitamin dan mineral. Anggur merah adalah sumber antosianis terbaik dan paling banyak dibanding anggur lainnya. Flavonoid pada anggur ada dua jenis yaitu quercitin dan resveratrol. Zat resveratrol pada anggur merah memiliki kemampuan antioksidan jauh lebih besar yaitu 20 kali lebih unggul dibanding vitamin E. Dan seluruh komponen antioksidan pada anggur memiliki kekuatan tangguh melawan radikal bebas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top