Manfaat Tanaman

Ciri Khas Dan Manfaat Kembang Telang

Pernahkan Anda mendengar kembang telang sebelumnya? Rupanya kembang yang memiliki nama latin clitoria ternatea. Tanaman yang satu ini memang merupakan salah satu kembang yang memiliki banyak manfaat. Bahkan tanaman ini sering tumbuh di pagar atau pekarangan rumah. Sekilas, kembang yang satu ini dianggap sebagai kembang liar yang jarang diperhatikan. Akan tetapi, warnanya yang cantik sering membuat anak-anak kecil memetiknya. Kembang telang ini merupakan salah satu tanaman yang merambat dan hidup dengan menopang pada tumbuhan lain. Ukuran rata-rata kembang ini hanya sekitar 6 cm saha dengan kelopak berwarna ungu yang sangat menawan. Di balik wujudnya yang menarik tersebut, terdapat beragam manfaat yang tentu saja akan membuat Anda bersyukur jika memiliki kembang yang satu ini di sekitar Anda. Berikut adalah beberapa ciri khas dan manfaat kembang telang terutama untuk kesehatan Anda.

Ciri Khas Dan Manfaat Kembang Telang.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Meningkatkan visualisasi

Anda yang menderita gangguan penglihatan dapat menggunakan kembang telang sebagai salah satu obat alternative yang sangat tepat. Ya, kembang telang ini sudah sejak jaman dulu digunakan sebagai pilihan masyarakat yang ingin meningkatkan kesehatan mata. Kembang yang satu ini dapat menjadi obat bagi mata memerah atau iritasi karena debu dan juga meredakan mata lelah. Lalu, bagaimana cara penggunaan kembang ini untuk meningkatkan penglihatan? Nah, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu untuk merendam beberapa kuntum dari kembang telang tersebut pada segelas air hingga warna air putih menjadi keunguan. Setelah itu, gunakan air rendaman tersebut untuk mencuci mata Anda dengan teratur setiap pagi dan sore hari.

  1. Meredakan sakit telinga

Gangguan yang terjadi pada telinga tentu akan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sensitive. Hal kecil yang terjadi terkadang akan menyebabkan iritasi pada telinga kita. Nah, salah satu manfaat lain dari kembang telang yang serba guna ini adalah dapat diandalkan untuk meredakan sakit yang terjadi pada telinga Anda. Kandungan yang ada dalam kembang telang akan secara efektif meredakan nyeri atau gangguan lain pada telinga Anda. Cara penggunaan kembang telang untuk telinga pun cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu merendam kembang telang seperti paparan sebelumnya dan tambahkan sedikit garam. Nah, oleskan air perasan yang sudah di campurkan garam ini pada bagian telinga yang sakit secara hati-hati dan perlahan.

  1. Mengobati bisul

Perahkah Anda mengalami gangguan tubuh yang satu ini? Nah, bisul merupakan salah satu masalah tubuh yang sangat mengganggu dan tentu saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam aktivitas sehari-hari. Bisul yang tumbuh di beberapa bagian tubuh tentu akan membuat bagian tubuh merasa nyeri dan sangat mengganggu. Nah, salah satu bahan alami yang sangat tepat untuk mengatasi bisul yang tumbuh ini adalah kembang telang. Kandungan senyawa yang terkandung dalam kembang telang akan sangat efektif meredakan nyeri dan rasa yang tidak nyaman yang di timbulkan karena adanya bisul di bagian tubuh Anda. Nah, untuk penggunaan kembang ini, Anda hanya perlu menumbuk beberapa kuntum kembang telang dan tambahkan sedikit saja gula jawa. Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terkena bisul secara teratur.

  1. Mencuci darah

Salah satu penyebab tidak stabilnya kondisi tubuh adalah darah yang kotor. Darah yang kotor dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti jerawat, kulit kusam, dan gangguan lain. Hal ini dikarenakan darah adalah pengangkut bahan nutrisi dalam makanan di dalam tubuh. Jika darah dalam kondisi yang tidak sehat, tentu saja tubuh akan menjadi sangat bermasalah. Nah, oleh karena itu, mencuci darah adalah salah satu cara yang tepat untuk membersihkan darah dari kotoran yang sangat mengganggu. Salah satu manfaat dari kembang telang ini adalah dapat diandalkan untuk mencuci darah secara alami dan aman. Cara mengaplikasikan ide ini adalah Anda dapat merebus kembang telang dan meminum air rebusannya secara teratur setiap pagi dan juga sore. Coba selama satu minggu dan rasakan hasilnya.

  1. Mengobati bronchitis

Manfaat lain dari kembang telang yang dapat Anda andalkan sebagai ide pengobatan alami yang membantu adalah dapat diandalkan sebagai cara alami untuk mengobati bronchitis. Kita tahu bahwa bronchitis juga merupakan gangguan tubuh yang sangat serius karena dapat menyebabkan kita menjadi sukar bernafas. Nah, gangguan ini dapat diredakan secara tepat dan efisien dengan kembang telang. Cara pengobatan bronchitis dengan kembang telang adalah dengan merebus akar kembang telang dengan beberapa gelas air. Rebus air hingga menyisakan setengah gelas air rebusan saja dan konsumsi air rebusan tersebut secara teratur. Untuk rasa yang lebih enak, Anda dapat menambahkan madu.

Beberapa manfaat yang sangat baik dari kembang telang bagi kesehatan tentunya akan mengubah cara pandang Anda terkait kembang yang satu ini. Mulai sekarang, jangan mengabaikan kembang telang yang ada di sekitar Anda. Jika perlu, Anda dapat menanam kembang telang sebagai salah satu tanaman obat keluarga. Mengingat tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan, maka demikian tak akan sulit untuk menanan tanaman kembang telang di rumah Anda. Kembang telang juga cocok dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah Anda lho.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top