Rambut ku

Ciri Ciri Produk Perawatan Rambut Yang Berbahaya

Ciri Ciri Produk Perawatan Rambut Yang Berbahaya
Rambut adalah mahkota, oleh karena itu setiap wanita pasti mendambakan rambut yang cantik, indah, dan sehat. Beragam cara mereka lakukan untuk mewujudkan rambut idaman. Salah satunya dengan menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Namun tidak semua jenis produk perawatan rambut baik untuk rambut Anda. Bahkan beberapa diantaranya berdampak buruk dan dapat merusak rambut dan kulit kepala secara keseluruhan. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda harus mengenali ciri ciri produk perawatan rambut yang berbahaya seperti berikut ini:

sponsor: kezia skin expert.

Ciri ciri Produk Perawatan Rambut yang Berbahaya

  1. Cat rambut permanen warna hitam

Sebaiknya Anda menhindari cat rambut permanen dengan warna hitam. Karena cat rambut ini kebanyakan mengandung zat berbahaya seperti aminophenol, phenylenediamine, diaminobenzene yang merupakan produk turunan dari batu bara. Bahkan lebih parah lagi, zat-zat tersebut juga dapat meningkatkan risiko kanker. Selain terdapat pada cat rambut permanen warna hitam, zat-zat tersebut terkadang juga terdapat dalam produk sampo anti ketombe. Jadi Anda juga harus cemat dan berhati-hati dalam memilih sampo.

  1. Produk yang mengandung parfum

Parfum atau fragrance adalah bahan yang banyak ditemukan dalam produk perawatan rambut, namun sebaiknya Anda menghindari produk perawatan rambut yang mengandung bahan ini. Sebuah Produk perawatan rambut yang terdapat kandungan fragrance dalam komposisi bahannya, bisa saja mengandung berbagai puluhan bahan kimia lainnya.

Inilah alasan kebanyakan produk perawatan rambut tidak mencantumkan fragrance pada kemasannya. Sebisa mungkin hindari fragrance terutama bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia. Karena, bahan kimia dalam fragrance dapat membuat Anda alergi bahkan mengganggu kesehatan hormon.

  1. Pelurus rambut

Bagi mereka yang mendambakan rambut lurus, cara termudah yang biasa dilakukan adalah hair rebonding. Namun, ternyata krim pelurus rambut juga mengandung bahan kimia keras yang bahkan bisa dikatakan sebagai racun.

Sebaiknya Anda mengurangi dan menghindari perawatan keratin untuk meluruskan rambut. Faktanya, krim pelurus rambut biasanya mengandung formaldehyde, yaitu bahan pengawet yang dapat memicu kanker.

  1. Produk yang mengandung paraben

Bukan hanya produk perawatan rambut, kebanyakan kosmetik juga banyak yang mengandung paraben yaitu bahan untuk mengawetkan sebuah produk. Paraben tersebut diantaranya propyl, isopropyl, dan isobutyl yang harus Anda hindari. Beberapa penelitian mengatakan bahwa paraben dapat mengganggu sistem endokrin yang dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan perkembangan janin.

  1. Produk bleaching

Resorsinol adalah sebuah bahan yang biasa digunakan pada produk bleaching dan pewarna rambut. Padahal, bahan tersebut dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Resorsinol juga dapat merusak sistem imun dan menyebabkan alergi. Sebuah penelitian melakukan percobaan pada hewan, dan terbukti bahwa resorsinol dapat mengganggu fungsi tiroid.

  1. Produk yang mengandung triclosan

Triclosan sebenarnya adalah pestisida kuman dan zat ini dapat dikategorikan dalam zat racun karena dapat mengakibatkan polusi lingkungan, terutama air. Anehnya beberapa produk sampo, sabun, dan spray rambut mengandung triclosan pada produk mereka.

Tidak hanya mengakibatkan polusi lingkungan, triclosan juga dapat mengganggu fungsi tiroid dan produk hormon. Jika digunakan secara terus menerus produk perawatan rambut yang mengandung triclosan, dapat membuat tubuh menjadi lebih resistan terhadap kuman.

  1. Produk yang mengandung phtalate

Zat kimia yang juga harus Anda hindari dalam produk perawatan rambut adalah phthalate. Zat ini biasa digunakan pada proses pembuatan plastik. Biasanya dalam spray rambut juga terdapat bahan ini dengan nama dimethyl phthalate. Phthalate dapat menyebabkan endokrin, meningkatkan risiko kanker payudara, bahkan kemandulan pada pria maupun wanita serta pubertas dini.

  1. SLS

SLS atau sodium lauryl sulfate biasa digunakan pada produk pembersih. SLS berfungsi agar sebuah produk dapat lebih berbusa. SLS bisa dikatakan berbahaya, karerna zat ini dapat mengiritasi kulit, mata, dan paru-paru.

Lebih parah lagi jika sebuah produk sudah mengandung SLS, namun dilengkapi dengan nitrosamine. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat meningkatkan risiko kanker. Kombinasi ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ginjal dan saluran pernapasan. Tapi anehnya, kebanyakan sampo dan sabun yang kita gunakan sehari-hari kebanyakan mengandung SLS.

  1. Silikon dan alkohol

Kedua bahan ini mungkin tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang serius jika dibandingkan dengan bahan-bahan di atas. Namun silikon dapat mengurangi fungsi kondisioner yang sangat penting untuk rambut.

Jika kondisioner tidak dapat bekerja dengan baik, hasilnya rambut akan menjadi lebih kusam dan sulit diatur. Sedangkan alkohol, dapat membuat kulit kepala Anda menjadi lebih kering sehingga memicu ketombe.

Demikian ciri ciri produk perawatan rambut yang berbahaya yang harus Anda hindari. Selalu cermati kandungannya dan berhati-hati dalam memilih produk perawatan agar Anda terhindar dari segala dampak buruk yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top