Tips Kesehatan

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

Ada fakor yang melatar belakangi seseorang melakukan kebiasaan hidup sehat dari rumah ternyata berguna untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Yah, ibarat surga rumah adalah tempat paling nyaman untuk Anda beristirahat sejenak dari kepadatan dunia. Untuk menciptaka hunian yang nyaman juga harus diperhatikan oleh setiap orang. Mulai dari sanitasi, toilet, tempat tidur, ruang keluarga hingga urusan dapur. Sementara itu, kebiasaan dan perilaku hidup sehat tentunya tidak bisa datang begitu saja. Artinya harus ada proses panjang untuk memulainnya.

kebiasaan hidup sehat dari rumah

Sponsor: halo jasa

Menciptakan lingkungan sehat juga dimulai dari perilaku didalam keluarga. Beberapa perilaku sehat yang bisa mencegah penyakit didalam keluarga itu sendiri misalnya mencuci tangan sebelum makan, rutin membersihkan toilet, mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, kurangi aktifitas duduk dan bermalas-malas dan melakukan kebersihan terhadap rumahnya.

Langkah-langkah membuat rumah sehat agar mencegah penghuninya dari penyakit berbahaya

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Perhatikan Ventilasi

Hunian atau rumah yang ideal sudah pasti memperhatikan dengan betul penempatan ventilasi atau lupang tempat udara masuk. Untuk bisa membuat ruangan sehat, maka diperlukan ventilasi yang cukup banyak supaya udara atau sinar matahari bisa masuk dan menerobos ke dalam rumah. Perhatikan pula penempatan posisi ventilasi. Meletakkan ventilasi dari arah timur, bisa memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari sendiri berperan kuat dalam membunuh kuman atau bakteri serta membantu mengeluarkan debu atau udara kotor yang lembab dalam rumah. Orang yang memiliki alergi terhadap debu harus mencari tempat yang bebas dan bersih dari debu. Ventilasi udara juga mampu menciptakan hawa segar didalam rumah.

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Ciptakan Konsep Hunian Hijau

Untuk dapat memenuhi dasar perlingdungan rumah terhadap paparan matahari dan hujan, maka bisa menciptakan konsep hunian yang hijau. Seperti yang disarankan oleh Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Dr Budi Haryanto tahun 2009, lingkungan berdampak langsung pada kesehatan penghuninya. Kriteria rumah atau hunian yang sehat tentu memiliki sirkulasi udara yang baik dan cukup, ketersediaan air bersih, adanya lahan penghijauan, pengolahan sampah yang baik dan perilaku higienis.

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Penanaman Pohon di Pekarangan atau Tanaman Hias

Hunian yang memiliki pekarangan yang ditanami oleh berbagai tanaman atau pohon bisa bekerja optimal dalam penyerapan polutan bebas yang bisa berefek pada kesehatan penghuninya. Sirkulasi udara yang sehat, bersih dan segar bisa melindungi penghuni dari pengaruh buruk radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh. Di pagi hari adalah waktu terbaik mendapatkan oksigen segar dan bersih untuk melindungi otak dan paru-paru. Itu sebabnya menanam tanaman di area rumah sangat penting.

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Cek Kebersihan Perabotan dan Rumah

Jika sirkulasi didalam rumah saja sudah tidak baik maka bisa berpotensi pada kelembaban udara didalam rumah. Sirkulasi udara di dalam rumah yang dingin, sumpek atau lembab, secara otomatis bisa menjadi sarang bakteri, kuman dan jamur berkembang biak. Bakteri atau kuman juga bisa datang dari penghuninya ketika masuk kedalam rumah, menempati perabotan rumah dan berkembang biak disana. Kuman yang ada di tempat-tempat seperti sofa, karpet, gorden atau tempat tidur berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti bersin atau alergi. Oleh sebab itu penggunaan penyedot debu saja masih tidak membuat bakteri atau kuman bersi secara total karena ada tempat-tempat yang sulit terjangkau. Belum lagi kuman yang bersarang di tempat makan, mesin cuci, atau peralatan dapur.

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Jangan membakar sampah didekat rumah

Kebiasaan masyarakat kita sering membuang sampah kertas atau plastik didekat rumah lalu membakarnya. Bahkan terkadang, ada juga yang membuat tungku perapian didalam rumah sehingga asapnya bisa masuk dan menempel di perabotan rumah. Hal ini bisa sangat berbahaya mengingat senyawa kimia atau gas yang tersisa dari kertas cetak atau botol plastik juka terbakar bisa menimbulkan karbon atau gas beracun. Jika gas karbon tercampur dengan udara dalam rumah maka bisa terhirup langsung oleh penghuninnya. Jika dilakukan dalam waktu lama, gas akan meracuni tubuh dan berimbas pada sistem metabolisme sehingga berisiko munculnya berbagai penyakit.

Cegah Penyakit Berbahaya Dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berawal Dari Rumah

  • Ketersediaan Air Bersih

Faktor lain yang membuat hidup Anda tetap sehat dari dalam rumah adalah ketersediaannya air yang bersih. Seperti kita ketahui, air di dalam rumah tangga memiliki banyak manfaat seperti untuk minum, makan, mencuci buah dan sayur atau untuk mandi. Air bersih adalah bagian dari kehidupan pemukiman yang sehat. Bayangkan jika Anda meminum air yang terkontaminasi atau tercemar bakteri beracun, maka bakteri akan menempel ke perabotan makan hingga pakain. Sementara itu, bakteri pantogen sangat sulit untuk mati. Jika masuk ke dalam tubuh, bahaya kesehatan bisa mengancam. Menguras air seminggu sehali juga bagian dari gaya hidup sehat.

kebiasaan hidup sehat dari rumah

  • Rumah Bebas Sirkulasi Udara yang Buruk

Terakhir, jangan lupa perhatikan selalu sirkulasi udara dengan baik seperti membuka pintu dan jendela setiap pagi supaya oksigen bisa masuk. Oksigen berperan penting pada kesehatan otak. Jika oksgen berkurang bisa berpengaruh pada kondisi otak dimana penghuninya mudah mengalami stress yang berimbas pada kesehatan fisik. Stess dan emosi yang meledak bisa juga berimbas pada masalah kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi menajadi naik, meningkatnya gula darah dan memicu penyakit lambung. Dari segi kejiwaan saja, depresi bisa membuat kenyamanan penghuni rumah terganggu, dimana ia mudah sekali murung, tidak bergairah hingga masalah mental kronis.

Beberapa cara ini dirasa sangat berhasil menciptakan lingungan rumah yang aman dan sehat. Dan sebagai orang tua, Anda adalah contoh terbaik bagi anak-anak untuk mencintai hidup sehat yang diawali dari kebiasaan di rumah. Anda salah satu orang yang peduli dengan kesehatan diri terutama lingkungan rumah, maka biasakan untuk mengecek setiap kondisi rumah termasuk perabotan. Jika dirasa ada beberapa perabotan yang mulai rusak maka segera perbaiki. Halo Jasa memberi kesempatan Anda untuk memperbaiki peralatan seperti perbaikan tempat cuci piring. Karena kesehatan juga bisa berawal dari tempat Anda mencuci piring yang bersih dan rapi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top