Tips Kesehatan

Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

Tips cegah gatal usai bermain perlombaan Agustusan bisa Anda pakai untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Sepertinya, perayaan jelang Agustusan dirasa kurang lengkap tanpa dimeriahkan oleh berbagai perlombaan. Permainan yang dikemas dalam perlombaan ini merupakan sebuah tradisi bangsa Indonesia. Tak hanya meriahkan hari kemerdekaan, mengadakan perlombaan juga jadi ajang menyatukan kembali silaturahmi dan kekompakan antara warga. Sayangnya, berpartisipasi dalam ajang lomba bisa membuat kulit gatal-gatal loh. Lantas, bagaimana cara mencegah supaya perlombaan nanti tidak sampai membuat kulit Anda gatal?

Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Panjat Pinang

Panjat pinang adalah salah satu jenis perlombaan paling seru dilakukan selama Agustusan. Panjat pinang juga menjadi tradisi lomba Agustus yang semua orang sudah banyak mengenalnya. Perlombaan ini mengharuskan peserta yang ikut untuk memanjat tiang yang terbuat dari pohon pinang yang sudah diberi lapisan minyak. Peserta berlomba memanjat pinang bersama timnya untuk bisa mengambil hadiah yang sudah diikat dipuncak tiang. Siapa yang berhasil sampai ke punjak, maka peserta dan tim itulah bisa mengambil semua hadiah. Sayangnya, ketika naik ke tiang maka otomatis kulit akan bersentuhan langsung dengan pelumas yang bisa membuat kulit alami alergi penyebab gatal. Untuk meminimalisir dampak alergi akibat gesekan tiang pada kulit maka Anda bisa memakai pakaian berlengan panjang lengkap dengan celana panjang.

Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

2. Balap Karung

Permainan seru yang sayang terlewatkan berikutnya adalah perlombaan balap karung. Permainan ini bisa dibilang sangat menghibur karena tiap peserta diharuskan pandai menggunakan ketangkasan untuk bisa sampai ke garis finis. Peserta akan diminta berlari cukup dengan menggunakan sebuah karung dan permainan ini banyak dilakukan di lahan terbuka. Penggunaan karung goni bisa berisiko mengakibatkan tubuh gatal terutama di bagian kaki. Jika Anda ingin mencegah atau meminimalisir gatal, cobalah pakai celana panjang atau kaos kaki supaya karung goni tak bersentuhan langsung dengan kulit kaki.

Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

3. Gigit Koin

Permainan gigit koin adalah permainan yang sering dilakukan saat Agustusan, caranya dengan menggiigit koin yang sudah ditancapkan ke kulit buah. Permainan ini mengharuskan para pemainnya mengambil koin sebanyak-banyaknya menggunakan mulut. Namun sebelum itu, koin yang sudah ditancapkan ke buah, lalu akan dilumuri dengan oli. Hal ini tentu bisa beresiko mengakibatka gatal terutama di area wajah dan bibir. Cairan pelumas oli bisa membuat kulit yang sensitif pada oli merasakan gatal. Jadi supaya mencegahnya, disarankan untuk mencuci bersi bagian tubuh yang terlena pelumas dengan air setelah perlombaan usai.

     Cegah Gatal Usai Mengikuti Perlombaan Agustusan Ini

4. Tarik Tambang

Perlombaan selanjutnya selama Agustusan adalah tarik tambang. Peserta membuat dua tim dengan jumlah anggota tak ditentukan. Kedua tim harus beradu dengan cara menarik tali tambang sampai salah satu tim berhasil dikalahkan. Permainan ini bermanfaat untuk adu ketangkasan dan kekompakan tim. Sayangnya, gesekan tangan dengan tambang bisa mengakibatkan gatal. Supaya mengurasi rasa gatal usai bermain tarik tambang, maka segeralah membersihkan diri dengan air mengalir dan sabun.

Gatal di area tubuh bisa terjadi usai melaksanakan lomba Agustusan memang tak bisa Anda cegah. Tetapi setidaknya ada cara mudah untuk mengurasi risiko gatal dengan cara membersihkan tubuh. Saat permainan usai, segera mandi dan gunakan sabun anti bakteri. Dan jangan biarkan kotoran berlama-lama berada di tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top