Entertaiment

Cari Tahu Kemampuanmu dengan General Aptitude Test Battrey

Untuk memasuki sebuah instansi pekerjaan, hal yang terutama menjadi syarat adalah kemampuan dari calon pekerja. Perusahaan menggunakan berbagai alat tes. Salah satu alat tes kemampuan yang popular adalah General Aptitude Test Battrey.

General Aptitude Test Battrey

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Dalam tes General Aptitude Test Battrey ada beberapa kemampuan yang hendak diukur, diantaranya: tes ruang bidang, tes mempersamakan perkakas, dan tes kecakapan jemari. Melalui beberapa sub tes itu kita akan mengetahui letak kemampuan yang unggul atau bakat yang dimiliki. Dengan begitu perusahaan akan menilai apakah kita layak menjadi pegawai di sana.

Setiap jobdis dan perusahaan mempunyai kebutuhan kemampuan yang berbeda. Itu mengapa perlu sekali melakukan semacam tes kemampuan. Umumnya alat tes pengukur kemampuan menggunakan analisa faktor Biasanya metode ini diterapkan pada tes multiple bakat. Biasanya metode ini diterapkan pada tes multiple bakat.

Tes Seri Multiple Bakat sendiri merupakan serangkaian tes yang dipakai untuk mengukur berbagai macam bakat. Kelebihan dari jenis tes macam ini adalah tidak hanya mengukur satu macam bakat saja, tetapi juga mampu menjaring berbagai macam bakat pada banyak subjek. Terdapat bermacam – macam tes seri multiple bakat, diantaranya :

  1. DAT (Differential Aptitudes Test)
  2. GATB (General Aptitude Test Battery)
  3. FACT (Falanagan Aptitude Clasification Test)
  4. APT (Academic Promise Test)
  5. FIT (Flanagan Industri Test)
  6. Guilford Zimmerman Aptitude Survey
  7. Nonreading Aptitude Test Batteray (NATB), 1969 Edition

Yang pertama kali muncul ialah Differntial Aptitudes Test. Sebab DAT merupakan salah satu alat yang sering digunakan. Pertama kali dipublikasikan di tahun 1947, dan sampai sekarang telah direvisi secara berkala. Isinya dirancang lalu digunakan dalam bimbingan karir siswa kelas 8 – 12. Semenytara DAT edisi ke 5 tersedia dalam 2 level; level 1 dirancang terutama untuk siswa di kelas 7 – 9; level 2 difungsikan oleh orang dewasa yang sudah bersekolah lebih dari 9 tahun namun yang mungkin belum tamat sekolah menengah

Namun di kesempatan kali ini alat tes pengukur kemampuan yang akan diulas adalah General Aptitudes Battery.

General Aptitudes Battery

General Aptitude Test Battrey atau biasa disingkat GATB adalah tes pencari bakat yang digunakan pada konseling pekerjaan. Awal kali digunakan di States Employment Service Office. Tes ini dibuat oleh Charles E. Odell. Ada beberapa variabel di dalam GATB tersebut:

Aptitude G : Intelegence

Merupakan tes kemampuan belajar secara umum, seperti kemampuan  dalam menangkap dan mengerti prinsip-prinsip logika, menalar apa yang ditangkap, dan membuat keputusan.

Aptitude V : Verbal Aptitude

Yaitu tes untuk mengetahui kemampuan dalam mengerti arti berbagai kosa kata, bagaimana cara memepergunakannya secara efektif, serta apakah seseorang itu dapat memahami bahasa secara komprehensif, mengerti hubungan antar kata dalam sebuah kalimat dan mengerti arti keseluruhan dari paragraf dan kalimat.

Aptitude N : Nuemerical Aptitide

Mengukur kemampuan dalam operasional angka-angka secara cepat dan tepat.

Aptitude S : Spatial

Mengukur kemampuan berpikir secara visual pada bentuk geometris dan untuk menangkap objek 3 dimensi. Juga mengingat hubungan dari gerakan objek dalam satu ruang.

Aptitude P : Form perception

Mengukur kemampuan dalam melihat bagian-bagian dari suatu gambar, benda, dan grafik. Selain itu mengukur kemampuan dalam membuat perbandingan dan pembedaan secara visual dan melihat perbedaan yang nyata pada bentuk atau bayangan.

Aptitude Q : Clerical perception

Merupakan kemampuan untuk mengungkap obyek-obyek berupa angka dan huruf. Pun sebagai kemampuan mempersepsi sebuah komputasi secara sepintas.

Aptitude K : Motor coordinate

Merupakan keahlian guna mengkoordinasikan gerakan-gerakan jari-jari dan organ mata secara terampil dan teliti, pada gerakan yang cepat dan tepat.

Aptitude F : Finger dexterity

Adalah kemampuan gerakan jari jemari, seperti memanipulasi obyek-obyek kecil dengan jari jemari secara cepat dan teliti.

Aptitude M : Manual dexterity

Adalah kemampuan  menggerakkan tangan terampil, serta keahian bekerja dengan tangan saat menempatkan dan memindahkan sesuatu.

 GATB mempunyai jenis tes sebagai berikut:

  1. Tes Ruang Bidang

Tes ini sebagai serangkaian tes untuk mengukur intelegensi.  Terdapat dua sub tes lainnnya, yaitu tes Perbendaharaan Kata dan tes Berhitung Soal.  Tes tersebut menghitung kemampuan berfikir secara visual dari bentuk geometris, serta memahami gambar dari dua dimensi untuk menjadi bentuk tiga dimensi.

  1. Tes Mempersamakan Perkakas

Tes ini mengukur aspek kecermatan dalam pengamatan. Salah satu caranya adalah peserta disuruh mengamati gambar soal dan mencari persamaan gambar di antara tiga gambar lain yang bentuknya sama hanya berbeda dalam corak warnanya. Bersama dengan  sub tes yang lain, tes pengamatan tersebut berguna untuk mengenal profil bakat seseorang dan mengenal pola bakat kejujuran.

  1. Tes Kecakapan Jemari

Tes Kecakapan Jemari dimaksudkan untuk mengukur kecepatan tangan dan jari – jari seseorang. Yang dimaksud dengan kecekatan yani meliputi pengertian tentang koordinasi kecepatan dan ketepatan dari gerakan – gerakan tangan dan jari – jari seseorang. Dengan demikian tes ini termasuk Tes Psikomotor untuk mengetahui kemampuan kecekatan jari – jari kedua tangan yang meliputi koodinasi, terampil dan cepat untuk memperlakukan benda – benda kecil dengan jari – jari. Sesuai dengan prinsip  individu differences, maka kecekatan jemari individu itu akan berbeda.

Tes tersebut berupa gambar.

Sehingga dengan mengisi beberapa sub tes di atas, perusahaannya bisa mengetahui tingkat kemampuan calon pegawainya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top