Tips & Trik Parent

Cara Unik Mengajak Anak Sahur

Salah satu tantangan yang paling besar dari orang tua yang sedang dan ingin mengajari anak mereka untuk berpuasa adalah mengajak anak sahur. Sahur adalah perkara penting dalam ibadah puasa karena di waktu sahur-lah kita bisa menyantap makanan sebelum menahan haus dan lapar selama seharian. Oleh karena itu, sahur tentu harus dilakukan dengan sangat baik. Masalah yang sering muncul adalah anak susah untuk dibangunkan sahur. Hal ini tentu dapat di pahami karena anak belum terbiasa untuk bangun di tengah malam dan menyantap hidangan sahur. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik, tentu saja Anda harus mencari cara untuk mengajak anak makan sahur. Perlu diketahui bahwa cara Anda membangunkan sahur serta mengajak anak makan sahur akan sangat berpengaruh pada mood anak saat ia hendak menjalani ibadah puasa. Nah, kita akan membahas beberapa cara unik mengajak anak sahur yang bisa Anda lakukan. Intip ulasan selengkapnya di bawah ini!

ara Unik Mengajak Anak Sahur.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Beri bocoran menu sahur yang Anda masak

Saat malam hari sebelum tidur, ada baiknya Anda mengantarkan anak Anda tidur di kamarnya dan membisikkan menu spesial yang hendak Anda masak untuk sahur di pagi hari. Ini adalah salah satu cara persuasive yang sangat tepat untuk Anda lakukan. Dengan memberikan bocoran menu sahur yang hendak Anda masak di pagi harinya, tentu anak akan menjadi penasaran. Rasa penasaran inilah yang secara psikologi akan mempengaruhi semangat anak Anda untuk bisa menyantap hidangan sahur yang akan Anda masak. Tentu, jika psikologi anak sudah terpengaruh, maka ia akan cenderung lebih mudah untuk diarahkan. Di sisi lain, tentu Anda juga harus menyiapkan menu masakan spesial yang Anda janjikan tersebut dengan tampilan yang menarik sehingga menggugah selera dari anak Anda untuk menyantapnya.

  1. Ajak anak memasak masakan kesukaan

Ide ini merupakan salah satu yang menarik untuk dilakukan. Ya, mengajak anak memasak masakan kesukaannya tentu saja akan membuat mereka merasa lebih bersemangat untuk menyantap menu sahur yang mereka inginkan. Meskipun ide ini memang cukup melelahkan bagi anak Anda, namun juga cukup baik untuk membuat anak Anda lebih mudah di bangunkan saat hendak sahur. Biarkan anak Anda memilih menu masakan untuk sahur yang mereka idamkan. Selain itu, Anda juga bisa membiarkan anak Anda untuk menghias masakan sahur mereka sendiri dengan kreatifitas yang ia miliki. Tentu, saat anak Anda menghias masakan mereka sendiri, akan timbul rasa bangga pada diri mereka dan mereka akan lebih bersemangat untuk sahur tepat pada waktunya setiap hari selama bulan puasa.

  1. Tentukan jam sahur sendiri selama puasa

Selain menyiapkan menu sahur sesuai dengan apa yang anak Anda inginkan, salah satu cara yang cukup tepat untuk mengajarkan anak Anda sahur dengan teratur adalah dengan mengajaknya menentukan jam sahur mereka sendiri. Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu masalah yang cukup besar adalah belum terbiasanya anak bangun pagi sebelum subuh dan menyantap hidangan sahur. Nah, oleh karena itu, cobalah untuk berdisuksi dengan anak Anda dan tentukan jam sahur versi anak Anda sendiri. Tentu, Anda juga sebaiknya menjelaskan waktu-waktu yang diperbolehkan dan disarankan untuk sahur. Dengan cara yang satu ini, selain Anda bisa menambah pengetahuan anak Anda, tentu anak Anda juga akan langsung paham saat dibangunkan bahwa jam tersebut adalah jam sahur yang sudah ia tentukan sendiri.

  1. Biasakan anak tidur lebih cepat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua adalah tidak membiasakan anak tidur di awal waktu meskipun tidak ada kegiatan apa-apa yang di lakukan. Tidur di awal waktu adalah salah satu kunci yang paling tepat untuk membiasakan anak Anda sahur pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencoba untuk membiasakan anak tidur setelah shalat tarawih jika sudah tidak ada agenda penting yang harus dilakukan. Tidur di awal waktu akan sangat membantu untuk menjaga kondisi kesehatan anak anda. Anak juga akan merasa lebih segar dan tidak mengantuk pada saat makan sahur bersama dengan Anda.

  1. Berikan hadiah pada anak

Tidak dipungkiri bahwa anak sangat suka untuk diberikan hadiah. Hadiah dianggap sebagai salah satu pelecut yang akan membuatnya nampak lebih bersemangat untuk melakukan beragam hal apapun. Nah, dalam hal ini, Anda dapat memberikan hadiah pada anak Anda jika anak Anda berhasil sahur secara teratur selama sebulan dan juga menjalankan ibadah puasa secara penuh selama sebulan. Ide ini memang merupakan ide yang klasik tetapi pada dasarnya memang sangat bermanfaat dan berguna. Nah, coba tanyakan pada diri Anda sendiri tentang hadiah apa yang hendak Anda berikan. Jangan lupa, berikan pula konsekuensi pada anak Anda jika ia bolong dalam menjalankan puasa. Hal ini bisa melatih anak Anda untuk bertanggung jawab.

Dengan beberapa cara unik sebagaimana dijelaskan di atas, tentu saja Anda akan lebih mudah untuk mengajarkan anak Anda sahur di waktu yang tepat dan beribadah puasa sebagaimana diajarkan. Meskipun Anda perlu bersabar dan telaten, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar dalam perkembangan anak Anda. Selamat mencoba.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top