Motivation

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Tak terasa hari lebaran yang sudah dinanti akhirnya usai juga. Dan momen berkumpul bersama keluarga yang luar biasa kini sudah mulai kembali normal. Tradisi makan-makan ketika berkumpul tersebut atau membagi-bagikan uang kepada para keponakan  sudah menjadi pemandangan yang wajar ketika lebaran. Walaupun sarat akan nilai ibadan dan positif, hal ini pastinya akan banyak menguras isi dompet. Untuk menghadapi hal tersebut berikut ini cara sehatkan kembali keuangan anda pasca lebaran yang bisa dilakuka agar terhindar dari krisis keuangan di bulan baru.

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Periksa Kembali Keuangan Anda

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Untuk memulihkan kondisi keuangan poasca lebaran hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa kembali kondisi keuangan. Setelah diperiksa baru selanjutnya Anda bisa memeriksa kebutuhan apa saja yang sekiranya harus dicukupi. Agar kondisi keuangan stabil pemeriksaan tersebut dilakukan secara mendetail sehingga Anda akan tahu bagian mana yang sekiranya sangat penting dibutuhkan dan harus segera dipenuhi. Dengan demikian Anda akan menjadi lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan yang tersisa pasca lebaran ini.

2. Menyusun Kembali Anggaran

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Setelah memeriksa kondisi keuangan langkah yang selanjutnya adalah menyusun kembali anggaran-anggaran rumah tangga yang biasa Anda penuhi dalam setiap bulannya atau setiap minggunya. Langkah ini bisa dilakukan sama dengan yang Anda lakukan sebelum puasa. Dengan menyusun anggaran Anda juga dapat lebih berhemat dengan cara membuat daftar pengeluaran apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan dalam minggu ini atau bulan ini. Untuk beberapa bulan pasca lebaran berhemat menjadi hal yang sangat penting dilakukan agar kondisi keuangan yang sakit pasca lebaran segera dapat disembuhkan dan tidak berlarut-larut terlalu lama.

3. Batasi Pengeluaran Harian

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Anda juga harus membatasi pengeluaran harian dalam beberapa pekan kedepan. Pengeluaran harian yang rutin misalnya belanja, uang jajan, dan lain sebagainya ada baiknya dibuat semninimalis mungkin. Untuk belanja kebutuhan pokok tidak ada salahnya untuk sementara watu Anda lebih banyak makan di rumah dari pada harus makan  diluar. Tentu jika Anda tidak cukup hemat memenuhi kebutuhan makan maka akan banyak mengeluarkan uang. Makan dirumah selain lebih hemat tentunya juga lebih sehat dan higienis.

4. Tetapkan Biaya Harian

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Selain dengan membatasi pengeluaran harian Anda juga harus menetapkan biaya harian untuk belanja dan keperluan lainnya. Misalnya, jika biasanya belanja kebutuhan harian hanya 50 ribu maka untuk hari-hari berikutnya kalau bisa anggaran tersebut tidak pernah bertambah walaupun hanya seribu saja. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih berhemat dan lebih menghargai uang. Selain itu kondisi keuangan keluarga bisa lebih stabil kembali sesaat setelah terkuras habis di waktu lebaran.

5. Tunda Belanja Barang Yang Tidak Anda Butuhkan

Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Cara terakhir agar bisa mengembalikan kondisi keuangan keluarga pasca lebaran usai adalah lebih bijak ketika berbelanja kebutuhan. Anda juga bisa menghindari membeli sesuatu barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan serta tidak terlalu penting untuk saat ini. Hal tersebut hanya akan meghamburkan uang bahkan bisa memperburuk keadaan financial keluarga.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top