Tips Kesehatan

Cara Sehat Menggemukkan Badan Untuk Yang Terlalu Kurus

Cara Sehat Menggemukkan Badan Untuk Yang Terlalu Kurus

Punya masalah dengan berat badan? Mungkin beberapa solusi di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi badan kurus. Yah, memiliki tubuh kurus memang cukup identik membuat tubuh lebih seksi. Badan ramping adalah pertanda tubuh sehat. Namun sayangnya hukum ini tidaklah berlaku bagi kondisi tertentu. Ada yang menunjukkan bahwa tubuh kurus bisa jadi pertanda gizi buruk atau yang sedang hamil, bisa jadi masalah untuk janin.

Sponsor:  kezia skin expert

Bagi mereka yang menginginkan tubuh kurus, justru harus melihat bagaimana orang yang berbadan kurus melakukan banyak perjuangan demi tubuh berisi dan padat. Sama dengan tantangan menguruskan badan bagi si gemuk, mereka yang memiliki tubuh kurus mencoba berbagai hal demi medapatkan tubuh yang berisi seperti makan banyak atau menggunakan suplemen penambah berat badan. Namun, makan secara berlebihan dan asal juga tidak baik. Untuk itu berikut cara sehat menggemukkan badan untuk yang terlalu kurus.

1. Makan porsi kecil, tapi sering

Makan dengan porsi banyak bisa membuat perut mudah kenyang lebih cepat sehingga membuat Anda jarang makan. Layaknya mesin, tubuh membutuhkan energi untuk terus bergerak aktif. Melewati satu porsi makan bisa membuat tubuh memaksa bergerak tanpa energi. Berbeda dengan orang berbadan normal, si kurus tidak membutuhkan cadangan energi dari glukosa dan lemak. Jadi, makan dengan porsi sedikit namun sering bisa jadi solusi. Anda bisa mulai dengan makan 5-6 porsi dengan jarak 3-5 jam sekali bukan 2 atau 3 kali namun porsi jumbo.

2. Variasikan isi piring makan

Upayakan untuk menvariasikan isi pingin dengan 3 kelompok makanan berbeda. Misalnya saat ngemil pilihlah pisang dan susu dengan roti lapis dengan selai kacang. Makin bervariasi asupan Anda maka makin baik untuk menambah asupan gizi dan kalori.

3. Pilih makanan tinggi kalori

Menurut ahli gizi Kim Larson dari Seattle, lebih baik tinggalkan makanan dengan label “bebas lemak”, atau “rendah kalori”. Meski begitu bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih makanan. Ujung-ujungnya bisa memicu terbentuknya kolesterol jahat. Jadi pilih sumber lemak nabati dari biji atau kacang, keju, jagung, oatmeal, kentang, alpukat atau sup krim dan minyak zaitun. Masukkan juga telur dan ikan laut tinggi omega 3. Sementara camilannya bisa pilih greek yogurt, muesli atau buah kering.

4. Minum jus atau smoothie

Jangan asal pilih minuman, dan mulailah pilih yang sehat dan mengenyangkan seperti jus atau smothie. Pilih smothie dengan susu full cream atau dengan buah segar. Tambahkan kalori dengan campuran chia seed, almond butter atau selai kacang. Cegah kebiasaan minum kopi, teh, alkohol atau soda.

5. Makan sebelum tidur dan olahrag

Cara terakhir adalah makan disaat jam istirahat demi menjamin pasokan energi di malam hari. Misalnya gandum atau biskuit. Dan pagi harinya lakukan latihan beban untuk menambah masa otot.

1
33%
like
2
66%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top