Tips & Trik Parent

Cara Sederhana Mengatasi Anak yang Susah Mandi

Salah satu hal yang sangat mengganggu anak dan bisa menjadi satu permasalahan yang dialami setiap hari adalah kebiasaan anak yang susah untuk disuruh mandi. Ada banyak sekali alasan yang dilontarkan dari anak kenapa mereka menjadi sangat malas mandi, mulai dari anak takut air, takut kena sabun atau shampoo atau berbagai hal lainnya. Tentu saja, jika ini dibiarkan dan diterus-teruskan begitu saja akan sangat menganggu bagi tumbuh kembang anak. Anak yang seharusnya mendapatkan tubuh yang sehat dan segar dari segarnya mandi, justru akan terus merasa takut dengan rutinitas yang satu ini.

Sponsored: cream perawatan wajah

Cara Sederhana Mengatasi Anak yang Susah Mandi

Bahkan, jika anak sudah mulai bisa bermain diluar rumah atau diluar ruangan pasti mereka akan mendapatkan tubuh yang sangat kotor yang pastinya menjadi sarang kuman dan berbagai virus yang bisa saja mengancam kesehatan mereka. Keringat yang keluar pada saat masa anak sedang aktiv-aktiv nya pasti juga akan sangat mengganggu mulai dari menimbulkan rasa gatal hingga tidak bisa tidur nyenyak. Oleh karena itulah, demi mengatasi anak yang susah mandi, lebih baik untuk segera Mengatasi Anak yang susah mandi dengan berbagai cara yang sederhana namun sangat manjur berikut ini.

  • Suasana Mandi yang Menyenangkan

Jangan jadikan mandi sebagai suasana yang membosankan dan penuh ketegangan bagi anak. Anak-anak yang masih diusia batita pasti akan merasakan ngeri dan takut ketika harus mandi dan juga dibarengi dengan keramas. Ciptakan suasana yang menyenangkan dimana membuat mereka layaknya bermain nan menyenangkan. Tambahkan beberapa mainan yang bisa mereka mainkan saat mandi atau jika perlu ajak mandi kakak, adik atau saudara yang seumurnya untuk mandi bersama. Hal ini bisa memberikan suasana yang menyenangkan yang pastinya akan membuat ia merasa tak lagi seram tapi justru ketagian untuk mandi.

  • Gunakan Air Hangat

Air yang dingin yang secara mengagetkan menyirami tubuh mereka juga menjadi satu hal yang menyebabkan anak jadi susah dan malas mandi. Siapkan saja air hangat dan juga spon lembut yang bisa digunakan untuk membersihkan badan anak. Suasana mandi dengan menggunakan air hangat lengkap dengan spon yang lembut akan membuat anak menjadi lebih rilex dan pastinya membuatnya tak lagi takut untuk menyentuh dan mandi secara teratur.

  • Mandi secara Kreatif

Ciptakan suasana mandi yang selalu berbeda antara satu aktifitas mandi dan yang lainnya. Misalnya saja memilih mandi diluar ruangan dan didalam kamar mandi, menggunakan peralatan mandi dan juga permainan yang berbeda, handuk yang baru atau mandi dengan menggunakan shower pasti akan menimbulkan rasa yang menyenangkan juga. Tambahkan juga peralatan mandi yang lucu-lucu untuk membuat anak tertarik dengan peralatan mandi sehingga mereka tak akan lagi takut ataupun malas untuk mandi.

  • Nasihati

Saat anak tidak mau mandi ada baiknya untuk tidak membentak ataupun memarahi anak. Nasihati saja dengan baik dan secara hati-hati. Kasih pembelajaran tentang apa saja manfaat dan apa akibatnya jika tidak mandi secara rutin. Hal ini ada baiknya untuk dilakukan secara terus menerus dengan memberikan cerita-cerita yang menarik yang dikemas dengan dalamnya ada akibat apa saja yang bisa mereka dapatkan jika mereka tidak bisa mandi secara rutin. Dengan cara ini tentu akan membuat mereka terus mengingat kemudian mereka akan mau untuk mandi secara rutin dengan mengingat cerita yang anda berikan.

  • Sesekali Berikan Hadiah

Tak ada salahnya untuk memancing anak supaya mau untuk mandi secara rutin dengan memberikan hadiah kecil-kecilan kepada anak. Meskipun jika diteruskan secara terus menerus bisa mengakibatkan hal yang kurang baik, namun dengan memberi hadiah sesekali bisa membuat mereka akan mau untuk rutin mandi. Misalnya saja jika anak mau mandi secara rutin dalam jangka waktu seminggu akan diberi hadiah makanan kesukaannya atau berbagai hal lainnya. Dengan sekali saja mereka terbiasa untuk mandi, maka kegiatan tersebut akan menjadi hal yang kurang jika mereka tidak melakukannya.

  • Jangan memaksa

Jika usaha sudah dilakukan dengan maksimal dan sudah dengan melakukan berbagai cara namun anak masih belum mau mandi, ada baiknya bagi orang tua untuk tidak memaksakan anak untuk mandi. Hal ini tentu akan menjadikan anak malah justru semakin mendapatkan kesan yang kurang menyenangan dari mandi, bukannya membuat mereka ingin segera untuk mandi tetapi hal ini justru akan membuat mereka menjadi semakin takut. Apalagi jika anak sudah sampai menangis secara histeris dan tetap masih susah untuk dibujuk, tentu sebaiknya sebagai orang tua untuk mengalah. Anda bisa mencoba untuk mengelap dengan menggunakan spon yang halus untuk membuang keringat pada tubuh anak.

Menjaga kebersihan anak untuk tetap sehat dan bersih tentu sangat penting untuk dilakukan. Membuat anak untuk bisa mandi secara rutin dua kali dalam sehari bisa menjadi perkara yang mudah jika anda terus melakukan tips-tips diatas. Anda juga bisa memulai hal tersebut sejak ia masih kecil, sehingga jika ia sudah bertambah umur juga tetap tidak akan takut dan malas untuk mandi. Dengan mandi secara rutin, pasti akan membuat anak menjadi terhindar dari berbagai kuman yang bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya.

 

Baca juga: Siapkan Berbagai Mainan Indoor Untuk Anak Untuk Liburan yang Menyenangkan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top