Rambut ku

Cara Perawatan Rambut Sambungan Dengan Baik

Gaya rambut yang beragam semakin digemari oleh kalangan wanita. Salah satunya adalah mereka yang memiliki rambut pendek dan menginginkan rambut panjang dalam waktu yang singkat. Cara termudah yang biasa mereka lakukan adalah dengan menyambung rambut. Tahukah anda, bahwa menyambung rambut tidaklah semuah yang dibayangkan. Salah dalam merawatnya dapat mengakibatkan rambut anda menjadi rontok dan rusak. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berikut adalah cara perawatan rambut sambungan dengan baik.

Cara Perawatan Rambut Sambungan Dengan Baik

sponsor: kezia skin expert.

Jenis-Jenis Rambut Sambungan

Perlu anda ketahui bahwa menyambung rambut hanya dapat dilakukan pada seseorang dengan akar rambut yang kuat dan sehat. Selain itu, rambut yang digunakan untuk menyambung rambut harus memiliki tekstur yang sama dengam rambut asli. Hal ini dilakukan agar rambut terlihat menyatu dan alami, sehingga anda tidak terlihat seperti sedang memakai rambut palsu. Oleh sebab itu sebelum menyambung rambut, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini.
Agar hal-hal buruk seperti alergi dapat dicegah, maka sebaiknya anda memilih rambut sambungan yang tepat sesuai dengan kondisi rambut anda. Untuk memilih rambut sambungan yang baik, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mengetahui bahan dasarnya. Secara garis besar, rambut sambungan terbuat dari bahan-bahan seperti berikut:

        Rambut manusia
Industri yang memproduksi rambut sambungan yang terbuat dari rambut asli semakin banyak. Hal ini karena rambut asli memang lebih disukai karena dianggap yang terbak. Selain itu dengan rambut ini penampilan juga akan terlihat semakin sempurna. Rambut sambungan jenis ini terbudat dari tiga bahan, yaitu: lapisan dalam (medula), koteks, dan kutikula.
Kutikula inilah berperan melapisi melindungi rambut dari segala bentuk kerusakan. Bagian ini juga sangat penting untuk mengkondisikan kadar air dan serat pada rambut. Kutikula yang sehat adalah kunci utama agar rambut terlihat berkilau dan sehat. Karena teksturnya yang alami dan asli, maka rambut sambungan dengan bahan dasar rambut manusia asli dapat dikatakan yang terbaik.

        Serat Sintetis
Bahan rambut sambungan yang lain adalah terbuat dari serat sintetis. Rambut ini terbuat dari berbagai bahan serat sintetis yang berbeda, biasanya tidak akan menggunakan rambut manusia asli. Meski terlihat sangat mirip dengan rambut manusia, serat sintetis sering kali dapat mudah rusak terutama jika terkena hawa panas dan gesekan.
Keunggulan yang bisa anda dapatkan dari rambut sambungan berbahan dasar sintetis, adalah harganya yang lebih terjangkau. Namun kebanyakan rambut sambungan berbahan dasar sintetis memiliki tekstur yang lebih kaku dan terlihat tidak alami jika dipakai. Jika anda memakai rambut sambungan jenis ini, maka sebaiknya anda menggunakan penata rambut yang dapat memberi hawa panas, seperti pelurus dan pengering rambut.

        Futura
Bahan lain yang biasa diugunakan dalam membuat rambut sambungan adalah futura. Jenis rambut sambungan ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu mampu bertahan terhadap panas hingga 200 derajat celcius. Kelebihan lain dari rambut sambungan jenis ini adalah lebih tahan lama, bahkan masa pakainya dapat lebih lama jika dibandingkan dengan rambut manusia yang asli. Futura juga akan terlihat seperti rambut asli karena dapat diluruskan, ditata bergelombang, bebas kusut, dan terlihat kemilau layaknya rambut asli.
Kelemahan dari rambut ini adalah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menatanya. Selain itu, jenis rambut yang berbahan futura tidak dapat anda warnai. Maka dari itu, futura sering kali dijual dengan campuran rambut asli manusia.

Cara Perawatan Rambut Sambungan Dengan Baik

Setelah mampu memilih dan menentukan jenis rambut sambungan yang tepat, selanjutnya adalah anda harus mengerti bagaimana cara merawat rambut sambungan yang baik. Anda dapat menerapkan langkah-langkah seperti di bawah ini:

         1. Cek rambut sambungan setiap bulan
Hal ini perlu anda lakukan secara rutin untuk merapikan rambut. Sehingga rambut sambungan yang mulai kendor atau lepas dapat segera dilem kembali. Selain itu, pengecekan rambut sambungan juga akan membuat rambut anda menjadi lebih rapi dan tidak terlihat kusut.

         2. Hati-hati saat keramas
Hindari membalik rambut ke atas dan memutar-mutarnya saat keramas. Hal ini dpat membuat rambut sambungan menjadi kusut. Lalu, keringkan rambut anda dengan cara yang alami. Hindari pengeringan rambut menggunakan hair dryer karena dapat mengurangi kekuatan lem.

         3. Jangan pernah menggunakan rambut sambungan bekas
Sebenarnya rambut sambungan dirancang hanya untuk satu kali penggunaan, sehingga sangat tidak baik jika anda menggunakan rambut sambungan yang pernah dipakai sebelumnya. Ketika mencatok rambut jangan sampai mengenai bagian lem atau hair clip, atau sebaiknya anda menghindari kebiasaan ini. Karena jika hal tersebut terjadi, akan mengakibatkan berkurangnya kekuatan lem pada rambut sambungan.

         4. Gunakanlah penutup saat berenang
Hal ini sangat penting bagi anda yang memakai rambut sambungan. Dengan memakai penutup saat berenang maka akan mencegah klorin yang ada di dalam kolam renang untuk meresap ke rambut. Jika klorin mengenai rambut, maka hal tersebut dapat merusak rambut sambungan anda. Setelah berenang jangan lupa cucilah rambut anda dengan baik dan benar.

         5. Sisirlah rambut sambungan dengan rutin
Anda harus rajin menyisir rambut sambungan untuk mencegah terjadinya kusut pada rambut. Saat menyisir rambut, sebaiknya anda juga melengkapinya dengan pemakaian kondisioner. Sehingga, rambut sambungan anda akan lebih halus dan lembut.

Demikian cara perawatan rambut sambungan dengan baik, pada dasarnya perawatan rambut sambung tidaklah harus dilakukan di salon atau klinik kecantikan lainnya. Perawatan tersebut juga dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Yang harus anda perhatikan adalah selalu memperhatikan sampo dan kondisioner yang anda gunakan, pastikan manfaatnya sesuai dengan kondisi dan tipe rambut. Sekian, semoga bermanfaat.

1
12%
like
1
12%
love
6
75%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top