Rambut ku

Cara Perawatan Rambut Di Rumah

Rambut merupakan salah satu bagian yang menjadi penunjang penampilan baik bagi pria maupun wanita. Rambut yang sehat dan indah akan menambah kepercayaan diri seseorang, sehingga menjadi lebih tampil dengan cantik atau tampan. Sebaliknya, jika terdapat masalah rambut, maka akan mempebgaruhi penampilan sehingga mengurangi kepercayaan diri. Sebagai usaha untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, maka bisa dilakukan beberapa usaha untuk merawatnya, dari mulai dari perawatan sederhana hingga perawatan khusus berharga mahal. Sebenarnya, untuk mendapatkan rambut yang menawan bisa dengan melakukan hal-hal mudah dan sederhana dimulai dari rumah. Terutama bagi mereka yang sibuk, cara perawatan rambut di rumah bisa menjadi solusi penampilan rambut di sela-sela kepadatan rutinitas.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Cara Perawatan Rambut Di Rumah

Perawatan rambut kelas rumahan bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang jika dilakukan sendiri pasti tidak akan berbahaya cukup signifikan. Bahan-bahan alam ini cukup mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari, dan cara penggunaannya cukup mudah. Berikut ini ulasan perawatan rambut di rumah :

  1. Lidah buaya dan alpukat

Perawatan dengan memanfaatkan lidah buaya dan alpukat dilakukan dengan cara membuat pasta campuran yang digunakan sebagai masker rambut. Cara pembuatannya yaitu dengan mengambil daging lidah buaya yang selanjutnya dihancurkan bersama-sama dengan alpukat. Perbandingan bahan keduanya bebas tidak ada patokan. Setelah halus, pasta ini kemudian dioleskan merata ke seluruh rambut, lalu diamkan beberapa waktu, kurang lebih 30 menit. Berikutnya bilas rambut hingga bersih dengan berkeramas.

  1. Jus daun seledri

Seledri biasa digunakan membuat masakan sebagai penambah aroma. Ternyata daun hijau berbau khas ini bisa digunakan untuk perawatan rambut agar membuta rambut lebih lembut. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan mebuat jus seledri yang didiamkan semalaman. Keesokan paginya, rambut bisa diolesi dengan pasta jus seledri tersebut secara merata. Agar lebih meresap, biarkan hingga kurang lebih 15 menit, dan berikutnya bisa dibersihkan dengan bersih.  Lakukan perawtan ini sesuai kebutuhan.

  1. Cuka sari apel dan air hangat

Perawtan menggunakan cuka sari apel dipadukan dengan air hangat dilakukan dengan membersihkan rambut dengan berkeramas terlebih dahulu. Cuka sari apel dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:1. Campuran ini kemudian digunakan untuk membasahi rambut hingga merata. Diamkan sekitar 5 menit, lalu diakhiri dengan pembilasan hingga bersih. Bahan campuran ini digunakan bertujuan agar rambut yang lepek menjadi lebih mengembang.

  1. Lemon

Kandungan lemon bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang kusam. Caranya yaitu dengan memeras sari lemon ini secukupnya untuk rambut. Saat rambut telah bersih dengan keramas, sari lemon ini dibilaskan digunakan untuk membasahi rambut dengan merata. Beerikutnya, rambut didiamkan sekitar 10 menit, dan diakhiri dengan pembilasan.

  1. Jus labu botol

Labu botol dipotong-potong dengan terlebih dahulu dikupas kulitnya. Potongan labu kemudian diblender hingga halus.  Jus atau pasta labu ini kemudian dioleskan ke seluruh bagian rambut dengan merata, serta dibiarkan hingga kurang lebih 30 menit. Tahap akhir rambut dibilas dengan bersampo seperti biasa.

  1. Baking soda

Bubuk berwarna putih ini sering digunakan untuk membuat kue. Untu perawtan rambut di rumah menggunakan baking soda dilakukan dengan membuat campuran air satu gelas ditambah dengan 3 sendok makan baking soda. Campuran ini digunakan sebagai perawatan saat proses pembilasan rambut ketika berkeramas. Fungsinya untuk mengurangi kandungan zat kimia saat menggunakan sampo, penggunaan penggunaan hair styling.

  1. Menggunakan serum rambut

Serum rambut bisa digunakan untuk melidungi rambut dari paparan sinar matahari yang terik. Papara sinar UV bisa membuat rambut bercabang. Penggunaan serum lebih baik digunakan sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top