Rambut ku

Cara Perawatan Rambut Bercabang

Memiliki rambut yang indah memang menjadi idaman banyak orang, terutama bagi kaum wanita. Bagi rambut yang mulai menunjukkan tanda-tanda tidak sehat bisa dilakukan perawatan intensif sehingga menjadi lebih sehat dan bercahaya. Permasalahan rambut yang sering sekali terjadi adalah kondisi rambut bercabang dan kering.

Cara Perawatan Rambut Bercabang

Biasanya, bagi mereka yang mengalami permasalahan rambut seperti ini tidak akan menunggu lama untuk segera memotong rambut yang rusak. Memotong ujung rambut biasanya dijadikan solusi praktis dan cepat untuk menghilangkan masalah rambut bercabang. Harapannya, rambut yang telah dipotong kemudian akan tumbuh lagi, dengan sehat, sehingga bagian yang bercabang hilang.

Sebenarnya cara ini tidak sepenuhnya keliru. Tapi jika tidak dibarengi dengan perawatan rambut, maka rambut yang telah dipotong ujungnya akan kembali kambuh menjadi bercabang lagi. Hal ini terjadi karena kondisi rambut yang tidak sehat, kondisinya kering, dan akhirnya mudah retak atau patah. Untuk memiliki rambut indah yang tidak kering dan tidak bercabang maka bisa dilakukan beberapa hal sebagai perawatan yang mendukung kesehatan rambut. Cara perawatan rambut bercabang tanpa memotongnya, antara lain:

  1. Mengurangi dan menghindari penggunaan alat panas untuk rambut

Rambut kering dan mudah patah karena rapuh dapat disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering alat panas. Contohnya pada penggunaan alat catok rambut, hair dryer. Untuk mengeringkan rambut bisa menggunakan udara segar alami, menggunakan aliran udara pada klipas angin, atau menggunakan aliran udara dingin pada hair dryer. Dengan demikian, rambut tidak akan kepanasan yang mungkin bisa memperparah kondisinya.

  1. Menggunakan sisir bergigi jarang

Setelah mencuci rambut dengan berkeramas, rambut hendaknya diberikan nutri tambahan menggunakan conditioner. Setelah conditioner dioleskan secara merata di rambut, rambut kemudian disisr dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Hal ini dilakukan agar mencegah rambut bertambah cabangnya jika disisr dalam keadaan kering.

  1. Memperbanyak konsumsi folic acid dan biotin

Makanan yang banyak mengandung folic acid contohnya pada sayuran hijau, jeruk, gandum. Sedangkan makanan yang mengandung biotin dapat ditemukan pada kacang-kacangan dan beras merah. Fungsi folic acid dapat menambah jumlah sel darah merah sehingga pertumbuhan rambut bisa lebih baik. Biotin bagi rambut bermanfaat dalam meperkuat helai rambut.

  1. Menggunakan leave-in conditioner

Selain conditioner biasa, rambut juga bisa ditambahkan perawatan menggunakan leave-in conditioner. Jenis Conditioner tanpa bilas akan memberikan protein lebih pada batang rambut.

  1. Menata rambut dengan cara yang tepat

Menata rambut yang sering dilakukan adalah menata dengan cara blow. Agar rambut menjadi lebih aman dari kerusakan, maka blow dilakukan saat rambut sudah mengering kurang lebih 90%. Dengan melakukan hal ini, rambut tidak akan terkena panas terlalu lama.

  1. Mengurangi kegiatan yang membuat rambut rusak

Agar rambut tidak semakin rusak maka perlu sekali mengurangi kegiatan yang mampu merusak rambut. Ketahanan rambut antara individu satu yang lain akan berbeda, tergantung dari jenis rambutnya masing-masing. Agar rambut tidak semakin parah, alangkah tepatnya untuk melakukan terlalu sering styling, pewarnaan, atau menggunakan alat panas.

  1. Mengaplikasikan vitamin

Agar rambut lebih sehat, perlu pula perawatan menggunakan vitamin rambut. Tambahan vitamin ini dilakukan agar rambut bisa ternutrisi hingga sampai ke ujungnya. Bila rambut sudah terlihat menunjukkan gejala yang tidak sehat, segera beri tambahan vitamin rambut hingga mencapai ujungnya. Setelah keramas.

  1. Mengkonsumsi buah

Selain perawatan dari luar, rambut juga bisa dirawat dengan nutrisi dari dalam tubuh. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E agar menjaga rambut sehat dan lembab.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top