Rambut ku

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Tips merawat rambut untuk wanita berhijab – Permasalahan utama wanita berhijab yaitu pada rambut yang selalu tertutupi. Aktivitas sehari-hari yang dilakukan membuat rambut terasa lepek dan memiliki bau yang kurang enak. Keringat yang dikeluarkan oleh kulit kepala yang menjadikan rambut menjadi bau dan lepek. Semua wanita pasti menginginkan rambut yang indah berkilau. Karena rambut merupakan mahkota yang paling berharga bagi setiap manusia. Namun masih ada beberapa wanita yang merasa cara merawat rambut saaat berhijab dikatakan masih kurang tepat. Tetapi bukan berarti hijab menjadi halangan. Karena hijab adalah peraturan yang wajib dari Al-Qur’an bagi setiap wanita muslim.

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

sponsor: kezia skin expert.

Beberapa permasalahan yang terjadi pada rambut yaitu kerontokan, rambut lepek, rambut memiliki bau yang tidak enak, rambut bercabang, gatal, ketombe, dan patahnya batang rambut. Banyak yang menyebabkan beberapa permasalahan rambut tersebut. Diantaranya kurangnya oksigen pada rambut sehingga menjadikan patahnya batang rambut, bahkan hingga kerontokan. Kerontokan yang berlebihan dan terjadi secara terus-menerus membuat rambut menjadi semakin tipis, dan kulit kepala yang terlihat. Terlihatnya kulit kepala memberikan kesan bahwa rambut yang dimiliki sedang dalam kondisi tidak sehat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi rambut juga sangat berpengaruh. Faktor dari luar misalnya cuaca. Panasnya suhu dikepala membuat kulit kepala menjadi tidak nyaman, sehingga bisa menjadi masalah bagi rambut. Rambut yang terkena keringat dan menjadi lembab, merupakan tempat ternyaman bagi bakteri dan kuman untuk tumbuh. Sehingga rambut menjadi kotor dan tidak sehat.

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Beberapa tips untuk merawat rambut berhijab diantaranya:

  1. Selalu Membersihkan Rambut Sebelum Tidur

Setelah seharian menggunakan hijab, biasanya rambut terasa lengket dan bau ketika melepas hijab. Rambut yang terus-terusan diikat seharian dan tertutupi oleh hijab membuat rambut kekurangan oksigen. Aktivitas sehari-hari yang menghasilkan keringat di kepala menempel pada rambut sehingga membuat rambut lengketdan memiliki bau yang tidak enak. Maka setelah beraktivitas dan sebelum istirahat hendaknya membersihkan rambut terlebih dahulu agar kulit kepala menjadi bersih kembali. Serta tidak meninggalkan kotoran saat kita di rambut saat kita beristirahat.

  1. Tidak Memakai Ikat Rambut Saat Sedang Tidak Memakai Hijab

Rambut yang terus-terusan diikat bahkan hingga seharian full bisa membuat rambut menjadi patah bahkan hingga akarnya tercabut. Sehingga mengalami kerontokan pada rambut yang mebuat rambut menjadi tipis. Maka dari itu ketika bertistirahat atau ketika sedang melepas jilbab sebaiknya tidak memakai ikatan rambut supaya rambut memiliki kesempatan utnuk bernafas. Sehingga kerontokan rambut bisa teratasi dengan baik. Apalgi jika kita mengikat terlalu kencang bisa membuat kepala menjadi sakit.

  1. Menggunakan Conditioner

Menggunakan shampo saja tidak cukup untuk membersihkan rambut. Setelah memakai shampo, sebaiknya menggunakan conditioner untuk menjaga kelembutan rambut. Menjaga rambut tidak kering, sehingga saat memakai ikat rambut tidak cepat patah. Yang mengakibatkan kerontokan pada rambut. Setidaknya penggunaan conditioner membantu rambut untuk menjaga kelembutannya.

  1. Menggunakan Vitamin Rambut

Hal terpenting lainnya yaitu menggunakan vitamin rambut setelah rambut dibersihkan. Banyak yang melupakan cara ini, karena sebagian dari mereka merasa ribet dengan penggunaan vitamin rambut ini. Karena terlalu banyak prosedur yang harus dilakukan. Namun menggunakan vitamin pada rambut tetaplah penting. Vitamin memberikan nutrisi untuk rambut sehingga bisa menjaga kesehatan rambut.

  1. Tidak Memakai Hijab Saat Rambut Basah

Terkadang sebagian wanita sering mengikat rambutnya ketika kondisi rambutnya masih basah. Alasannya yaitu karena terburu-buru, sudah tidak sempat lagi, dan lain sebagainya. Namun hal kecil ini penting dilakukan karena saat rambut basah kemudian dipaksa diiket dan ditutupi dengan hijab, maka membuat rambut menjadi lembab yang menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu rambut menjadi lepek, bau, bahkan hingga menyebabkan kerontokan.

  1. Penggunaan Ikat Rambut Yang Benar

Pilihlah ikat rambut dengan bentuk yang tidak terlalu rumit. Karena jenis ikat rambut yang memiliki banyak ruang kemungkinan menyebabkan rambut menjadi rontok. Apalagi jika mengikatnya terlalu kencang. Maka dari itu pilihlah jenis dan bahan ikat rambut yang membuat rambut tidak cepat rontok.

  1. Pemakaian Jilbab Yang Salah

Jenis jilab yang sesuai sangatlah penting untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap memberikan kenyamakan kepada si pemakai. Dengan kondisi iklim Indonesia yang tropis sebaiknya pilihkan jilbab dengan berbahan dasar yang bisa menyerap keringat. Sehingga rambut tidak mudah lepek dan berminyak.

  1. Menggunakan Produk yang Sesuai

Penggunaan shampo harus sesuai dengan kondisi rambut saat itu. Sesuai dengan permasalahan rambut yang dialami. Dengan produk yang sesuai akan memberikan perlakukan yang sesuai juga sehingga masalah yang ada bisa teratasi. Misalnya untuk rambut yang berketombe, gunakanlah shampo anti dandruf atau anti ketombe untuk mengurangi ketobe yang ada.

Bagi para wanita berhijab sekarang sudah tidak ada lagi kekhawatiran mengenai masalah rambut. Hal-hal kecil yang bisa kita lakukan bisa menjaga kesehatan rambut yang tertutupi. Tidak khawatir lagi akan penggunaan hijab. Asalkan dilakukan dengan tekun bisa mengatasi masalah-masalah pada rambut. Rambut yang terawat mebuta kepala menjadi lebih segar dan bisa melakukan aktfitas dengan semangat. Selain dengan cara diatas bisa ditambahkan dengan asupan makanan yang memberi nutrisi pada kesehatan rambut. Maka kesehatan rambut dari dalam dan luar tetap terjaga dengan baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top