Tips & Trik Parent

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

Anak adalah karunia Tuhan yang di titipkan untuk para orang tuannya. Dan sebagai mestinya, Anda sebagai orang tua memiliki tanggung jawab besar serta kewajiban penuh untuk mendidik, membersarkan dan memberikan kasih sayang terbaiknya untuk tumbuh kembang buah hati. Jangan sampai kita menjadi orang tua yang gagal memberikan pendidikan sebaik dan selayak mungkin untuk seorang anak. Karena sangat disayangkan sekali bagi orang tua yang tidak memiliki kasih saying sepenuhnya untuk mendidik mereka, maka bisa jadi berpengaruh pada perkembangan nya sendiri.

Sponsor: kezia skin expert

Keceriaan anak tak lepas dari kebahagiaan yang hadir dari dalam dirinya ataupun orang lain. Namun jika tiba-tiba keceriaan anak berubah jadi kesedihannya tentu sebagai orang tua pasti akan merasa khawatir. Dan jika anak sedang bersedih, sudah selayaknya orang tahu memahami isi hatinya. Lalu seperti apa dan bagaimana cara menghibur anak yang sedang bersedih? Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk Anda yang mendapati buah hati sedih.

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

1. Dialog adalah kunci mendekati anak dengan hati

Cara pertama yang bisa dilakukan saat Anda melihat buah hati sedang tidak ceria adalah dengan mengetahui penyebab utamanya. Namun disini Anda tidak bisa sekedar mencari pendapat jika belum menanyakan langsung pada anak tentang hal yang sebenarnya terjadi. Sebagai orang tua, jadilah orang pertama yang mampu melihat kondisi anak misalnya dengan menanyakan tentang masalah apa yang tengah dialami olehnya. Mungkin dengan cara berdialog sambil menatap muka seperti itu, akan membuat anak jauh lebih nyaman untuk mengutarakan sesuatu dan terbuka tentang masalah yang tengah ia hadapi. Misalnya anak akan menceritakan kepada orang tua tentang temannya, tentang sekolah, atau masalah pribadi yang membuatnya bimbang. Atau jika memungkinkan, Anda bisa menyinggung seputar kegiatan yang anak lakukan selama di sekolah misalnya permasalahn dengan teman-temannya. Jika anak dalam posisi tertekan karena teman-temannya, disinilah peran Anda sangat penting sebagai motivator pemberi solusi. Berdialoglah dengan wajah yang santai. Sementara jika Anda menanyakan dengan muka garang maka anak jauh lebih lebih sensitif dan ia akan mengurungkan niatnya untuk curhat seputar masalah.

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

2. Hibur dengan permainan bersama anak

Setelah Anda mengetahui masalah apa yang dialami oleh anak, memberikan saran apa yang harus dilakukan adalah hal utama. Tujuannya supaya anak dapat tegar menjalani masalah dan masalah tersebut biasa dialami oleh siapa saja. Namun yang terpenting adalah tidak mengajarkan anak untuk merasa balas dendam jika ia memiliki masalah serius dengan temannya. Atau ajarkan anak untuk berusaha dan sabar ketika tidak mampu menyelesaikan tugas. Jika semua hal yang anak utarakan telah dilakukan kini saatnya Anda hibur anak dengan memberikan permainan sederhana. Hiraukan tentang kesedihan anak dan ajak ia melakukan permainan yang disukai misalnya bermain sepak bola, memasak atau mengajaknya ke lokasi permainan. Buat diri anda seolah jadi teman terbaik baginya. Temani apa saja yang membuatya nyaman dan bahagia agar masalah yang anak pikirkan dapat hilang dengan segera.

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

3. Berikan anak makanan kesukaanya

Memang penting jika peran orang tua untuk anak-nya penting adanya. Seperti jika anak sedang sedih entah itu karena merasa kesal atau akibat masalah lain maka orang tua adalah tempat terrbaik untuk membantunya kembali ceria. Seperti satu langkah berikut, Anda bisa memberikan anak dengan makanan kesukaannya. Seperti kita ketahui, anak paling suka makan terutama makanan kegemarannya seperti coklat, snack, atau es krim. Jika anak Anda balita, mungkin bisa memberikannya makanan lucu namun tetap bergizi, sehingga memberikan makanan tidak hanya soal rasa tetapi gizi.

 Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

4. Menanyakan seputar keinginan anak “mau apa?”

Kebanyakan anak kadang merasa kesal dan bosan saat memiliki masalah. Bahkan karena masalah yang ia hadapi, anak jadi bingung untuk melakukan sesuatu. Sama seperti orang dewasa, pikiran anak kadang kacau dan membuat mood nya tidak nyaman. Berikan anak sebuah pertanyaan misalnya “mau apa” agar ia bisa berfikir apa yang ia ingin lakukan. Jika anak ingin menonton tv, bermain game, atau membaca buku, biarkan ia melakukannya. Cara tersebut bisa jadi penawar kesedihan anak paling mudah ia lakukan. Atau jika memungkinkan ajak anak jalan-jalan agar ia mampu melepaskan suasana badmood dalam hatinya. Meski terdengar sangat sederhana, mengajak anak jalan-jalan ke taman atau mencari udara segar bisa memberikan rasa senang baginya.

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

5. Memberikan kejutan

Hadiah atau kejutan adalah hal yang paling disukai oleh anak. Oleh sebab itu, Anda bisa memberikan anak sedikit hadiah misalnya memberinya buku mainan favorit, makanan favorit atau hal lain yang bisa membuatnya bahagia. Beri hadiah paling berkesan dan istimewa buat anak, tapi ingatkan pada diri Anda bila sudah melakukan janji pada anak, maka harus ditepati. Jangan membuat anak merasa kecewa atas janji Anda.

Cara Orangtua Menghibur Buah Hati Yang Bersedih

6. Pelukan hangat akan menenangkan anak

Sebuah pelukan hangat untuk anak akan membuatnya merasa tenang. Peluk hangat anak Anda dan berikan ciuman padanya supaya ia tidak merasa sedih lagi atas maslah yang tengah dihadapi. Jadilah orang tua yang bisa memberikan solusi untuk anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top