Olahraga

Cara Olahraga Pagi Yang Benar

Cara Olahraga Pagi Yang Benar

Banyak orang bisa mendapatkan berjuta manfaat dari olahraga di pagi hari. Salah satunya adalh mendapatkan oksigen segar untuk metabolisme tubuh. Tetapi tidak banyak oranh yang tahu bagaimana cara berolahraga yang benar di pagi hari. Akibatnya, meski berolahraga di pagi hari, justru tubuh dapat mengalami pegal dan kondisi fisik jadi menurun. Cara olahraga pagi yang benar sangat membantu tubuh terhindar dari masalah kesehatan.

Sponsor: produk pemutih wajah

Olahraga di pagi hari sangat penting dilakukan dengan tekni yang benar. Cara tersebut baik untuk kebugara dan kesegaran badan. Faktanya, rajin olahraga ringan di waktu pagi bisa mebuat kondisi tubuh fit dan terhindar dari masalah kesehatan ringan seperti flu, demam, dan batuk, dan mencegah penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, atau masalah pada paru dan obesitas. Yang harus diperhatikan saat olahraga pagi seperti pemilihan waktu dan jenis olahraga.

  • Pemilihan waktu

Jika Anda ingin mencari udara segar, maka bisa memilih waktu dini hari sekitar pukul 5-6 pagi. Waktu tersebut baik untuk mendapatkan asupan oksigen segar yang bisa menghilangkan toksin dan tubuh. Jika Anda ingin mencari manfaat sinar matahari, waktu terbaiknya adalah pukul 6-8 pagi.

  •  Jenis olahraga

Memilih jenis olahraga yang cocok dapat menghindarkan tubuh dari cidera sekaligus dapat dilakukan sesuai kemampuan fisik. Meskipun kondisi fisik kurang fit sekalipun, Anda masih bisa melakukan olahraga pagi dengan cara yang sederhana dan tidak menguras tenaga berlebih.

  • Konsumsi makanan sebelum olahraga

Penelitian menganjurkan bahwa mengkonsumsi pisang sebelum olahraga bisa memberikan asupan energi sepanjang olahraga. Pisang mudah dicerna dengan baik dan cepat yang kemudian dapat bermanfaat untuk memberi asupan energi. Buah pisang mengandung kalori, serat kalium, magnesium, dan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi.

  • Sarapan pagi

Bagi yang ingin melakukan olahraga yang memakan waktu lama, ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi sarapan seperti Oatmeal. Oatmeal dan juga sereal sangat baik untuk tubuh karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Sebaiknya hindari makanan mengandung lemak dan serat yang bisa mengenyangkan dan membuat tubuh sulit aktif bergerak. Jadi jangan lari atau jalan pagi saat perut sedang lapar sebab nanti Anda akan mudah lelah, capek dan pusing saat berada di tengah jalan.

Cara berolahraga pagi yang benar:

1. Mengkonsumsi air putih sebelum olahraga pagi 

Awali olahraga dengan minum air putih sebelum berangkat berolahraga. Rajin minum air putih saat bangun tidur dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Bila hendak memulai olahraga minumlah 2 – 3 gelas air putih untum membantu tubuh memberi cadangan air sehinggat mencegah dehidrasi. Air putih juga menjaga daya konsetrasi otak selama berolahraga.

2. Mulai dari jam 6 pagi untuk mendapat kualitas oksigen murni

Olahraga baik yang baik bisa dimulai dari jam 6 pagi. Waktu tersebut sangat baik untuk memulai olahraga karena Anda bisa merasakan hawa yang sejuk. Pukul6 pagi juga menghasilkan kondisi udara yang menyehatkan paru-paru, sehingga dapat menghindarkan tubuh dari masalah gangguan pencernaan.

3.Lakukan pemanasan sebelum olahraga pagi dimulai

Semua bentuk olahraga yang baik adalah melakukan pemanasan di awal. Hal tersebut sangat wajib agar tidak membuat otot dan tulang cidera dan kram. Olahraga tanpa pemanasan juga sangat rentan membuat kepala pusing dan dan membuat persendian menjadi kaku. Maka lakukan pemanasan dengan cara peregangan atau sambil jalan ringan. Gerakkan seluruh anggota badan dimulai dari kepala, bahu, lengan, pergelangan tangan, hingga kaki.  Pemanasan bisa dilakukan antara 5 sampai 10 menit dengan gerakan sederhana.

4. Jogging ringan

Setelah melakukan peregangan otot dan sendi, kini saatnya Anda memulai tahap berikutnya yaitu jogging atau lari-lari kecil. Anda bisa jogging ringan mengelilingi kompleks atau sekitar rumah kemudian dilanjutkan dengan lari pagi atau jalan cepat. Lakukan jogging sekitar 20 sampai 30 menit untuk membakar kalori dan lemak. Untuk bersiap melakukan jogging Anda harus mengenakan sepatu yang nyaman untuk melindungi alas kaki, bawa jam atau penghitung waktu untuk mengetahui berapa waktu yang sudah Anda tempuh, gunakan pakaian sederhana dan nyaman dikenakan, jika perlu siapkan alat untuk mendengarkan musik agar jogging pagi Anda makin bersemangat.

5. Olahraga pagi sesuai hobi

Ada banyak metode olahraga pagi yang bisa dilakukan. Seperti jogging, bersepeda atau lari. Namun yang paling utama adalah olahraga sesuai kemampuan fisik. Jangan berlari jika kondisi fisik Anda tidak
memungkinkan. Anda juga bisa mencoba olahraga lain seperti bermain bulu tangkis, bola basket atau jalan cepat.

6. Istirahat cukup sebelum memulai jogging pagi

Jika Anda ingin mendapatkan waktu olahraga  yang berkualitas maka yang harus dilakukan adalah memiki waktu istirahat tepat di malam harinya. Dengan tidur lebih awal, Anda akan bisa bangun sangat pagi untuk olahraga. Tiidur lebih awal juga membantu meningkatkan sistem imun di pagi hari dan mencegah masalah depressi. Jika ingin bangun lebih pagi, maka sempatkan tidur 30 menit lebih awal dari jawdal tidur harian Anda.

7. Pendinginan

Setelah selesai berolahraga seperti jogging atau berlari, Anda bisa berjalan ringan selama beberapa menit untuk proses pendinginan. Tetapi jika sejak awal Anda olahraga dengan jalan kaki, maka berdirilah beberapa menit agar suhu tubuh, nafas, dan detak jantung kembali normal. Selanjutnya Anda bisa melakukan hal lain seperti mandi atau makan. Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Jika Anda ingin berolahraga pagi, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Selain itu, olahraga di waktu sendiri dapat mendatangkan ketenangan diri.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top