Info Kedokteran

Cara Mudah Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Kuku

Cara Mudah Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Kuku

Kebersihan tubuh tentunya adalah sebuah hal yang sangat penting untuk bisa dijaga. Karena kebersihan tubuh nantinya juga akan menentukan kesehatan dari dalam diri kita. Untuk itulah menjaga kesehatan tubuh tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Dimana menjaga kesehatan tubuh tentunya terdiri dari menjaga kesehatan dari keseluruhan anggota tubuh. Mulai dari di ujung kepala sampai ke ujung kaki. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa seringkali ada beberapa anggota tubuh yang seringkali terlupakan atau terlewat. Hal tersebut bisa terjadi dengan berbagai alasan. Salah satu alasan tersebut adalah karena anggota tubuh tersebut memiliki ukuran kecil sehingga seringkali terlewat dan tidak terlalu mendapatkan fokus utama. Diantaranya anggota tubuh tersebut maka Kuku tentunya bisa menjadi jawaban pertamanya. Hal tersebut tidak lepas karena bentuknya yang kecil seringkali membuat banyak orang yang tidak acuh dengan kuku. Padahal ternyata kebersihan dari kuku juga akan menentukan kesehatan dari dalam tubuh kita. Terutama untuk kuku tangan. Dimana seperti yang diketahui bahwa kuku tangan seringkali berinteraksi langsung dengan berbagai benda. Dan nantinya kuku akan secara sengaja ataupun tidak sengaja menempelkannya pada bagian tubuh kita yang lain. Sesuatu yang mudah untuk membuat virus berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh kita. Dengan mengetahui hal tersebut maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menjaga kesehatan kuku. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara mudah untuk selalu menjaga kesehatan kuku.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Cara Mudah Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Kuku

  1. Hindari Sepatu Yang Terbuka

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dari Kuku adalah dengan menghindari menggunakan sepatu yang terbuka. Hal tersebut tidak lepas karena sepatu yang terbuka akan membuat banyak kotoran bisa masuk ke dalam sela-sela kuku. Sesuatu yang kemudian bisa membuat kotoran akan merusak dari kuku itu sendiri. Sehingga tentunya akan membuat kesehatan dari kuku akan semakin memburuk apabila terus dibiarkan. Untuk itulah, gunakan sepatu dengan model tertutup untuk menghindari hal tersebut. Dimana sepatu tertutup bukan hanya mencegah kotoran dari luar untuk masuk ke dalam kuku namun juga menjaga kelembaban dari kuku itu sendiri. Karena ternyata apabila kelembaban kuku tidak terjaga maka akan mudah untuk kuman maupun bakteri untuk memasukinya. Karena pori-pori kulit yang terbuka adalah jalan mudah bagi bakteri dan kuman untuk masuk ke dalamnya.

  1. Rutin Membilas Kuku

Cara Mudah Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Kuku

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kuku adalah dengan rutin membilasnya. Dimana dengan membilas kuku secara rutin sekaligus rajin maka akan membuang kotoran yang selama ini tersisa di sela-sela kuku. Seperti yang diketahui bahwa kotoran di sela-sela kuku akan sangat sulit dibersihkan. Sehingga cara yang paling ampuh sekaligus yang paling mudah adalah cara dengan membilas kuku baik kuku kaki maupun kuku tangan secara rutin. Namun khusus untuk kuku kaki maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bahwa jangan membilas kuku kaki ketika baru dikeluarkan dari sepatu. Karena kaki yang baru dikeluarkan dari sepatu masih lembab. Dan apabila dipaksakan disiram dengan air maka nantinya akan membuat kuku kaki menjadi bau. Jadi usahakanlah sebelum membilas kuku pada kaki maka pastikan terlebih dahulu bahwa kaki tidak berada dalam kondisi lembab. Atau yang paling mudah adalah ketika kaki baru dilepaskan dari sepatu maka biarkan terlebih dahulu hingga tidak lembab. Jangan langsung dibilas dengan air.

  1. Menyikat Kuku

Banyak yang beranggapan bahwa kuku tidaklah perlu mendapatkan perhatian khusus. Tentunya anggapan ini adalah sesuatu yang sangat salah besar. Karena bagaimanapun, Kuku tetap adalah anggota tubuh yang harus mendapatkan perhatian sekaligus perawatan. Untuk merawatnya sendiri bisa dibilang tidaklah terlalu sulit. Hanya perlu dengan cara menyikat kuku secara rutin dan menyeluruh. Dimana waktu yang paling tepat untuk menyikat kuku adalah ketika sedang mandi. Hal ini berguna untuk membuat penyikatan kuku terjadi secara tepat dan juga terus-menerus terkena air. Walaupun tentu halangan utama dari melakukan hal ini adalah rasa malas yang seringkali datang. Namun demi bisa mendapatkan kuku yang sehat maka mulailah menghilangkan kebiasaan malas tersebut. Selain itu rutinitas menyikat kuku ternyata berbeda antara musim hujan dengan musim kemarau. Dimana pada musim hujan, kegiatan menyikat kuku harus sering dilakukan. Hal tersebut tidak lepas karena pada musim hujan, air hujan yang mengenai kuku pasti lebih banyak pada biasanya.

  1. Rajinlah Memotong Kuku

Cara Mudah Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Kuku

Sedangkan tips yang terakhir adalah rajin dalam memotong kuku. Karena seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa kuku juga seringkali menyimpan banyak bakteri yang tidak terduga. Dimana bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh apabila kuku tersebut tidak dirawat. Apalagi bagi kuku yang memiliki ukuran panjang karena jarang dipotong. Tentunya akan lebih mudah kotoran untuk masuk menyelip ke dalam sana. Sehingga kans tubuh terkena bakteri berbahaya pun semakin besar. Jadi rajin-rajinlah dalam memotong kuku. Dengan jadwal setidaknya satu kali tiap minggunya. Sedangkan untuk memotongnya sendiri bentuklah mendatar agar nantinya lebih mudah membersihkan kotoran yang menyelip di dalam kuku.  Sehingga kebersihan dari kuku pun bisa didapatkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top