Tips dan Trik

Cara Mudah Tes Kehamilan Tanpa Test Pack

Kehamilan adalah suatu momen yang sangat diidamkan banyak wanita, terutama bagi pasangan yang memang sangat merindukan buah hati. Cara yang umum dilakukan untuk mengecek ada tidaknya kehamilan adalah menggunakan test pack. Alat ini cukup praktis digunakan untuk memastikan kehamilan pada seorang wanita. Pengujian kehamilan menggunakan test pack dilakukan melalui media urine atau air seni, terutama dilakukan pada saat urine pagi hari. Ada berbagai macam dan merk test pack yang beredar di pasaran, mulai dari harga yang murah hingga paling mahal.

Selain menggunakan test pack, ada cara lain untuk menguji kehamilan menggunakan air seni. Bagi yang tidak memiliki persediaan test pack di rumah, tapi ingin sekali mengetahui kepastian kehamilan, bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk melakukan pengujiannya. Beberapa cara mudah tes kehamilan tanpa test pack bisa dengan mudah dan sederhana dilakukan, serta hasilnya pun cukup akurat. Berikut ini beberapa caranya yang bisa dicoba:

  1. Dengan pasta gigi

Cara Mudah Tes Kehamilan

Di rumah pasti tersedia pasta gigi sebagai kebutuhan untuk membersihkan gigi dengan cara menyikatnya. Ternyata pasta gigi ini bisa dimanfaatkan pula untuk melakukan tes kehamilan, terutama pasta gigi yang berwarna putih. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menampung air seni pagi yang keluar pertama pada suatu wadah. Sejumlah kecil pasta gigi yang diletakkan pada suatu wadah, kemudian ditetesi dengan air seni tersebut. Hasil positif kehamilan bisa tampak dari hasil berupa pasta gigi yang menjadi berbusa atau berubah warna menjadi biru. Jika tidak terjadi apapun maka kehamilan mungkin saja belum terjadi.

  1. Dengan bahan pemutih

Bahan pemutih pakaian bisa dipergunakan untuk menguji kehamilan. Air seni yang keluar pertama pada pagi hari ditampung pada suatu wadah. Selanjutnya bahan cairan pemutih ini diteteskan atau dimasukkan pada air seni yang sudah ditampung di wadah. Hasil positif kehamilan bisa ditunjukkan saat campuran tersebut mengeluarkan bunyi desis atau berbusa.

  1. Cuka

Bahan pangan yang berasa masam ini dimanfaatkan untuk tes kehamilan dengan cara mencampurkan air seni pertama di pagi hari yang telah ditampung dengan sedikit cuka. Jika terjadi kehamilan, ciri yang tampak terjadinya perubahan warna. Jika tak terjadi perubahan, kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

  1. Gula

Bahan pemanis alami ini bisa dimanfaatkan untuk tes kehamilan dengan cara yang mudah. Air seni pertama yang telah ditampung dalam wadah dicampurkan dengan dua atau tiga sendok makan gula. Hasil positif kehamilan akan tampak jika gula menggumpal, sebaliknya jika gula cepat melebur dan bercampur maka hasilnya negatif.

Bahan-bahan rumah tangga yang bisa digunakan tersebut hanya sebagai bahan uji sederhana dan murah. Jika menginginkan hasil yang lebih akurat maka bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut secara medis. Jika tanda-tanda positif sudah mulai terlihat, lakukan pemeriksaan ke dokter ahli terkait, terutama pada spesialisasi Obstetri dan Ginekologi (Sp.OG).

6
46%
like
3
23%
love
1
7%
haha
1
7%
wow
1
7%
sad
1
7%
angry

Comments

comments

To Top
$(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });