Rambut ku

Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu masalah yang terjadi pada rambut yang sebagian besar orang selalu mengalaminya. Ketika Anda rambut Anda telah bercabang, sangat sulit untuk mengatasinya dan salah satu cara tercepat yang mungkin dapat Anda lakukan adalah memotongnya. Rambut bercabang memang sangat mengganggu, masalah ini dapat membuat Anda terlihat tidak rapi dan mengurangi kesempurnaan penampilan. Karena alasan inilah, berikut kami sajikan cara mudah mengatasi rambut bercabang yang dapat Anda lakukan.

sponsor: kezia skin expert.

Jika Anda adalah orang yang selalu memperhatikan penampilan, termasuk rambut, maka Anda dapat menghentikan masalah rambut bercabang sendiri di rumah. Anda harus mengobatinya dengan cara yang benar yang dapat menjaga dan memelihara kesehatan rambut. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah, bahkan ketika rambut Anda sedang tumbuh. Berikut caranya:

  1. Mengubah cara mencuci rambut

Perhatikan cara Anda keramas atau mencuci rambut selama ini. Menggosok rambut secara kasar, dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Juga ketika Anda memakai sampo, jangan menuangkan sampo langsung di rambut dan kulit kepala Anda lalu menggosoknya secara cepat dan kasar. Busa yang melimpah di rambut dan kulit kepala Anda, kemudian Anda menggosoknya secara kasar, hal ini dapat menyebabkan rambut Anda menjadi kusut, kering, dan bercabang.

  1. Jangan mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut atau keramas terlalu sering juga merupakan salah satu penyebab rambut bercabang. Kebutuhan mencuci rambut seseorang berbeda-beda, hal ini tergantung dari kondisi rambut dan apakah rambut tersebut sudah terasa berminyak atau tidak. Perlu Anda ketahui, seseorang tidak perlu mencuci rambut setiap hari. Cobalah untuk mengatur kapan Anda harus keramas menyesuaikan dengan kondisi rambut. Seseorang bahkan dapat keramas hanya sekali dalam lima hari untuk rambut yang normal dan tidak berminyak.

  1. Selalu perhatikan kondisi rambut

Setiap kali Anda mencucui rambut atau keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner atau masker rambut yang bernutrisi baik. Konsentrasilah penggunaan kondisioner dan masker pada ujung rambut Anda. Rambut yang kering dan rapuh sering kali membuat rambut Anda menjadi bercabang. Dengan selalu menerapkan kondisioner saat Anda keramas, hal ini mampu mengganti kelembapan yang hilang pada rambut Anda ketika keramas. Jangan lupa untuk mendiamkan rambut ketika memakai kondisioner setidaknya 3 hingga 5 menit, lalu Anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih.

  1. Gunakan masker rambut seminggu sekali

Merawat rambut itu penting, jadi cobalah untuk menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Hal ini akan memelihara dan menjaga rambut Anda agar tetap lembap, sehat, dan kuat, sehingga terhindar dari masalah rambut bercabang. Anda dapat menggunakan masker rambut instan yang dijual di toko-toko, atau Anda juga dapat membuat masker rambut alami dari mayones atau bahan yang lain.

  1. Suhu panas

Cara mudah mengatasi rambut bercabang membatasi dan memperhatikan penggunaan alat-alat panas.Anda harus memahami bahwa suhu panas dapat merusak kesehatan rambut, tapi bukan berarti Anda tidak dapat memakai alat-alat penata rambut tersebut. Bahkan alat-alat tersebut dapat membuat rambut Anda lebih baik dan cantik jika digunakan dengan cara yang benar dan tepat. Yang perlu Anda perhatikan adalah, mengatur suhu panas alat-alat tersebut di pengaturan suhu yang lebih rendah. Hindari mandi menggunakan air panas apalagi ketika Anda menyiramnya ke atas rambut. Hal ini juga dapat membuat rambut Anda kering yang pada ahkirnya menimbulkan cabang pada rambut.

  1. Gunakan kain kaos untuk mengeringkan rambut

Kebiasaan menggosok rambut dengan handuk dapat merusak rambut Anda dan juga menimbulkan cabang rambut. Apalagi jika handuk yang Anda gunakan bertekstur kasar. Jika Anda menggunakan handuk, Anda dapat menempelkannya pada rambut dan biarkan handuk meresap semua air yang ada. Selain menggunakan handuk, Anda juga dapat menggunakan kain kaos dengan tekstur yang lembut. Kain kaos mampu menyerap lebih cepat dan baik daripada handuk, sehingga tidak akan merusak rambut Anda.

  1. Cobalah bilas rambut dengan air cola

Cara mudah mengatasi rambut bercabang yang selanjutnya adalah memanfaatkan air soda atau air cola. Air soda atau air cola ternyata dapat membuat rambut Anda menjadi lebih baik. Air cola adalah kondisioner rambut yang luar biasa dan mengandung nutrisi yang sehat untuk rambut agar lebih kuat. Anda dapat membilas rambut menggunakan air cola setelah keramas, lalu biarkan selama 10 menit. Kemudian Anda dapat membilasnya lagi dengan air bersih. Air cola yang berwarna gelap akan memberikan hasil yang terbaik untuk rambut yang mengilap, lembut, dan kuat.

  1. Cara menggosok rambut

Anda dapat membuat rambut Anda menjadi bercabang ketika menggosoknya secara sembarangan. Anda harus menggosok rambut dengan lebih lembut, cobalah untuk memulainya dari akar, kemudian perlahan-lahan bergerak menuju setiap ujung rambut.

  1. Lebih berhati-hati dengan rambut basah

Rambut yang dalam keadaan basah lebih rentan terhadap kerusakan, jadi Anda harus merawatnya secara lebih berhati-hati. Anda dapat menggunakan sisi dengan rongga yang lebar untuk merapikan, atau meratakan masker, kondisioner, dan lainnya.

  1. Rawat secara teratur

Penting bagi Anda untuk merawat rambut dengan benar dan teratur, bukan berarti Anda harus keramas atau menggunakan produk-produk perawatan rambut setiap hari. Tentukan waktu dan kebutuhan yang tepat sesuai dengan kondisi rambut Anda. Sebagai langkah pertama, Anda dapat menerapkan langkah-langkah seperti di atas.

Demikian cara mudah mengatasi rambut bercabang. Jika Anda membiarkan rambut bercabang terlalu lama, hal ini akan memperburuk keadaan sehingga bukan tidak mungkin rambut Anda akan terus melemah dan menjadi mudah rontok. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top