Tips Kesehatan

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

Salah satu masalah gigi yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah karang gigi. Gigi yang seharusnya dirawat justru bisa rusak bahkan tanggal. Inilah yang menjadi permasalah orang pemilik gigi karang. Lalu seperti apa cara mudah mencegah munculnya karang gigi?

Sponsor: dr rochelle skin expert

Karang gigi asalnya bisa dari menyikat gigi yang kurang bersih sehingga meninggalkan sisa makanan yang akhirnya akan menumpuk dan mengedap menjadi plak. Tidak teratur dalam membersihkan gigi juga bisa jadi penyebab gigi mudah kropos.

Karang gigi umumnya terbentuk di sepanjang gigi dalam bawah luar atas dan bawah dan garis gusi. Sehingga cukup sulit untuk menghilangkan karang gigi meskipun dengan menggunakan sikat gigi. Bahkan jika tidak dibersihkan maka karang akan makin lama makin menumpuk sehingga dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusinya. Masalah paling sering dan banyak dialami orang adalah gingivitis yang nantinya bisa makin buruk dan bisa menyebabkan periodontitis.

Namun sebenarnya sistem  kekebalan tubuh bisa melawan bakteri penyebab karang gigu. Sayangnya, terlalu banyak bakteri  juga membuat gigi makin terkikis bahkan rusak. Jadi,  tak cukup hanya mengandalkan sistem kekebalan tubuh tanpa ada cara mencegah karang gigi. Berikut langkah yang bisa dilakukan.

 Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

1. Sikat gigi teratur

Sikatlag gigi secara teratur dua kali sehari selama 2 menit. Menyikat gigi selama 30 detik saja justru tidak  akan membuat karang gigi hilang. Kemudia gunakan sikat yang lembut dengan brush yang cukup kecil sehingga dapat masuk ke dalam sela-sela gigi dan seluruh bagian gigi. Atau jika susah, pilih sikat gigi elektrik yang lebih efektif hilangkan plak gigi.

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

2. Pilih pasta gigi tepat

Bagian penting adalah menyikat gigi dengan pasta gigi yang sesuai kebutuhan untuk menghilangkan karang  gigi. Pasta gigi yang baik untuk atasi plak adalah yang mrngandung flourida cukup tinggi. flourida pada pasta gigi akan  membantu melindungi gigi dari  kerusakan serta mencegah timbulnya lubang penyebab gigi  keropos.

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

3. Gunakan benang

Anda bisa gunakan benang gigi (dental floss) untuk membantu menghilangkan sisa makanan pada gigi. Meski sudah rutin mrnyikat gigi, bukan berarti ada sisa makanan yang hilang justru ada sebagian meskipun kecil yang tertinggal di sela-sela gigi. Maka dari itu gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela  atau bagian gigi yang tak dapat terjangkau dengan baik.

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

4. Gunakan obat kumur

Jangan lupa untuk gunakan obat kumur secara teratur. Gunakan obat kumur yang mengandung antiseptik, sehingga bisa  membantu mematikan bakteri mulut penyebab plak gigi. Namun pilih juga yang berbahan lembut agar tidak membuat mulut kering.

Cara Mudah Mencegah Munculnya Karang Gigi

5. Perhatikan pola hidup

Bagian sangat penting adalah memperhatikan diet dan pola hidup. Makanan yang tidak baik bisa mrngundang bakteri dan plak. Contoh makanan manis justru bisa mengundang bakteri pada mulut. Makanan tinggi gula justru sumber makanan paling disukai bakteri. Oleh sebab itu untuk mencegah bisa dengan perbanyak minum air  putih setelah makan. Tak hanya itu hindari pula merokok dimana ada bahan kimia yang justru bisa menjadi gigi mudah ber karang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top