Tips & Trik Parent

Cara Mudah Melatih Anak Batita Belajar Menggambar

Batita adalah usia dimana anak sudah cukup besar dan mampu berlatih akan banyak hal. Salah satu aktivitas yang bisa dilatih untuk anak yang sudah masuk ke umur tiga tahun keatas adalah menggambar. Memang sepertinya Melatih Anak Batita menggambar adalah salah satu kegiatan yang mudah tetapi untuk anak yang masih berusia 3 tahun, tanpa melakukan tips-tips khusus dalam belajar akan sedikit lebih sulit.

Sponsored: produk pemutih wajah

Cara Mudah Melatih Anak Batita Belajar Menggambar

Usia tiga tahun adalah usia yang sangat bagus untuk melatih anak mengenal beragam jenis akvitias seni. Kebiasaan mencoret-coret secara bebas baik itu diatas kertas ataupun didinding juga sudah mulai terlihat pada saat anak menginjak usia 3 tahun. Melihat hal ini pastinya melatih anak untuk menggambar adalah salah satu hal yang bisa diajarkan untuk anak. Namun pastinya aktivitas ini harus dibawah pengawasan orang tua sebab tak jarang juga krayon ataupun pena yang digunakan untuk menggambar malah justru akan dimakan dan dikunyah. Berikut ini beberapa tips untuk Melatih Anak Batita belajar gambar dengan lebih efektif.

  1. Bebaskan Ia Menggambar Apapun

Pada dasarnya, seorang anak yang masuk ke usia tiga tahun memiliki rasa ingin tahu dan daya tarik yang cukup untuk kegiatan yang berhubungan dengan seni terutama dengan menggambar. Maka tak heran jika anak-anak saat usia tiga tahun sangat suka untuk mencoret-coret dengan beragam bentuk gambaran dan juga diberbagai media apa saja yang mereka temui.

Untuk membuat mereka menjadi merasa lebih senang dan tidak terganggu pada saat mengeksplor kemampuan untuk menggambar, biarkan saja mereka menggambar apapun yang mereka mau. Biarkan imajinasi mereka berkembang dan sesuai dengan keinginan mereka. Dengan membiarkan mereka terus mengembangkan daya pikir mereka sebaik mungkin pastinya akan lebih mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh anak-anak.

  1. Bebaskan Penggunaan Media yang Ia Pilih

Pada saat usia masih menginjak usia 3 tahun itu saatnya anak-anak mampu dan memiliki waktu untuk mengeksplore segala aktivitas dan kreatifitas yang mereka miliki. Saat usia yang masih aktif dan belum mengetahui secara baik tentang satu benda kebenda yang lain biasanya anak-anak usia tiga tahun akan menggunakan apa saja yang menurut mereka menyenangkan untuk menggambar dan corat-coret sesuka hati. Tak mengherankan juga jika terkadang tembok, meja ataupun perabotan lainnya juga menjadi sasaran empuk yang digunakan untuk menggambar segala macam bentuk sesuai dengan imajinasi mereka.

Tak perlu resah untuk hal ini, sebab inilah salah satu cara untuk membiarkan anak menjajal segala bentuk kreativitas yang mereka miliki. Jika tidak ingin melihat segala perabotan berubah menjadi corat-coret yang indah maka anda bisa menempelkan kertas pada setiap perabotan yang biasanya menjadi sasaran untuk corat coret.

Kertas bisa anda tempelkan dengan baik diseluruh perabotan yang anda tempel dengan lem ataupun dengan lakban. Anak-anak bisa terus menggambar dikertas tersebut meskipun yang mereka rasakan seperti menggambar di dinding, meja ataupun perabotan lainnya.

  1. Pilih Media yang Aman

Anak-anak pastinya membutuhkan media yang tepat yang akan digunakan untuk berkreativitas. Untuk membuat anak tetap aman pastikan jika dalam masa pembelajaran anak-anak menggunakan media-media yang aman dan tidak membahayakan bagi mereka. Misalnya saja bahan-bahan yang harus dipilih adalah bahan untuk menggambar yang aman seperti memilih kertas yang aman dan juga pemilihan media untuk menggambar yang aman seperti krayon. Krayon adalah media yang paling aman untuk digunakan sebab jika menggunakan pena atau pensil ditakutkan bisa melukai anak karena dalam bentuk yang runcing.

  1. Selalu Demonstrasikan Pemakaian Alat Menggambar

Anak yang baru memasuki usia dini tiga tahun tentu masih memerlukan bimbingan dan juga pendampingan dalam menggunakan segala pemakaian alat untuk menggambar. Meskipun sudah memilih bahan-bahan yang aman namun tetap saja anda harus tetap mengkawal dan mendampingi saat mereka menggunakannya. Hal yang paling umum terjadi untuk anak usia tiga tahun pada saat menggunakan alat untuk menggambar seperti krayon dan kertas adalah mereka biasanya akan mengunyah ataupun memakannya. Oleh karena itu, pendampingan dan menyontohkan bagaimana cara pemakaian yang benar sangatlah dibutuhkan.

  1. Jangan Beri Instruksi yang Berlebih

Saat belajar pastinya haruslah membuat anak menjadi merasa nyaman dan juga senang dalam proses pembelajaran. Saat anak usia tiga tahun pasti mereka membutuhkan cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Hindari memberikan instruksi yang terlalu banyak sebab hal ini justru akan membuat anak merasa bosan dan mereka menjadi tidak mau lagi untuk belajar dan mengeksplore kreativitas mereka.

Berikan saja intruksi-intruksi yang singkat. Jika ingin memberikan intruksi yang lebih panjang ada baiknya untuk membuat intruksi dalam bentuk yang menyenangkan yaitu dengan membuat menjadi cerita ataupun orang tua juga ikut untuk menggambar bersama anak. Hal ini pastinya akan menjadikan anak lebih tertarik dan sangat senang untuk terus belajar.

Kreativitas anak adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Usia tiga tahun bisa menjadi salah satu kunci untuk mengeluarkan sisi kreativitas yang begitu tinggi dari anak. Berlatih menggambar dengan cara yang menyenangkan dan mudah seperti diatas adalah cara terbaik untuk membuat anak menjadi mudah dalam belajar.

 

Baca juga: Makanan Pendamping ASI yang Menyehatkan Untuk Bayi

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top