Tips dan Trik

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan. Penyakit kesemutan adalah sebuah jenis penyakit yang seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pada sebagian orang penyakit kesemutan seringkali dirasakan setiap harinya. Tentunya hal ini akan sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Apalagi seperti yang diketahui, kesemutan seringkali datang tanpa pernah bisa diduga sebelumnya. Bahkan seringkali kesemutan terjadi ketika berada di tengah aktifitas. Sesuatu yang tentunya sangat menganggu bahkan bisa membuat aktifitas menjadi terhambat. Untuk itu, tentu ada baiknya untuk mengetahui mengapa kesemutan bisa terjadi. Hal ini berguna untuk mencegah kesemutan agar tidak semakin memburuk. Kesemutan sendiri terjadi akibat beberapa hal seperti berikut ini:

sponsor: dr rochelle skin expert.

  • Terlalu Lama Berada di Posisi Yang Statis

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan

Seperti yang diketahui bahwa manusia adalah makhluk yang memenuhi kebutuhannya dengan cara bergerak. Sehingga bergerak adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Namun pada jaman modern ini, banyak orang yang bekerja dan berada dalam gerakan yang statis pada waktu yang lama. Seringkalinya duduk di depan komputer yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Hal inilah yang bisa menciptakan terjadinya kesemutan pada tubuh. Mulai dari kesemutan pada tangan hingga kesemutan pada kaki. Hal tersebut bisa terjadi karena aliran darah yang seharusnya mengalir ke ekstremitas tertahan karena tubuh berada pada gerakan statis yang sama dalam waktu yang lama.

  • Kekurangan Vitamin B12

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya kesemutan adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 sendiri bisa dibilang adalah asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama oleh tulang. Sehingga apabila tulang kekurangan vitamin jenis ini maka sudah dipastikan akan ada masalah yang mengikutinya. Salah satu masalah yang paling sering ditemui oleh mereka yang kekurangan vitamin ini adalah kesemutan. Mulai dari kesemutan yang dirasakan di tangan, kesemutan yang dirasakan di kaki hingga kesemutan yang dirasakan di leher.   Setelah mengetahui tentang penyebab terjadinya penyakit kesemutan maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah pengobatan. Karena seperti yang diketahui kesemutan apabila tidak segera disembuhkan akan semakin mengganggu. Sehingga hal tersebut tidak heran membuat banyak orang berusaha berbagai cara untuk bisa menghilangkan kesemutan. Salah satunya adalah dengan cara meminum obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Tentu obat-obatan yang mengandung bahan kimia sangat tidak baik apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Karena di kemudian hari baru terasa efek pada tubuh yang tentunya menghasilkan sesuatu yang tidak baik. Padahal nyatanya masih ada cara untuk menghilangkan kesemutan secara lebih alami. Berikut ini cara mudah dan aman menghilangkan kesemutan.

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan

  1. Mengonsumsi Air Rebusan Daun Sirsak

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh mereka yang seringkali mengalami kesemutan adalah mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Bagi mereka yang awam tentunya hal ini cukup terdengar baru di telinganya.  Karena selama ini daun sirsak seringkali diabaikan bahkan diduga tidak memiliki manfaatnya. Namun pada kenyataanya manfaat yang dimiliki oleh Daun Sirsak. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk menghilangkan atau menyembuhkan penyakit kesemutan. Hal tersebut tidak lepas karena daun sirsak memiliki zat acetogenesis yang membantu kesembuhan pada radang sendi dan menghilangkan kesemutan. Cara mengonsumsinya sendiri bisa dibilang cukup mudah. Yakni rebus daun sirsak secukupnya. Setelah itu minum air rebusan daun sirsak yang sudah dingin secara teratur.

  1. Mengonsumsi Kulit Manggis

Cara Mudah Dan Aman Menghilangkan Kesemutan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sudah banyak penyakit yang diketahui dapat disembuhkan dengan mengonsumsi kulit manggis. Ternyata dari sekian banyak penyakit tersebut, penyakit kesemutan juga termasuk di dalamnya. Sehingga bagi mereka yang mengalami penyakit kesemutan maka sangat disarankan untuk mengonsumsi kulit manggis secara teratur. Agar penyakit kesemutan bukan hanya reda namun juga bisa menghilang. Apalagi sekarang ini mendapatkan kulit manggis sebagai obat bukanlah sesuatu yang sulit. Sudah banyak tempat yang menyediakan kulit manggis sebagai salah satu obat yang diperjualbelikan. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk kesulitan mendapatkan kulit manggis.

  1. Mengonsumsi Vitamin

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu penyebab utama terjadinya kesemutan adalah tubuh yang kekurangan vitamin. Dimana kekurangan vitamin bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh. Tidak terkecuali penyakit kesemutan yang sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Untuk itulah pemenuhan asupan vitamin pada tubuh harus mendapatkan perhatian tersendiri. Dimana kebutuhan pada vitamin-vitamin ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran. Agar nantinya kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh bisa terpenuhi. Tentu terutama kebutuhan tubuh akan vitamin B12 yang selama ini menjadi penyebab kesemutan bagi mereka yang kekurangan.

  1. Seringlah Melakukan Gerakan Kecil

Kesemutan biasanya terjadi karena tubuh yang statis dalam waktu yang lama. Hal ini bisa diimbangi dengan melakukan gerakan-gerakan kecil. Seperti menggerakan jari tangan, kaki hingga olahraga kecil kalau perlu. Tidak perlu yang repot, cukup berjalan kaki ringan selama sepuluh hingga lima belas menit. Ini sangat berguna bagi mereka yang seringkali berada di aktifitas statis seperti duduk di depan komputer. Gerakan-gerakan kecil tersebut berguna untuk memperlancar alirah darah di tubuh. Sehingga gerakan tubuh yang secara teratur dilakukan tersebut bukan hanya mampu mencegah datangnya kesemutan namun juga penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Karena menurut penelitian, orangnya yang terlalu lama berada di gerakan statis seperti duduk terlalu lama mampu mengundang banyak penyakit berbahaya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top