Career Tips

Cara Minta Naik Gaji yang Benar

Salah satu hal yang sering ditunggu-tunggu bagi seorang pekerja adalah mendapat kenaikan gaji dari perusahaan. Namun, tak jarang juga ada pekerja yang masih saja menerima gaji yang sama saja meskipun sudah bekerja dalam rentan waktu yang lama. Jika Anda adalah salah satu orang yang mendapatkan gaji yang tetap padahal sudah menginjak angka puluhan tahun bekerja di posisi yang sama atau bahkan dengan prestasi yang menonjol, berarti sudah saatnya bagi Anda untuk mempraktekkan beberapa cara minta naik gaji yang benar berikut ini.

Cara Minta Naik Gaji yang Benar

Sponsored by: cream pemutih wajah

Gaji tidak hanya bisa ditunggu begitu saja, melainkan Anda juga harus bisa memperjuangkan apa yang menjadi hak Anda. Anda perlu memiliki satu cara untuk membuat si bos bisa mengerti dan mau untuk menaikan gaji yang akan Anda dapatkan. Tidak ada yang salah bagi Anda untuk menanyakan hak-hak yang seharusnya memang menjadi milik Anda. Asalkan dilakukan dengan cara yang tepat maka gaji Anda pun akan Anda dapatkan dengan baik. Berikut ini berbagai cara untuk bisa meningkatkan gaji dengan cara yang benar dan tepat.

1. Lakukan Saat Ini Juga

Hal yang paling penting untuk membuat Anda bisa mendapatkan gaji yang meningkat dengan baik adalah mempertimbangkan waktu yang tepat untuk membicarakan hal tersebut bersama dengan bos. Waktu yang tepat adalah ketika perusahaan sedang dalam kondisi keuangan yang baik dan tidak terancam bangkrut. Perhatikan juga jika perusahaan sedang mengerjakan proyek yang banyak dan memiliki proyek yang bernilai tinggi maka waktu ini adalah waktu yang tepat dan Anda harus meminta dan bernegoisasi gaji dengan bos saat ini juga.

2. Jangan Bertolak Ukur Pada Rekan Kerja

Biasanya ketika seseorang ingin memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan yang sekarang hanya karena ia melihat jika temannya memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya. Apalagi pada saat ini Anda bisa tahu dengan lebih cepat akan setiap gaji dari seseorang pada setiap posisi dengan lebih mudah dan lebih terbuka. Sehingga, ketika Anda tahu ketika teman Anda yang juga menempati posisi yang sama memiliki gaji yang lebih besar Anda akan langsung melakukan protes pada bos atau atasan Anda. Jika Anda ingin segera mendapatkan gaji yang meningkat dan langsung mendapatkan persetujuan dari bos maka jangan sekali-kali menggunakan alasan ini. Jangan pernah  melakukan perbandingan antara Anda dengan teman karena sudah pasti diantara Anda dan rekan kerja memiliki kemampuan tersendiri yang pasti menjadi bahan pertimbungan bagi bos atau atasan.

3. Usulkan Kisaran Gaji

Ketika Anda sudah membulatkan tekat untuk mengatakan tentang hal kenaikan gaji pada atasan maka selanjutnya yang harus Anda persiapkan adalah kisaran gaji yang akan Anda tawarkan. Saat menawarkan gaji yang akan Anda minta, jangan sampai anda menawarkan gaji dengan kisaran yang terlalu tinggi tetapi carilah gaji yang bisa membeirkan kisaran mulai dari kisaran yang terendah hingga angka tertinggi yang paling banyak yang Anda inginkan. Tetapi kenaikan gaji yang Anda inginkan juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan juga prestasi Anda saat ini.

4. Jangan Bandingkan dengan Perusahaan Lain

Salah satu kesalahan yang bisa sangat fatal ketika Anda mengutarakan kenaikan gaji dengan atasan Anda adalah dengan membandingkan antara gaji di perusahaan Anda dan perusahaan yang lain. Bukan membuat bos bisa luluh hatinya tetapi justru dengan membandingkan ini akan membuat bos marah karena statement Anda tersebut. Ibaratnya ketika Anda berhadapan dengan pacar dan membandingkan pacar teman Anda pasti dirinya akan merasa marah dan merasa kurang dihargai. Begitu juga dengan bos Anda yang juga merasa marah dan tidak dihargai ketika Anda justru membandingkannya dengan orang lain.

5. Hindari Menggertak

Memberikan gertakan yang berpa ancaman kepada atasan juga tidak akan membantu sama sekali. Justru ketika Anda memberikan ancaman kepada bos dirinya akan berpikir jika Anda terlalu keras kepala dan tidak bisa menerima posisi Anda saat ini. Meskipun memang diluar sana ada pekerjaan yang menanti Anda dengan gaji yang jauh lebih tinggi dan sudah pasti, Anda tidak perlu mengutarakan hal tersebut kepada bos sebab hal ini bisa memicu konflik antara Anda dan perusahaan.

6. Sabar dan Harus Bisa Menerima Penolakan

Jikapun Anda sudah berusaha dengan baik dan mengatakannya dengan cara yang benar tetapi bos masih belum meng-iya-kan keinginan dan permohonan Anda tersebut maka jangan pernah menggerutu dan jangan sampai marah terhadap dirinya. Tetap sabar dan berpikir positive dan anggap saja jika sebenarnya ini masih dalam rangka penolakan Anda meminta kenaikan gaji pada atasan. Ketika hal ini terjadi maka cobalah untuk bernegoisasi lagi dengan bos bukan dengan cara yang ngeyel dan ngotot, tetapi tanyakan apa yang membuatnya bisa menaikan gaji dari diri Anda. Beri juga rentan waktu dan target apa yang harus Anda kerjakan sehingga Anda bisa mendapatkan gaji yang meningkat. Dengan cara ini maka Anda bisa lebih terbuka dan bisa lebih tahu bagaimana Anda bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginan.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara yang paling tepat untuk membuat Anda bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan pernah takut untuk mencoba apalagi hal tersebut berhubungan dengan gaji. Jika Anda tidak pernah untuk mencoba mengutarakan maksud dan tujuan Anda maka bos pun juga tidak akan tahu akan keinginan Anda. Tingkatkan prestasi dan kinerja maka proses ini pun akan lebih mudah untuk Anda lakukan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top